Cara Jaga Berat Badan Biar Tidak Gemuk Saat Puasa Ramadhan

Puasa sebentar lagi, sudah siap-siap belum? Nah biasanya, pada saat puasa sebulan penuh, kadang ada yang takut badannya tambah melar, berat badannya naik! Hehe. Ikuti tips berikut, cara jaga berat badan biar tidak gemuk saat puasa!

1. Kurangi Makanan Tinggi Gula (Glukosa)

Ya, hindari makanan yang manis-manis secara berlebihan Glukosanya di saat puasa ya. Kalaupun menikmati makanan/minuman kaya glukosa seperti sirup, es buah, manisan dan kolak, jangan dilakukan tiap hari!

Selingi makanan/minuman kaya glukosa dengan makanan yang mengandung gula yang lambat dicerna oleh tubuh seperti makanan dari Nasi Merah, dari roti gandum, dari Oatmeal, granula atau makanan tinggi serat lainnya.

2. Pilih Makanan Berprotein Tinggi

Saat puasa, beralihlah ke makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan-makanan tersebut antara lain daging tanpa lemak, ikan, telur, dan produk olahan susu sapi rendah lemak. Kemudian bisa juga dari protein nabati seperti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya.

Usahakan, konsumsi protein tinggi ini sebanyak 20 sampai dengan 30 gram per hari. Sekepal dua kepal lah.

3. Makan Karbohidrat Yang Rendah Glikemik

Karbohidrat seperti dari nasi memang cocok untuk memuaskan rasa lapar seharian berpuasa. Eits tapi jangan dibiasakan dan dijadikan yang utama saat berbuka atau sahur. Beralihlah ke makanan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah yang cenderung lebih lama di cerna oleh tubuh kita.

Makanan ini antara lain sayuran, gandum, dan kacang-kacangan.

4. Olahraga

Ya, meskipun puasa. Jangan lupa olahraga.

 

Skip to toolbar