Jenis Jenis Mouse Komputer Dan Fungsinya

Jenis Jenis Mouse Komputer Dan Fungsinya

Jenis Jenis Mouse Komputer Dan Fungsinya ~Mouse merupakan perangkat keras komputer yang tidak kalah penting keberadaanya. Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan pointer atau di sebut juga kursor di dalam komputer. Nah, mouse inilah yang selalu kita pegang untuk mengarahkan pointer kemanapun kita mau pada saat menggunakan komputer.

Mouse sendiri tidak hanya berfungsi untuk mengarahkan pointer atau kursor, fungsi penting lainnya dari mouse adalah untuk melakukan klik, double klik dan scrool yang lebih biasa kita panggil dengan penggulung.

 

Jenis-jenis mouse ada beragam jenis, dan inilah yang akan kita ulas pada postingan kali ini. Dan adapun jenis-jenis mouse komputer akan di tuliskan berikut ini.

 

Secara fisik mouse mempunyai 2 jenis yang biasa kita gunakan, perbedaan kedua jenis mouse ini dapat kita lihat dari bentuk fisiknya yang berbeda satu sama lain.

 

1.Mouse Optic

 

Nah, dari namanya sudah bisa anda tebak kan? Mouse jenis optic menggunakan teknologi optic untuk menggerakkan pointer yang di letakkan  di bagian bawah mouse.

 

2.Track Ball

 

Jenis mouse trackball dapat dengan mudah dikenali yaitu dengan melihat adanya bola kecil yang di gunakan untuk menggerakkan pointer.

 

Berikutnya mouse ada beberapa jenis yang dapat di bedakan berdasarkan portnya.

 

1.Mouse Serial

 

Mouse Serial banyak digunakan pada era komputer jaman dahulu, yaitu pada era Pentium 1 ataupun Pentium 3 yang berjenis AT. Dari bentuknya, mouse ini berbentuk port serial yang memiliki beberapa pin pada ujung portnya.

 

2.Mouse PS2

 

Mouse PS2 hingga saat ini masih tetap digunakan walaupun penggunanya terbilang tinggal sedikit saja berhubung telah banyaknya mouse dengan tipe dan teknologi yang lebih baru.

 

Dari segi bentuk, Mouse PS2 mempunyai ciri khas berwarna hijau pada bagian ujung kabelnya, warna inilah yang digunakan untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru ataupun ungu.

 

  1. Mouse USB

 

Hingga saat ini Mouse jenis USB masih yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena Mouse USB sangat kompatibel untuk komputer jaman sekarang.

 

Dilihat dari bentuknya, Mouse USB mempunyaui ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaannya sangat mudah, anda tinggal colokkan atau plug ke port usb komputer anda, dan mouse pun siap untuk digunakan.

 

  1. Mouse Wireless

 

Teknologi terbaru dari mouse adalah di buatnya mouse dengan fitur wireless. Dengan adanya wireless maka penggunaan kabel pun berhasil dihilangkan, dan mouse bisa di gunakan dari jarak
yang cukup berjauhan dengan komputer.

 

Penggunaan mouse wireless sangat mudah, anda tinggal colokkan wireless device ke port usb dan mouse andapun akan otomatis mendeteksi sinyal wireless tersebut.

 

Dari segi harga, tentu saja Mouse Wireless lebih mahal dari mouse yang di sebutkan di atas, dan kekurangan lainnya dari penggunaan mouse jenis ini adalah adanya baterai yang di letakkan pada mouse sehingga anda akan menggantinya secar berkala jika baterai sudah dalam keadaan lemah atau low.

 

Demikian postingan Jenis Jenis Mouse Komputer Dan Fungsinya semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :https://www.perangkatkeras.net/jenis-jenis-mouse-komputer-dan-fungsinya/

Nama : Reza Febianto

Asal :SMKN 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: