Publikasi Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

June 11th, 2018

Publikasi Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah diatur dalam PP no 13 tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Hasil Penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebagaimana dimalsud dalam Pasal 5 yang akan diinformasikan kepada publik melalui media massa dan media sosial wajib mendapat persetujan tertulis dari oleh peneliti

Hasil Penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebagaimana dimaksud dala:n Pasal 6 ayat (1) yang akan diinformasikan kepada publik melalui media informasi apapun wajib mendapatkan persetqjuan tertulis dari Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Persetujuan tertulis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diberikan berdasarkan permohonan. Permohonan sebagaimana dimaksud dapat diajukan oleh lembaga Penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, badan hukum Indonesia, dan/atau warga negara Indonesia.

Konten Permohonan

Permohonan sebagaimana dimaksud diatas harus memuat paling sedikit:
a. identitas peneliti; dan
b. hasil Penelitian.

dan terkait dengan isi hasil penelitian, haruslah mencantumkan beberapa hal berikut:

Hasil Penelitian sebagaimana dimaksud dalam merupakan laporan lengkap yang meliputi:
a. data mentah;
b. analisis; dan
c. hasil akhir penelitian.

Data mentah sebagaimana dimaksud diatas merupakan data yang digunakan dalam
Penelitian. Analisis sebagaimana dimaksud tersebut merupakan metode untuk menganalisis. Sedangkan Hasil akhir Penelitian sebagaimana dimaksud adalah hasil dan pembahasan Penelitian serta simpulan.

Proses Permohonan Publikasi Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Badan melakukan analisa dan evaluasi terhadap permohonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10. Selain melakukan analisa dan evaluasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Badan dapat meminta pertimbangan instansi pemerintah lainnya dan pemerintah daerah terhadap permohonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9.

Dalam hal pemohon telah memenuhi analisa dan evaluasi, sebagaimana dimaksud dalam Pasal L2, Kepala Badan
menerbitkan persetujan tertulis.

Sumber: PP Nomor 13 tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofistka

Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika oleh Peneliti Asing

June 10th, 2018

Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika oleh Peneliti Asing, harus memenuhi ketentuan:

  1. Penelitian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 yang dilakukan oleh lembaga asing, perguruan tinggi asing, dan/atau warga negara asing wqjib mendapat izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Penelitian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib mengikutsertalan secara aktif peneliti dari Badan dan/atau instansi pemerintah terkait.
  3. Badan dan/ atau instansi pemerintah terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta dan/atau badan hukum Indonesia yang kompeten.
  4. Lembaga asing, perguruan tings asing, dan/atau warga negara asing sebagaimana dimalsud pada ayat (1) wajib melaporkan hasil penelitiannya kepada menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan kepada Kepala Badan.

Sumber: PP No 13 tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Macam, Tujuan dan Ketentuan Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

June 9th, 2018

Macam Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Penelitian Meteorologi, Klimatotogi, dan Geofisika meliputi kegiatan:

  • Penelitian dasar yang dilakukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan baru sebagai acuan bagi Penelitian terapan; dan/atau
  • Penelitian terapan yang dilakukan untuk memberikan solusi atas permasalahan tertentu secara praktis.

Tujuan Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dilaksanakan untuk:

  • menemukenali gejala Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika;
  • meningkatkan kapasitas analisis Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika; dan/ atau
  • menemukan teori baru bagi keperluan kemajuan ilmu
    pengetahuan dan teknologi Meteorologi, Klimatologi, dan
    Geofrsika.

Pelaku Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofrsika dapat dilakukan oleh Badan, lembaga Penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, badan hukum Indonesia, dan/atau warga negara Indonesia.

Ketentuan Penelitian Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Lembaga Penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, badan hukum Indonesia, dan/atau warga negara Indonesia sslagaimana dimaksud dalam Pasal 5 wajib melaporkan hasil Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geolisika yang sensitif dan berdampak luas kepada Badan.

Hasil Penelitian yang sensitif dan berdampak luas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan hasil Penelitian yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat dan/ atau berdampak terhadap pertahanan dan keamanan negara.

Laporan hasil penelitian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan verifikasi oleh Kepala Badan.

Kepala Badan dalam melakukan verifikasi sebagaimana dimaksud pada poin ketiga dapat melibatkan instansi pemerintah terkait dan akademisi di bidang penelitian, dan/atau lembaga penelitian dan pengembangan Lainnya.

Dalam hal verifikasi hasil penelitian sebagaimana dimaksud pada point ketiga sesuai dengan laporan hasil penelitian sebagaimana dimaksud pada poin pertama, Kepala Badan melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah terkait untuk penanganan lebih lanjut sesuai dengan kewenangannya.

Ketentuan lebih lanjut mengenai Penelitian yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat dan/atau berdampak terhadap pertahanan dan keamanan negara sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan Kepala Badan.

Sumber: PP No 13 tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Pengertian Geofisika

June 8th, 2018

Geofisika adalah gejala alam yang berkaitan dengan gempa bumi tektonik, tsunami, gravitasi, magnet bumi, kelistrikan udara, dan tanda waktu,

Pengertian Geofisika tersebut sesuai dengan Perpres No 13 Tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Download PP No 13 tahun 2018 (Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

June 7th, 2018

Download PP No 13 tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG) disini:

http://blog.unnes.ac.id/daftardaftar/wp-content/uploads/sites/2667/2018/06/PP-Nomor-13-Tahun-2018.pdf

Pengertian Klimatologi

June 7th, 2018

Klimatologi adalah gejala alam yang berkaitan dengan iklim dan kualitas udara. Pengertian Klimatologi tersebut sesuai dengan Perpres No 13 Tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Pengertian Meteorologi

June 6th, 2018

Meteorologi adalah gejala alam yang berkaitan dengan cuaca. Pengertian Meteorologi tersebut sesuai dengan Perpres No 13 Tahun 2018 tentang Penelitian, Rekayasa, dan Pengembangan Industri Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Download Rencana Induk Penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tahun 2017-2041

June 6th, 2018

Donwload peraturan presiden tentang Rencana Induk Penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tahun 2017-2041, atau peraturan nomor 37 tahun 2018 disini:

Download Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2017 – 2045

June 6th, 2018

RIRN merupakan pedoman bagi kementerian/lembaga/pemerintah daerah dan Pemangku Kepentingan untuk menyrusun rencana aksi dalam pelaksanaan Riset Nasional.

Download Perpres No. 38 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045 disini:

Kedudukan, Tugas dan Fungsi Badan Standardisasi Nasional

April 19th, 2018

Kedudukan Badan Standardisasi Nasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Sedangkan tugas dari Badan Standardisasi Nasional adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Fungsi dari Badan Standardisasi Nasional: Read the rest of this entry »