tips memilih layar monitor untuk pc gaming

Tips Memilih Monitor PC Terbaik Untuk Gaming

Tips Memilih Monitor PC Terbaik Untuk Gaming

Tips Memilih atau membeli Monitor Komputer Terbaik Untuk Gaming – Bagaimana membuat permainan game Anda menjadi lebih menyenangkan, apakah Anda memilih game terbaik atau lainnya? Bagi gamer, bermain game agar lebih seru dan nyaman bukan hanya dari game yang dimainkan saja, tapi beberapa hal yang mendukung permainan tersebut. Bermain game tentu membutuhkan komputer, bukan? Komputer yang bagaimana yang bisa membuat Anda nyaman saat gaming?

Bagian komputer apakah yang harus Anda perhatikan agar gaming lebih menarik? Nah, banyak pertimbangan juga jika Anda ingin gaming lebih seru dan salah satunya adalah memilih monitor komputer yang terbaik. Tidak semua komputer bisa digunakan untuk bermain game yang bagus, demikian juga monitor komputer. Monitor merupakan suatu output yang berasal dari CPU dalam bentuk boner. Monitor saat ini bermacam-macam dan bisa digunakan sesuai kebutuhan, demikian juga untuk bermain game.

Monitor yang banyak digunakan oleh komputer terdahulu adalah CRT monitor.Monitor ini bentuknya menyerupai tabung katoda sehingga banyak yang menyebutnya monitor tabung. Monitor jenis ini harganya lebih murah dibandingkan jenis monitor lainnya. Selain itu, ada juga jenis monitor LCD, monitor ini harganya lebih mahal dibandingkan monitor CRT. Monitor ini menggunakan cairan kristal dan memancarkan sinar melalui cairan tersebut. Monitor ini merupakan monitor layar datar dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan CRT.

Monitor Komputer Terbaik Untuk Gaming

Selain monitor di atas, kita juga mengenal monitor LED, monitor ini bentuknya hampir sama dengan monitor LCD. Monitor LED menggunakan teknologi LED Backlight dan sangat hemat daya listrik dibandingkan LCD. Sayangnya, monitor ini harganya jauh lebih mahal dibandingkan monitor lainnya. Monitor yang terakhir yang bisa kita pilih adalah monitor Plasma. Monitor ini menggunakan xenon untuk menciptakan pixel. Monitor Plasma memberikan gambar dengan kualitas yang sangat baik diantara monitor lainnya.

Lalu, bagaimana memilih monitor yang terbaik untuk bermain game? Dibawah ini, beberapa tips untuk memudahkan Anda memilih monitor gaming terbaik.

  1. Ukuran monitor
    Pertimbangkan ukuran monitor komputer yang tepat untuk gaming. Untuk mendapatkan permainan game yang lebih baik dan menyenagkan, Anda bisa memilih monitor dengan ukuran minimal 19 inci. Semakin lebar monitor yang Anda pilih maka semakin bagus permainan game Anda. Jika dana Anda lebih besar, Anda bisa memilih monitor dengaan ukuran 23 inchi hingga 25 inchi. Namun, untuk mendapatkan monitor dengan ukuran cukup besar, dana yang Anda keluarkan juga lebih besar.
  2. Tingkat respon monitor
    Semakin kecept tingkat respon monitor komputer untuk gaming maka semakin bagus permainan game tersebut. Jika monitor komputer yang Anda pilih sangat lambat dalam merespon maka permainan game sering mengalami ghosting. Ghosting merupakan tampilan gambar sebelumnya pada layar yang masih bisa dilihat setelah gambar berubah. Jadi, jika respon monitor lambat, maka gambar sebelumnya terlihat samar-samar pada gambar sesudahnya. Jika terjadi ghosting maka permainan game Anda menjadi kurang seru.
  3. Contrast Ratio
    Semakiin tinggi contrast ratio maka layar monitor bisa menghasilkan visual yang jauh lebih tajam sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman gaming yang jauh lebih baik. Contrast ratio yang tinggi menghasilkan gaambar yang tajam dan lebih cerah.
  4. Pilih monitor LED
    Untuk permainan game terbaik maka Anda bisa memilih monitor LED dibandingkan beberapa monitor di atas. Monitor LED memilih layar yang lebbih tajam, cerah dan lebih tipis sehingga daya listrik yang digunakan lebih rendah. Sekalipun harga monitor LED lebih mahal tapi Anda bisa mendapatkan permainan game yang jauh lebih seru dan menyenangkan.
  5. Koneksi
    Saat membeli sebuah monitor pastikan untuk melihat koneksi dibelakang monitor apakah menggunakan DVI atau HDMI, sekilas mungkin terlihat sama. Tapi diklaim HDMI memiliki kelebihann dari DVI. Perbedaan sebenarnya dari HDMI dan DVI hanya pada data yang ditransfer oleh keduanya, jika DVI hanya mentransfer data grafis saja, maka HDMI selain mentransfer data gambar juga data audio. Namun jika kite bermain menggunakan PC tidak terasa ada perbedaan didalamnya, karena pada pc data suara dikelola oleh sound card.
  6. Dead Pixel
    Periksalah terlebih dahulu monitor yang hendak kamu beli dengan cara menampilkan gambar putih polos untuk mengecek apakah ada dead pixel di monitor tersebut, apabila ada maka akan terlihat satu titik hitam kecil. Itulah yang disebut dead pixel.
  7. Harga
    Sesuaikan harga dengan fitur yang ada. Jangan tergoda dengan harga murah, karena biasanya juga akan berpengaruh pada kinerja monitor kamu. Sebaliknya jangan membeli monitor pc dengan harga mahal namun tidak memiliki spesifikasi yang sesuai harganya.

Kesimpulan dari Tips Memilih Monitor Terbaik untuk Komputer Gaming
Mudah-mudahan anda sekarang memiliki refrensi dan pertimbangan sebelum membeli monitor gaming terbaik untuk kebutuhan anda sendiri. Ingat, untuk pengalaman bermain game yang anda inginkan dan idamkan, gunakanlah monitor dengan tingkat respon 5ms atau lebih rendah dari itu untuk menghindari ghosting. Anda juga mungkin sebaiknya memilih monitor LED dengan kualitas yang terbaik agar dapat memberikan kualitas gambar dan efisiensi energi.

sumber : https://blog.dimensidata.com/tips-memilih-monitor-pc-terbaik-untuk-gaming/

nama : Reza Febianto

asal : SMKN 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: