Membersihkan layar LCD laptop

Membersihkan layar LCD laptop memang terdengar simpel namun sangat penting untuk dilakukan. Layar laptop atau LCD memang sangat rentan terkena debu atau bekas sidik jari, sehingga mudah sekali terlihat kotor dan berdebu. Noda noda dan debu kotoran akan menempel pada layar laptop, apalagi layar jenis sentuh. Oleh karena itu, anda harus sering untuk membersihkan LCD laptop minimal seminggu sekali.

Merawat layar LCD laptop harus hati-hati agar tidak merusak layar laptop. Selain itu Anda harus mempersiapkan alat-alat yang digunakan membersihkan layar seperti notebook cleaning kit, kain microfiber dan alat pembersih telinga (cotton bud). Langsung saja, mari kita ikuti ulasan lengkap cara membersihkan LCD laptop dengan baik dan benar.

cara membersihkan layar lcd laptop

Cara membersihkan Layar LCD Laptop

1. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak tersambung dengan listrik secara langsung.
2. Teliti setiap area LCD yang terdapat debu dan kotoran.
3. Basahi kain microfiber dengan air, sehingga kain terasa agak lembab. Kemudian usap layar laptop menggunakan kain microfiber secara perlahan-lahan dan jangan ditekan terlalu keras.

4. Gunakan cairan khusus pembersih layar LCD laptop, semprotkan cairan langsung ke daerah LCD laptop dan kain microfiber.

alat membersihkan layar laptop

5. Kemudian usap kembali LCD laptop menggunakan kain microfiber secara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar.
6. Di bagian pinggir laptop yang biasanya sulit dijangkau kain gunakan pembersih telinga (cotton bud). Kelilingi bagian pinggir laptop secara merata.
7. Setelah selesai tunggu layar LCD sampai benar-benar kering dan anda bisa menggunakan laptop kembali secara normal.
Tips membersihkan layar laptop ini berlaku pada layar komputer juga. Jadi, jika anda memiliki perangkat komputer di rumah lakukan perawatan terhadap layar monitor minimal seminggu sekali untuk dibersihkan. Untuk melindungi layar LCD dari kotoran debu kerikil atau baret-baret, anda bisa menggunakan screen guard untuk melindungi layar laptop.
Screen guard ini hanyalah sebatas pelindung muka saja, jadi tetap diperlakukan sama yakni pembersihan secara berkala. Jika Anda malas untuk membersihkan LCD laptop, maka debu yang menempel pada layar LCD akan mengganggu tampilan layar LCD laptop anda. Selain itu, anda juga perlu untuk membersihkan keyboard laptop agar tidak kemasukan kotoran (baca : cara membersihkan keyboard laptop), sehingga bisa mengganggu aktifitas multitasking anda.
Demikianlah artikel mengenai cara membersihkan layar LCD komputer dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk mengurangi aktivitas pembersihan ini minimal seminggu 1 kali agar layar laptop terlihat bersih dari debu dan kotoran. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk merawat laptop dengan baik. Salam IT.

Sumber : https://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/08/cara-membersihkan-layar-lcd-laptop.html
Nama : Reza Febianto
Asal : Smkn 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: