Belajar Menyenangkan Menggunakan Mind Mapping

Otak kita tidak didesain untuk menghafal catatan linear alias runtut ke bawah. Cmencatat dengan metode mindmapping akan membuat otak kanan dan kiri bekerjasama.

Mindmapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal dari Inggris.Sistem ini jauh lebih efektif dari sistem mencatat linear yang selama ini kita lakukan sejak masih di bangku sekolah dasar. Mencatat materi runtut ke bawah menggunakan urutan nomor dan angka ternyata tidak sesuai dengan cara bekerja otak kita. Mencatat secara linear berarti menggunakan cara kerja otak kiri, sedangkan mencatat dengan sistem mindmapping adalah cara bekerja otak kanan yang melibatkan kreativitas, imajinasi, visualisasi dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga mudah untuk diingat.

Karena cara kerjanya yang sesuai dengan cara kerja otak manusia, mencatat dengan mindmapping membuat Anda mengingat materi lebih lama karena Anda tau gambaran besarnya. Mindmapping memudahkan kita untuk memahami konsep. Meninggalkan cara lama dalam mencatat dan sedikit demi sedikit beralih ke mindmapping akan sangat mempersingkat waktu belajar Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat, bermain, chatting, dan melakukan aktivitas lain. Menyenangkan bukan?

Beberapa manfaat metode mindmapping antara lain adalah

Meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail

Mencatat dengan sistem mindmapping akan sangat memudahkan kita untuk menemukan gambaran utuh dari sebuah ide maupun gagasan. Banyak hal penting yang tersebar dalam sebuah buku tebal. Dengan metode mindmapping, artinya kita mengumpulkan semua hal yang penting dalam buku untuk dijadikan sebuah peta konsep. Anda tidak lagi kelelahan dalam menghimpun semua informasi penting dalam buku. Anda juga tidak perlu lagi khawatir kehilangan atau lupa akan poin-poin penting dari buku yang sudah Anda baca. Tentunya Anda tak ingin apa yang sudah Anda baca menjadi sia-sia bukan? Dengan mindmapping, Anda dapat mengumpulkan semua yang penting hanya dalam satu genggaman.

Meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi dan memori

Membiasakan diri mencatat dengan sistem mindmapping akan melatih otak kita untuk menyusun informasi dengan baik. Otak kita akan semakin mahir untuk memilah dan mengelompokkan informasi. Selain itu, dengan satu pokok bahasan atau tema yang kita buat di mindmap, otak kita akan terbantu untuk lebih konsentrasi. Ia melibatkan imajinasi, visualisasi dan tentunya memori jangka panjang Anda.

Menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan sangat menghemat waktu

Ketika Anda sudah terbiasa mencatat materi dengan sistem ini, Anda akan lebih merasa seperti sedang bermain ketimbang belajar. Menggunakan spidol dan mengkombinasikan warna akan sangat baik dampaknya bagi perkembangan otak kanan Anda. Selain menjadi lebih kreatif, mencatat dengan cara begini akan lebih menyenangkan karena Anda bebas mengekspresikan apa yang Anda pahami dalam sebuah gambar dan coretan. Sebagai bonus, Anda akan menghemat banyak waktu untuk belajar.

Membuat materi yang sulit lebih mudah untuk dipahami dan dikuasai

Satu hal yang membuat mindmapping menjadi solusi ampuh bagi banyak orang, mindmapping membuat materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dikuasai. Masalah utama mengapa banyak dari kita yang kesulitan memahami sesuatu adalah karena kita belum tau gambaran besarnya. Kita masih buta konsepnya. Pernahkah Anda merasa sulit sekali memahami suatu isi materi, namun ketika Anda menemukan kata kunci dan melihat gambaran besarnya rasanya mudah sekali materi tersebut untuk dipahami. Inilah kelebihan mindmapping. Kita akan disajikan suatu gambaran besar dan peta konsep dari hal yang akan kita kuasai. Tentunya ini akan mempermudah proses belajar Anda dan mengantarkan Anda menuju gerbang sukses yang ingin dicapai.

Ada beberapa tips agar mindmapping lebih menarik, efektif , mudah dipahami dan menghemat waktu Anda.

1. Temukan Poin Penting di Tiap Bab dan Sub Bab

Sebelum mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada buku yang And abaca. Catat poin penting tersebut dalam skertas kecil. Anda boleh mencatatnya dengan linear. Misalkan, dalam buku yang And baca terdapat 5 bab. Masing-masing bab terdiri dari 3 sub bab. Maka Anda harus temukan poin penting dari 15 total sub bab.

Sebagai contoh, Sebuah buku tentang meniti karir memiliki 5 Bab yaitu

• Menemukan Passion
• Menemukan Bakat
• Sukses dalam Interview
• Memberikan Hasil Terbaik
• Menjadi Leader yang Baik

Dalam Bab “Menemukan Passion” Anda mendapati ada 3 Sub Judul yaitu
• Ingat Mimpi Besar Anda
• Pertanyaan tentang Passion
• Mencintai Passion

Dalam Sub Bab “Ingat Mimpi Besar Anda”, ternyata ada beberapa poin penting yang bisa Anda temukan. Dari sekian halaman yang membahas sub bab ini, Anda menemukan 3 poin penting tentang mimpi besar Anda yaitu :

• Visi Anda
• Visi Orang Tua
• Pencapaian Terbesar dalam Hidup Anda

Hal yang serupa juga Anda lakukan untuk setiap bab dan sub bab berikutnya. Catatlah hanya poin penting dan yang Anda butuhkan.

2. Pastikan Peralatan Sudah Lengkap

Jangan biarkan peralatan yang tidak lengkap di meja kerja Anda membuat Anda menunda. Sebelum memulai membuat mind map, pastikan semua perlatan sudah tersedia di meja Anda. Jangan sampai ketika sedang asik dan hanyut dalam membuat mind map, Anda terpaksa berhenti di tengah jalan karena warna spidol tak mencukupi.

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat mindmap adalah kertas gambar persegi panjang, spidol berwarna atau pensil warna, dan tentunya buku yang akan Anda buat mind mapnya.

3. Tuliskan Kalimat Utama (Tema Besar) di Tengah Kertas

Tulsikan satu tema besar pada bagian tengah kertas Anda. Ini akan menjadi tema besar mind map Anda. Anda bisa menuliskannya dengan huruf besar dan warna mencolok, atau bisa juga Anda berikan bentuk atau gambar khusus agar lebih menarik perhatian. Jika Anda bukan tipe orang yang bisa menggambar, cukuplah hanya dengan menuliskannya danbuat lingkaran atau bentuk lain untuk melingkarinya.

4. Buat Cabang Untuk Tiap Judul

Kebanyakan eror dalam membuat mindmap adalah tidak cukupnya ruang menuliskan semua poin penting dalam satu kertas. Untuk menyiasatinya, kita bisa membuat cabang untuk tiap judul terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk menuangkan gagasan dalam bentuk mind map.

Jika tidak dibuat demikian, kebanyakan orang akan menyelesaikan satu judul terlebih dahulu, baru pindah ke judul yang lain. Terkadang judul-judul yang terakhir tidak akan mendapat ruang yang cukup.

5. Buat Cabang Sub Judul pada Setiap Judul

Setelah membuat cabang pada untuk setiap judul, buatlah cabang pada setiap judul untuk menuliskan sub judul. Lakukan ini pada setiap judul sampai selesai

6. Gunakan Warna Berbeda untuk Tiap Judul

Agar memudahkan otak kita memahami mindmap dengan cepat, berilah warna yang sama pada masing-masing judul dan sub judul. Misalkan pada judul menemukan passion, maka berikan warna yang sama untuk judul Menemukan Passion dengan sub judulnya yaitu Ingat Mimpi Besar, Pertanyaan tentang Passion dan Mencitai Passion. Begitu juga dengan judul lainnya. Sehingga 1 judul hanya menggunakan 1 warna.

7. Gunakan Satu Kata/Frase

Setiap judul dan sub judul pada mindmap haruslah dituliskan dalam 1 kata atau frase saja. Misalkan, ketika Anda kalimat berikut “Membangun Cinta Terhadap Passion” maka Anda cukup menuliskannya “Mencintai Passion” atau “Cintai Passion”

Mencatat dengan metode mindmap mungkin menghabiskan waktu sedikit lebih lama dari mencatat linear, selain itu juga melibatkan otak Anda secara aktif. Tetapi, hasil yang kita dapat dari metode ini sangatlah baik dan jauh lebih berharga dari usaha kita di awal. Demikian tips singkat untuk membuat mindmap yang menarik dan efektif. Anda bisa mempraktekknya dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: