Cabang-Cabang Seni (Materi Antropologi SMA Kelas XII)

Koentjaraningrat mengemukakan, bahwa dipandang dari sudut cara kesenian sebagai ekspresi hasrat manusia akan keindahan, maka ruang lingkup kesenian dibedakan menjadi dua golongan, yaitu sebagai berikut :

1. Seni rupa adalah kesenian yang dinikmati melalui indra
penglihatan atau mata.
2. Seni suara adalah kesenian yang dinikmati melalui indra
pendengaran atau telinga. Masing-masing golongan tersebut masih dibedakan menurut
jenisnya. Seni rupa dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
1. seni patung,
2. seni relief,
3. seni lukis atau gambar, dan
4. seni rias.
Adapun seni suara dapat dibedakan menjadi tiga macam,
yaitu:
1. seni vokal,
2. seni instrumental, dan
3. seni sastra.
Berdasarkan bentuknya seni sastra dibedakan menjadi dua macam, yaitu prosa dan puisi. Dari cabang seni rupa dan seni suara, muncullah bentuk seni tari. Seni tari dapat dinikmati keindahannya melalui paduan antara seni rupa dengan seni suara. Keindahan seni tari akan muncul saat kita melihat gerakan-gerakan yang ditampilkan sang penari sambil mendengarkan musik yang mengiringi tarian tersebut. Seni tari hanya dapat dinikmati keindahannya secara utuh pada saat sang penari menari dengan kostum maupun riasan yang sesuai dengan karakter dan musik pengiringnya. Bandingkan pada saat melihat penari sedang latihan atau menjalankan gladi bersih. Keindahan seni tari tidak muncul secara lengkap meskipun sang penari telah melakukan tugasnya dengan baik. Hal itu disebabkan penari tidak dirias sesuai karakter yang dimainkannya. Paduan dari keseluruhan cabang seni, atau paduan seni tari
dengan seni sastra melahirkan seni drama. Seni drama dikategorikan sebagai bentuk kesenian yang mencakup keseluruhan cabang seni. Hal tersebut disebabkan seni drama mengandung unsur-unsur: seni lukis, seni rias, seni musik, seni sastra, dan seni tari.

TUGAS :
Cobalah perhatikan baik-baik salah satu koleksi pakaian ibu dan bapakmu yang terbaik dan sering dipergunakan untuk menghadiri pesta/ resepsi perkawinan. Kemukakan pendapatmu mengenai pakaian tersebut sebagai salah satu benda seni. Presentasikan argumentasi kamu mengenai pakaian sebagai benda seni berkaitan dengan kebudayaan tertentu, dalam diskusi kelas!

Sumber : Indriyanti, Emmi.2009. Antropologi SMA untuk SMA/MA..jakarta: CV Usaha makmur.

Baca juga di :Cabang-cabang seni dalam Antropologi

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan