10 Momen Terbaik Uji Coba Roket & Penerbangan Antariksa Tahun 2018

Tahun 2018 sudah berlalu, banyak sekali capaian-capaian yang diraih di tahun 2018 yang lalu, khususnya bagi insan pecinta penerbangan dan keilmuan Antariksa (Space). Dari mulai uji coba peluncuran roket, peluncuran satelit, ujicoba pesawat luar angkasa, sampai tragedi-tragedi yang menarik untuk dibahas.

Berikut adalah 10 momen terbaik dari Uji coba Roket dan Penerbangan Antariksa tahun 2018:

10. Voyager-2

Wahana Voyager bikinan NASA diluncurkan 5 September 1977 (sekitar 42 tahun yang lalu) dan masih beroperasi sampai sekarang. Bahkan Voyager 1 saat ini menjadi salah satu pesawat buatan manusia yang sudah mengarungi ruang antarbintang (interstellar) di luar batas medan magnet dari Matahari, sekitar 119 Astronomical Unit (atau 1,78 x 1010 km). Melaju dengan kecepatan 15.341 km/detik atau sekitar 55,230 km/jam.

Voyager masih melakukan komunikasi radio pada pusat komandonya yaitu NASA Deep Space Network, di Amerika. Komunikasi dengan pusat komandonya membutuhkan waktu sekitar 16,5 jam untuk saling bertukar informasi. Diperkirakan Voyager-2 masih akan beroperasi sampai tahun 2036 berkat tenaga nuklir yang digunakan.

9. Gagalnya Misi Soyuz MS-10

Misi Soyuz MS-10 gagal berjalan seperti biasanya, karena ada masalah pada saat pemisahan roket. Misi yang dilangsungkan tanggal 11 Oktober 2018 ini dilakukan dari lapangan roket Baikonur, Kazakhtan. Pada misi itu, astronot dalam kapsul Soyuz adalah kosmonot Aleksey Ovchinin dari Russia, dan astronot Nick Hague dari Amerika Serikat.

Gagalnya misi Soyuz menjadi catatan sendiri karena Soyuz sendiri sudah terhitung diluncurkan 2000 kali, dan hanya sedikit kegagalan dan Abort yang terjadi. Tidak korban dari gagalnya misi Soyuz MS-10.

Meskipun gagal terbang pada misi MS-10, Soyuz dan NASA akan tetap digunakan.

8. Virgin Galactic VSS Unity Terbang Setinggi 80 Km

Pesawat luar angkasa VSS Unity 2 buatan Virgin Galactic berhasil mencatatkan rekor baru sebagai pesawat yang mencapai batasan luar angkasa, yaitu sekitar ketinggian 80 Km diatas permukaan bumi pada tanggal 13 Desember 2018.

Meskipun baru mencapai 80 Km, tapi setidaknya menurut NASA, pesawat Suborbital spaceplane ini sudah masuk sebagai pesawat yang bisa mencapai batas terluar dari luar angkasa bumi (boundary of outer space).

7. Peluncuran Wahana OSIRIS-Rex

OSIRIS-REX atau Origins, Spectral Interpretation, Resource Identification, Security, Regolith Explorer adalah misi dari NASA untuk meluncurkan wahana untuk mempelajari dan mengambil sample dari sebuah Asteroid bernama 101955 Bennu.

Asteroid 101955 Bennu adalah sebuah asteroid dekat bumi yang termasuk kategori asteroid karbon (C-type) dengan diameter sekitar 492 meter. Jarak dari bumi sekitar 0.89 au sampai dengan 1.35 au. 

Misi OSIRIS-REX ke asteroid Bennu diperkirakan akan selesai membawa sample sekitar 50 gram. Diluncurkan tanggal 8 september 2016, dan mencapai asteroid Bennu pada tanggal 3 desember 2018. OSIRIS-REX akan kembali dan sampai ke bumi nanti pada tanggal 24 september 2023.

6. Misi Satelit TESS

Satelit TESS atau Transiting Exoplanet Survey Sattelite adalah satelit buatan NASA yang didesain untuk mencari keberadaan eksoplanet (planet diluar tatasurya kita) dengan kemampuan transit lebih dari 400 kali dari Kepler. Satelit TESS diluncurkan tanggal 18 April 2018 yang lalu diatas roket Falcon 9 buatan SpaceX dari lapangan roket Houston.

Satelit TESS akan melakukan misi utama selama 2 tahun dan diperkirakan akan menmukan lebih dari 20 ribu eksoplanet lagi. Gambar pertama dari satelit ini mulai diterima tanggal 7 Agustus 2018 dan dirilis publik tanggal 17 september 2018.

5. Satelit Hayabusa 2

Satelit Hayabusa 2 adalah satelit observasi asteroid yang dibuat oleh NASA-nya Jepang, JAXA. Diluncurkan tanggal 3 Desember 2014 dan melakukan manuver didekat asteroid 162173 Ryugu tanggal 27 Juni 2018 yang lalu.

Saat ini Hayabusa 2 sedang melakukan observasi di asteroid Ryugu dan akan kembali ke Bumi mulai Desember 2019 dan mendarat setahun kemudian, sekitar Desember 2020.

4. Peluncuran Roket ‘Its Bussiness Time’ dari Rocket Lab

Perusahaan asal Selandia Baru, Rocket Lab meluncurkan roket dengan nama It’s Bussiness Time pada tanggal 11 November 2018 yang lalu. Rocket Lab sendiri adalah salah satu perusahaan swasta selain SpaceX yang menjadi pemain baru dalam industri roket dan peluncuran satelit/wahana luar angkasa.

Roket IBT dari Rocket Lab ini berukuran 70 meter, atau mirip dengan ukuran roket Falcon 9 dari SpaceX. Didesain untuk bisa mengangkat satelit/wahana dengan berat sekitar 150 ke 225 kg.

3. Peluncuran Wahana Parker Solar Probe

Wahana Parker Solar Probe adalah wahana luar angkasa milik NASA yang melakukan terbang ke area korona Matahari. Ketinggian wahana ini dari muka Matahari sekitar 6.9 juta kilometer dari inti Matahari dengan kecepatan 690 ribu km per jam. Nama dari Parker Solar Probe sendiri diberikan untuk menghormati fisikawan Eugene Parker, seorang profesor dari Universitas Chicago.

Uniknya Parker Solar Probe ini membawa memory card dengan 1.1 juta data nama orang yang ditautkan ke sebuah plat dan dipasang dibawah antenanya. Wahana ini juga memuat foto dari foto Parker dan salinan dari paper Eugene Parker tahun 1958.

2. Peluncuran Wahana InSight

Wahana InSight atau Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport adalah satelit buatan Lockheed Martin untuk NASA JPL. Wahana ini didesain untuk mempelajari bagian dalam (interior) dari planet Mars.

Misi InSight diluncurkan tanggal 5 Mei 2018 dari roket Atlas V-401. Mendarat dipermukaan planet Mars di daerah Elysium Planitia tanggal 26 November 2018.

1. Peluncuran Uji Coba Falcon Heavy

Roket Falcon Heavy adalah roket terbesar yang dibikin oleh SpaceX sampai tahun ini. Falcon Heavy dibangun dari basis Falcon 9 dan disamakan kelasnya dengan roket Saturn V dan Energia dari Russia.

Kenapa Falcon Heavy menjadi momen terbaik dalam penerbangan Antariksa tahun 2018. Falcon Heavy diluncurkan tanggal 6 Februari 2018 dengan membawa mobil Tesla Roadster untuk dilepas ke antariksa.

Referensi:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Voyager_2
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Soyuz_MS-10
  • https://en.wikipedia.org/wiki/VSS_Unity
  • https://en.wikipedia.org/wiki/OSIRIS-REx
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Transiting_Exoplanet_Survey_Satellite
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Electron_(rocket)
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Parker_Solar_Probe
  • https://en.wikipedia.org/wiki/InSight
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Falcon_Heavy

 

Skip to toolbar