Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet.

Cara Mengatasi Laptop Hang – Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pelajar, mahasiswa, guru maupun pengusaha. Seiring perkembangan teknologi dan software internet, banyak pengguna laptop yang menginstal aplikasi apa saja tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan. Akhirnya, banyak laptop yang tiba-tiba hang, not responding, lemot/lambat bahkan crash karena kelebihan beban aplikasi dan tidak melihat kemampuan laptop. Hal ini tentu saja mengganggu aktifitas kerja anda, terlebih jika pekerjaan itu menuntut untuk segera diselesaikan.

Mengatasi laptop hang itu ibarat kita bersih-bersih, mulai dari aplikasi, software, bahkan driver serta tool-tool yang tidak diperlukan. Selain itu, melakukan cek up pada hardware juga amat penting dilakukan. Nah, saya sendiri pernah mengalami laptop hang di windows 7 terutama pada saat internetan. Padahal secara keperluan saya hanya menginstal beberapa software yang saya butuhkan, karena pekerjaan hanya berkutat pada microsoft office, design dan browsing. Selidik punya selidik, ternyata masalah pada terlalu banyaknya addons yang saya instal pada browser. Hmmm,,, saya pun menguninstal addons2 tersebut.
Kali ini saya akan share beberapa tips dan trik cara mengatasi laptop hang yang berasal dari pengalaman sendiri dan beberapa sumber online. cara yang akan saya sampikan ini mudah dan bisa langsung dicoba.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet, Coba Saja!

cara mengatasi laptop hang
Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Memori RAM Kecil

cara mengatasi laptop hang karena ram kecil
Memori RAM laptop berkapasitas kecil memiliki potensi untuk hang atau crash. Biasanya pengguna laptop awam tidak melihat spesifikasi laptop yang dimilikinya. Ketika bergaul dengan teman sebaya, melihat berbagai aplikasi menarik, dia ingin memilikinya juga, sehingga banyak aplikasi yang terinstal. Akibatnya laptop tidak kuat menjalankan multitasking sehingga hang.
Cara mengatasinya mudah, pertama coba cek dulu spesifikasi laptop, terutama kapasitas RAM, jika kapasitas RAM 1GB, maka coba upgrade minimal 2 GB atau pilih aplikasi yang penting saja sesuai kebutuhan. Jika menginginkan aplikasi edit foto dsb, coba cari yang portable saja.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Startup Program Berjalan

Starup program dan service yang berjalan disaat menyalakan laptop pertama kali ini juga bisa membuat laptop hang. Kenapa? karena banyaknya program yang terinstal dan kemudian melakukan starup diawal windows tampil. Biasanya program-program seperti antivirus (smadav, avast, dll), program update (adobe, IDM dll), dan tool-tool yang disetting muncul pada saat startup.
Cara mengatasi hal tersebut cukup mudah, yakni menggunakan system configuration yang ada pada semua windows, baik itu XP, 7, 8, atau 10. Langkah-langkahnya mudah :
1. Tekan Tombol Windows+R – Kemudian Ketik msconfig – Pilih service – Uncheck pada aplikasi yang tidak diperlukan.
2. Pilih starup – Uncheck juga pada aplikasi yang tidak diperlukan – Kemudian Klik OK
cara mengatasi laptop hang saat starup

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena File Temporary Terlalu Banyak

File temporary yang terlalu banyak ini juga bisa menyebabkan laptop hang atau crash secara mendadak. Hal ini dipicu karena sebelumnya kita melakukan berbagai aktifitas multitasking dan historynya tersimpan pada file temporary. Baik itu dalam hal instal dan uninstal, menghapus dan memindahkan, dan berbagai hal lainnnya.
Cara mengatasinya juga mudah, cukup menggunakan program disk cleanup yang sudah ada di windows untuk menghapus file temporary. Langkah-langkahnya :

Tekan Tombol Windows+R –  Ketik cleanmgr – pilih drive – tunggu sampai proses cleanup selesai.

laptop hang karena file temporary terlalu banyak

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Program Security (Antivirus dan Firewall)

Program security pada laptop baik itu antivirus atau firewall memang penting untuk mengantisipasi virus dan serangan-serangan DDOS. Dalam hal ini, terkadang pengguna sering menginstal lebih dari 2 atau 3 antivirus sekaligus pada laptop. Hal ini menimbulkan masalah serius pada kinerja laptop sehingga berakibat pada laptop sering hang atau crash sendirinya.
laptop hang karena banyak program antivirus
Cara mengantisipasi hal seperti ini, dari pengalaman saya dan disarankan oleh beberapa orang. Untuk antivirus anda bisa menginstal smadav dan avast dalam 1 laptop. Untuk download smadav bisa kunjungi websitenya di https://www.smadav.net/ dan untuk avast kunjungi https://www.avast.com/id-id/index. Saya sendiri menggunakan versi free untuk keduanya, kemudian saya kombinasi dengan program ccleaner.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Hardisk Aus

