Tak terasa tahun 2015 akan berakhir. Di penghujung tahun ini, santer terdengar kabar bahwa Intel sedang menggarap prosesor desktop deca core (10 inti) pertama.

Intel-Prosesor-jpg

Sesuai dengan tradisi intel, yaitu mengembangkan teknologi prosesornya, dan mengenalkan setiap generasi dari prosesornya setiap tahun. Lalu, pada tahun 2016, prosesor dekstop telah mencapai pengembangannya di 10 core.

Selain itu, fabrikasi dari prosesor tersebut akan semakin kecil, sehingga prosesor tersebut semakin efisien. Dengan begitu, kemampuan memprosesnya akan lebih cepat, namun dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

By the way, soal prosesor yang ‘kaya’ akan core, sebenarnya Intel sudah mengembangkan prosesor dengan puluhan core aktif, namun prosesor tersebut bukanlah prosesor dekstop, melainkan prosesor server di lini Intel Xeon, guys!


Prosesor 10 core tersebut masuk ke dalam jajaran Core i7 Extreme Edition, dan disebut-sebut bakal dinamai dengan i7-6950X. Prosesor tersebut masih menggunakan fabrikasi 14nm karena prosesor tersebut masuk ke dalam keluarga Skylake. Selain 10 core yang aktif, Prosesor tersebut juga menggunakan fitur Hyperthreading, yang artinya setiap core mampu menjalankan 2 perintah sekaligus, dengan begitu, satu buah prosesor tersebut mampu melakukan 20 instruksi sekaligus!

core-i7_extreme
Akan berjalan di kecepatan 3GHz!

Prosesor Core i7 baru ini akan menempati kasta tertinggi dalam lini produk Intel dan diprediksi akan cocok dengan motherboard berbasis X99. Terkait dengan harga, prosesor terbaru Intel ini kemungkinan akan dibanderol dengan harga sekitar USD $1.000 dollar atau setara Rp 13 juta. :cool

Nah, guys, setelah mengetahui kabar tersebut, apakah kalian berminat untuk membeli prosesor tersebut? :malu

‘Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan’