Agama Dalam Kehidupan Manusia(Materi Antropologi SMA Kelas XII)

*Pengertian agama

Agama mengandung pengertian yang berhubungan serta mengatur segala aspek kehidupan manusia yang bersifat rohaniah dan bersifat jasmaniah. Agama sebagai pengatur hidup akan dapat dirasakan manfaatnya apabila pemeluknya menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya itu.

Istilah agama dalam bahasa Inggris dikenal sebagai religion, sedangkan dalam bahasa Belanda dikenal dengan istilah religie, serta dalam bahasa Arab dipergunakan kata ad din. Ad din merupakan suatu istilah untuk menyebut satu macam ilmu yangberdasarkan iman kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, yang disampaikan kepada Rasul atau utusan-Nya dengan jalan wahyu. Dalam bahasa Latin, istilah religion berasal dari kata re-eligare, yang berarti memilih kembali dari jalan sesat ke jalan Tuhan. Pengertian agama dalam arti jiwa kerohanian agama yang bersangkutan mengandung makna sebagai dharma dan kebenaran abadi yang mencakup seluruh kehidupan manusia. Adapun menurut pendapat Anthony FC Wallace, dalam bukunya yang berjudul “An Antropological View “, definisi agama adalah seperangkat upacara, yang diberi rasionalisasi mitos, dan yang menggerakkan kekuatan-kekuatan supranatural dengan maksud untuk mencapai atau untuk menghindarkan sesuatu perubahan keadaan pada manusia atau alam. Emile Durkheim, merumuskan definisi agama sebagai suatu

keseluruhan yang bagian-bagiannya saling bersandar satu sama lain, terdiri atas akidah-akidah (kepercayaan) dan ibadat-ibadat, semuanya dihubungkan dengan hal-hal yang suci dan mengikat pengikutnya dalam suatu masyarakat religius. Secara operasional Mircea Eliade dalam bukunya yang berjudul “The Sacred and the Profane“ menjelaskan bahwa seorang beragama ialah orang yang menyadari perbedaanperbedaan pokok antara yang suci dan yang biasa (profan), serta mengutamakan yang suci.

Tugas :

Diskusikan bersama teman sebangku, tentang pengertian agama dari beberapa ahli. Carilah buku-buku/literatur di perpustakaan, majalah, atau internet. Buatlah kesimpulan mengenai hal tersebut, lalu presentasikan di depan kelas.

Sumber : Indriyanti, Emmi.2009. Antropologi SMA untuk SMA/MA..jakarta: CV Usaha makmur.

Baca juga di :Membahas Agama dalam Kajian Antropologi

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan