Pewarisan Kebudayaan (Materi Antropologi SMA kelas XI)

Hello dears belajar masih kepo ya mengenai antropologi ? nah belajar antropologi ini tidak terlepas dari kebudayaan. Nah berbicara tentang budaya, tau ga sih kalo Negara Indonesia ini kaya sekali dengan kebudayaannya. Hal itu perlu diwariskan loh agar tidak akan pudar bahkan hilang ditelan oleh perkembanagn zaman.

Dewasa ini seiring dengan perkembangan zaman, pewarisan kebudayaan sangat perlu dilakukan, hal ini dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu pengajaran kebudayaan dalam keluarga, pengajaran kebudayaan melalui institusi pendidikan, pengajaran kebudayaan melalui museum, pengajaran kebudayaan melalui media televisi, pengajaran kebudayaan melalui internet, dan pengajaran kebudayaan melalui pagelaran.

  1. Pengajaran kebudayaan dalam keluarga

pada masyarakat modern juga dapat dilakukan pewarisan kebudayaan, misalnya orang tua mengajarkan pengetahuan mengenai kebudayaan yang ada di daerah setempat dimana mereka tinggal.

  1. Pengajaran kebudayaan melalui institusi pendidikan

Institusi pendidikan sejak taman bermain telah mengajarkan lagu daerah hingga pakaian daerah yang kemudian dikenakan pada saat memperingati hari Kartini. Pada tingkat lanjut, diajarkan lebih mendalam mengenai kebudayaan daerah di seluruh Indonesia. Dengan demikian pewarisan kebudayaan telah berlangsung melalui institusi tersebut.

  1. Pengajaran kebudayaan melalui museum

salah satu alasan mengapa diidirikan museum yakni melestarikan kebudayaan.  Hal tersebut merupakan aktivitas pewarisan kebudayaan.

  1. Pengajaran kebudayaan melalui media televisi

Televisi adalah salah satu sarana yang dapat menyebarkan informasi kebudayaan dengan cepat. Program-program kebudayaan telah banyak dibuat pada stasiun televisi. Hal ini menjadikan televisi sangat berperan dalam pewarisan kebudayaan.

  1. Pengajaran kebudayaan melalui internet

Internet adalah sarana pemberi informasi yang sangat luar biasa. Dengan subjek yang sama, dapat ditemukan banyak informasi yang saling melengkapi. Melalui internet tersebut informasi kebudayaan dapat diperoleh dengan mudah. Penyediaan informasi mengenai kebudayaan tersebut adalah salah satu aktivitas pewarisan kebudayaan karena informasi dapat diketahui oleh generasi berikutnya.

  1. Pengajaran kebudayaan melalui pagelaran

beragam pergelaran merupakan suatu bentuk pewarisan kebudayaan.

Melalui aktivitas tersebut, generasi penerus dapat memahami kekayaan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Tugas :

Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia adalah nilai lebih bagi bangsa. Oleh karena itu, upaya pelestarian kebudayaan terus diupayakan. Selain itu, keberagaman yang disikapi dengan sikap antisipasi menimbulkan perpecahan yang mengancam integrasi bangsa dan merusak kekayaan bangsa. Lantas, sikap apa yang akan kamu ambil?

Sumber :

Dyastriningrum.Antropologi Kelas XI.2009.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

jurnal pewarisan budaya

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan