Cara memilih hosting yang baik Jika Anda pemilik bisnis atau pemilik website untuk bisnis, Anda harus mempertimbangkan pilihan hosting yang sesuai untuk bisnis Anda. Dan pastikan Anda mengerti cara memilih hosting yang baik. Berikut ini kami akan memberikan panduan untuk Anda dalam memutuskan untuk membeli hosting. Berikut adalah 7 cara memilih hosting yang baik dan benar.

baca : Alasan kamu perlu membangun aplikasi mobile. 9 Hal ini kamu harus tau

1. Uptime score / Server Reliability

Tidak ada yang lebih penting selain hosting atau website anda selalu on 24/7. Anda harus memilih server yang bagus yakni selalu up and running dan koneksi internet dari server atau hosting Anda juga dalam keadaan baik. Nilai yang kami rekomendasikan adalah 99.5% ketas dibawah 99% tidak kami rekomendasikan.

Ada beberapa cara untuk melihat rating dari suatu web hosting salah satunya adalah dengan melihat review dan rating dari provider web hosting tersebut. Ada juga tool untuk memonitoring website Anda apakah selalu On atau tidak.

Uptime server cara memilih hosting yang baik

Uptime server tool

2. Multi Add On Domain

Nama domain sekarang ini semakin banyak dan semakin murah, sehingga tidak menutup kemungkinan Anda akan memiliki domain lebih dari satu. Kami sendiri memiliki 10 domain yang kami kelola, dan masing-masing memiliki beberapa subdomain. Berdasarkan http://www.webhostingtalk.com/showthread.php?t=1047106. 80% responden mengatakan memiliki lebih dari 5 domain dan 20% memiliki lebih dari 50 domain.

Oleh karena itu usahakan Anda memilih hosting yang dapat digunakan untuk Multi Domain. Dan ini sangat penting untuk memilih hosting yang dapat digunakan untuk multidomain. Biasanya webhosting rata-rata akan membatasi sampai 25 domain ada juga yang Unlimited addon domain juga.

Hasil survey berapa banyak domain yang Anda miliki

3. Harga

Biasanya hosting di awal memberi harga murah tapi akan dikenakan harga mahal ketika memperpanjang Hosting. Dan ada beberpa hosting juga memberikan harga memang murah akan tetapi mereka akan membatasi pada badnwidth dan kapasistas penyimpanan data serta karena shared hosting biasanya agak lambat di akses.

Pilihlah yang memang harganya sesuai dengan layanan yang di dapatkan seperti kapasitas penyimpanan, bandwidth, CPU dan kecepatan akses. Sebagian ada beberapa yang akan membatasi pengeditan file-file tertentu.

Perhatikanlah Pricelist yang disediakan pihak provider, disitu Anda akan dapat melihat spesifikasi yang didapatkan.

4. Kapasitas Penyimpanan

Jika Anda membutuhkan kapasistas besar alangkah baiknya untuk mempertimbangkan hal ini. Namun jika website Anda hanya berisi menampilkan profile mungkin hal ini tidaklah terlalu penting. Ada beberapa provider yang sudah menyediakan kapasistas penyimpanan unlimited dengan harga terjangkau. Sebelum memilih kapasistas alangkah baiknya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pastikan Anda membandingkan beberapa web hosting agar Anda mengetahui dengan pasti harga hosting pada umumnya. Anda dapat menanyakan kepada pemilik website lain soal harga yang pas untuk website Anda dan penyedia layanan hosting mana yang bagus. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan jasa pembuatan website yang biasanya include dengan paket hosting yang diberikan saat Anda menggunakan jasa tersebut untuk membuat website.

Seperti techarea biasanya memberikan include web hosting dan tentunya kami telah menyesuaikan sesuai kebutuhan dari sistem atau website yang Anda akan buat.

5. Batasan Transfer Data / Bandwidth

Dalam cara memilih hosting yang baik point ini menjadi penting untuk diperhatikan karena bandwidht dan batasan transfer data akan mempengaruhi kecepatan akses dan jumlah data yang diakses oleh pengguna website Anda dalam satu bulan. Jika website Anda banyak pengunjung pastikan Anda memilih provider hosting yang memeberikan bandwidth dan transfer data yang besar. Ada kemungkinan beberapa provider telah menyediakan layanan hosting yang Unlimited.

Namun biasanya provider memberikan best deal  jika Anda memilih hosting dengan kapasitas penyimpanan banyak Anda akan mendapatkan sekian bandwidth dengan harga murah. Jika Anda memilih unlimited untuk semuanya biasanya Anda harus mengeluarkan uang yang agak banyak.

Di techarea jika Anda membuatkan website Anda pada kami. Techarea akan memberikan Anda hosting yang memiliki bandwidth yang unlimited 

6. Customer Support

Jika anda kebingungan ketika server Anda tiba-tiba mati sedangkan Anda sedang berada jauh dari komputer, tentu pihak web hosting adalah orang yang paling Anda butuhkan. Pengalaman pribadi kami yang telah memanfaatkan beberapa provider hosting hal ini merupakan hal yang penting. Ketika server kami mati dan layanan kami harus tetap berjalan kami harus meminta informasi kepada customer support dari provider hosting mengenai kendala apa yang kami mati sehingga server kami tidak dapat diakses. Ada terdapat perbedaan antara customer support provider hosting. Ada yang responnya cepat dan menyelesaian solusi ada yang hanya menenangkan customer saja.

Jadi pastikan mereka menyediakan layanan dan support yang baik, bersedia melayani anda setiap saat 24/7 . Pastikan juga support apa saja yang mereka berikan, jangan-jangan mereka hanya memberikan bantuan untuk hal-hal tertentu. Semakin banyak fitur bantuan yang diberikan makin bagus tentunya

7. Script Support

Pertimbangan terakhir adalah Anda harus memastikan pihak hosting provider mendukung script populer yang dibutuhkan untuk menjalankan website atau sistem Anda. Contohnya jika Anda ingin menginstall wordpres Anda akan membutuhkan MySQL dan PHP. Ada hosting yang mendukung untuk menginstall package wordpress, e-commerce dan script-script yang lainnya.

Jadilah pembeli yang cerdas dalam memilih hosting, Anda juga harus dapat memanfaatkan jasa seperti techarea untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan teknis untuk sistem Anda. Dan akan membantu Anda cara memilih hosting yang baik dan benar

Referensi : http://techarea.co.id/7-tips-cara-memilih-hosting-yang-baik-dan-benar/