Differensiasi Sosial(Materi Antropologi SMA kelas X)

Diferensiasi merupakan pengelompokan terhadap perbedaan-perbedaan yang terdapat di dalam masyarakat secara horisontal,. Asumsinya adalah tidak ada golongan dari pembagian tersebut yang lebih tinggi dari pada golongan lainnya..Pengelompokan horisontal yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis (sukubangsa), klan dan agamadisebut kemajemukan sosial, sedangkan pengelompokan berasarkan perbedaan profesi dan jenis kelamin disebut heterogenitas social

   Pada intinya hal-hal yang terdapat dalam diferensias i itu tidak terdapat tingkatan-tingkatan, namun yang membedakan satu individu dengan individu yang lainnya adalahsesuatu yang biasanya telah ia bawa sejak lahir. contohnya saja, suku sunda dan sukubatak memiliki kelebihan masing-masing. jadi seseorang tidak bisa menganggap sukubangsanya lebih baik, karena itu akan menimbulkan etnosentrisme dalam masyarakat.diferensiasi merupakan perbedaan yang dapat kita lihat dan kita rasakan dalammasyarakat, bukan untuk menjadikan kita berbeda tingkat sosialnya seperti yang terjadidi Afrika Selatan.

Dalam diferensiasi sosial adanya cirri-ciri sebagai berikut :

  1. Ciri Fisik   misalnya perbedaan rambut, kulit, dan sebagainya yang menyangkut fisik.
  2. Ciri Sosial   misalnya perbedaan yang muncul karena adanya pekerjaan yang beragam. Hal ini mengakibatkan cara pandang masyarakat menjadi berbeda dan termasuk pola perilakunya. Contohnya perbedaan peranan, kekuasaan dan sebagainya.
  3. Ciri Budaya, diferensiasi ini muncul karena di setiap daerah memiliki kebudayaannya tersendiri. Hal ini lah yang mengakibatkan terjadinya perbedaan seperti dalam hal keyakinan, norma dan sebagainya.

Pengelompokan masyarakat membentuk delapan kriteria diferensiasi social, yakni:

  1. Diferensiasi Ras
    Ras adalah suatu kelompok manusia yang memiliki cirri-ciri fisik bawaan yang sama.Diperensiasi ras adalah pengelompokan masyarakat berdasarkan ciri-ciri fisiknya.
  2. Diferensiasi Suku Bangsa (Etnis)
    Menurut Hassan Shadily MA, suku bangsa atau etnis adalah segolongan rakyat yangmasih dianggap mempunyai hubungan biologis.
  3. Diferensiasi Klen (Clan)   Klen / kerabat luas / keluarga besar. Klen merupakan kesatuan keturunan (genealogis),kesatuan kepercayaan (religiomagis) dan kesatuan adapt (tradisi). Klen adalah systemsocial berdasarkan ikatan darah atau keturunan yang sama umumnya terjadi dimasyarakat unilateral baik melalui garis ayah (patrilineal) atau ibu (matrilineal).
    4. Diferensiasi Agama   Diferensiasi agama adalah pengelompokan masyarakat berdasarkanagama/kepercayaannya.
    5. Diferensiasi Profesi (pekerjaan)
    Diferensiasi profesi adalah pengelompokan masyarakat atas dasar jenis pekerjaan atauprofesinya. Profesi biasanya berkaitan dengan keterampilan khusus. Misal profesi gurumemerlukan keterampilan khusus, seperti: pandai berbicara, bisa membimbing, sabar dansebagainya.

   Berdasarkan perbedaan profesi orang dimasyarakat berprofesi: guru, dokter, pedagang,buruh, pegawai negri, tentara dan sebagainya.

  1. Diferensiasi Jenis Kelamin
    Jenis kelamin merupakan kategori dalam masyarakat yang didasarkan pada perbedaanseks atau jenis kelamin (perbedaan biologis). Perbedaan biologis ini dapat kita lihat daristruktur organ reproduksi, bentuk tubuh, suara, dan sebagainya. Atas dasar itu maka adakelompok laki-laki/pria dan kelompok wanita/perempuan.
  2. Diferensiasi Asal Daerah
    Diferensiasi ini merupakan pengelompokan manusia berdasarkan asal daerah atau tempattinggalnya.
  3. Diferensiasi Partai
    Diferensiasi partai adalah perbedaan masyarakat dalam kegiatannya mengatur kekuasaannegara, yang berupa kesatuan-kesatuan social, seazas, seideologi dan sealiran.

Tugas :

Diskusikan kepada teman dudukmu mengapa diferensiasi sosila bisa terjadi ? apa dampak positif dan negatifnya ?

Bacaan :

Diferensiasi sosial
Diferensiasi sosial SMA

sumber : Buku Sosiologi Bilingual kelas XI, http://makalahkumakalahmu.wordpress.com /2008/10 /29/bentuk-bentuk-diferensiasi-sosial/ , dan Bangkusekolah-ID.blogspot.com.