Hardisk lama kelamaan terpakai dan mulai terfragmentasi karena seringnya penggunaan laptop. Dalam hal ini, hardisk akan aus dan bahkan bisa rusak, gejalanya mulai dari laptop restart sendiri, mati sendiri bahkan hang.
Cara menjaga agar tidak sampai aus meskipun nantinya juga aus, paling tidak bisa memberikan waktu lebih lama. Caranya yakni melakukan defragment 2 minggu atau 1 bulan sekali. Langkah-langkah melakukan defragment hardisk sebagai berikut :

Klik start menu – Pilih Accesories – System tool – Disk Fragmenter – Ikuti langkah selanjutnya

cara mengatasi laptop hang karena hardisk aus

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Overheat (Hardware Panas)

Laptop cepat panas atau overheat (baca: cara mengatasi laptop cepat panas) ini dapat mengakibatkan laptop hang atau not responding. Biasanya hal ini terjadi pada perangkat prosesor, hardisk, atau CPU. Laptop yang mengalami overheat biasanya akan langsung restart sendiri atau lambat dan akhirnya hang.
Cara mengatasi masalah ini biasanya melakukan pembersihan debu yang melekat pada laptop, mulai dari sirkulasi udara sampai fan yang berada di dalam laptop. Selain itu, jika dirasa masih kurang untuk mendinginkan laptop, gunakan cool fan USB port yang biasanya dijual di toko-toko komputer. Untuk pengguna laptop asus mungkin bisa lega, karena terdapat teknologi ice cool sehingga menjaga laptop tetap dingin dan dipastikan jarang mengalami overheat.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Internetan

cara mengatasi laptop hang saat internetan
Saat internetan laptop hang? mungkin ingin membanting laptop rasanya. Hal ini bisa terjadi lantaran disebabkan mulai dari trafik jaringan internet tinggi, atau adanya virus (biasanya trojan) yang ingin mengelabuhi laptop melalui download dan lain-lain.
Cara mengatasinya anda bisa mencopot kabel koneksi RJ45 pada portnya, lalu restart router wifi atau matikan wifi. Kemudian tancapkan lagi kabel RJ45 dan nyalakan wifi lagi (baca: cara mengatasi laptop tidak konek wifi). Selain itu, uninstal addons yang mencurigakan dari extension, kemudian gunakan browser terupdate atau terbaru. Untuk masalah download hati-hati jika download melalui sumber yang tidak terpercaya. Kemungkinan virus menyusupi pada saat anda download itu ada.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Main Game

cara mengatasi laptop hang saat main game
Saat main game laptop hang? ini kemungkinan besar terjadi karena beberapa hal, mulai dari overheat, RAM tidak mencukupi. konflik pada hardware, dan tegangan listrik menurun. Untuk masalah tegangan listrik menurun biasanya terjadi akibat listrik mati mendadak atau ada penurunan daya. Laptop yang dipakai game, biasanya pengguna langsung menggunakan adaptor untuk menyalakan laptop tanpa memasang baterai, hal ini untuk menghindari baterai rusak atau kembung. Namun, hal ini juga bisa membuat laptop hang bahkan rusak jika tiba-tiba tegangan turun atau listrik mati.
Cara mengatasinya, jika laptop mulai overheat, maka pasang fan usb tambahan atau kondisikan bermain game di tempat yang sejuk. Cek hardwarenya yang menyebabkan konflik, mungkin tidak compatible. Pasang stabilizer untuk mengantisipasi penurunan daya listrik, selain itu lakukan pembersihan laptop secara rutin.

Tutorial mengatasi laptop hang dari youtube.com bisa anda coba juga, berikut ini videonya :
Cara mengatasi laptop hang di atas bisa anda gunakan pada windows xp, windows 7, windows 8 bahkan windows 10. Sebenernya banyak permasalahan hang sebuah laptop, mungkin pada saat baru dinyalakan laptop langsung hang, saat booting, saat internetan, saat restart windows, saat main game, atau bahkan pada saat shutdown sehingga menunggu laptop mati saja menjadi lama.
Demikian ulasan artikel tentang cara mengatasi laptop hang tanpa ribet, boleh anda coba sekarang. Sebenarnya jika pengguna mau lebih mengerti dan belajar mengenai laptop yang dimilikinya. Mungkin dia tidak akan memaksakan laptop untuk menampung banyak aplikasi atau beban kerja yang melebihi kekuatan spesifikasi yang dimilikinya. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi permasalahan anda. Terima kasih.
Sumber : https://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/11/cara-mengatasi-laptop-hang-tanpa-ribet.html
Nama : Reza Febianto
Asal: SMKN 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: