Konsep Dasar Antropologi (Materi Antropologi SMA kelas X)

Hello dears masih semangat sekali nih dalam menimbah ilmunya, harus dong..

Nah dalam postingan  kali ini mumtazahmad akan berbagi mengenai materi Antropologi SMA kelas X nih, sebelum melangkah lebih jauh kita kenali dulu ya.. apa saja sih konsep-konsep Antropologi ? sebelum nya kita simak dulu nih pendapat dari para ilmuan.. seperti dibawah ini : Menurut  Keesing tidak ada dua ahli antropolgi yang mempuyai pendapat sama persis atau menggunakan simbol-simbol atau konsep-konsep yang sama.

Terdapat beberapa kelompok pengertian kebudayaan yakni: Kelompok kebudayaan sebagai keseluruhan kompleks kehidupan manusia, sebagai warisan sosial atau tradisi, sebagai cara dan aturan termasuk cita-cita, nilai-nilai dan kelakuan, sebagai keterkaitan dalam proses-proses psikologis, sebagai struktur atau pola-pola organisasi kebudayaan, sebagai hasil perbuatan atau kecerdasan manusia. Serta kebudayaan sebagai system symbol. Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu, maka dapat kita simpulkan bahwa Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari keseluruhan tentang manusia terkhususnya mengenai kebudayaannya. Keesing dan Keesing Antropologi mengemukakan bahwa Antropologi adalah studi mengenai manusia, baik dalam kedudukannya sebagai bagian dari dunia binatang maupun dalam kedudukannya sebagai bagian dari kehidupan masyarakat. Berbeda lagi dengan Koentjaraningrat, menurutnya Antropologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan. Sedangkan menurut William A. Havilland, Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

Antropologi ini melihat kebudayaan yang terdapat dalam kehidupan manusia. Lalu bagaimana peran dan fungsi Antropologi itu sendiri ? dengan Antropologi kita dapat melihat manusia dan kebudayaannya baik secara pribadi maupun kelompok, Antropologi ini mengkaji kebudayaan masyarakat, memahami norma-normanya, tradisi, keyakinan, serta nilai-nilai yang terdapat dalam masyarakat tertentu. Selain itu melalui Antropologi ini juga kita dapat menyusun etnografi.

Pendekatan Antropologi

Studi kebudayaan adalah sentral dalam antropologi. Bidang kajian utama antropologi adalah kebudayaan dan dipelajari melalui pendekatan. Berikut 3 macam pendekat utama yang biasa dipergunakan oleh para ilmuwan antropologi:

  • Pendekatan holistic dalam pendekatan ini kebudayaan dipandang secara utuh. Pendekatan ini digunakan oleh para pakar antropologi apabila mereka sedang mempelajari kebudayaan suatu masyarakat. Kebudayaan di pandang sebagai suatu keutuhan, setiap unsur di dalamnya mungkin dipahami dalam keadaan terpisah dari keutuhan tersebut. Para pakar antropologi mengumpulkan semua aspek, termasuk sejarah, geografi, ekonomi, teknologi, dan bahasa. Untuk memperoleh generalisasi (simpulan) tentang suatu kompleks kebudayaan seperti perkawinan dalam suatu masyarakat, para pakar antropologi merasa bahwa mereka harus memahami dengan baik semua lembaga (institusi) lain dalam masyarakat yang bersangkutan.
  • Pendekatan komparatif yakni  mengenai kebudayaan masyarakat pra-aksara. Pendekatan komparatif juga merupakan pendekatan yang unik dalam antropologi untuk mempelajari kebudayaan masyarakat yang belum mengenal baca-tulis (pra-aksara). Para ilmuwan antropologi paling sering mempelajari masyarakat pra-aksara karena 2 alasan utama. Pertama, mereka yakin bahwa setiap generalisasi dan teori harus diuji pada populasi-populasi di sebanyak mungkin daerah kebudayaan sebelum dapat diverifikasi. Kedua, mereka lebih mudah mempelajari keseluruhan kebudayaan masyarakat-masyarakat kecil yang relatif homogen dari pada masyarakat-masyarakat modern yang kompleks. Masyarakat pra-aksara yang hidup di daerah-daerah terpencil merupakan laboratorium bagi para ilmuwan antropologi.
  • Pendekatan historic yakni mengenai asal-usul unsur kebudayaan. Pendekatan dan unsur-unsur historik mempunyai arti yang sangat penting dalam antropologi, lebih penting dari pada ilmu lain dalam kelompok ilmu tingkah laku manusia. Para ilmuwan antropologi tertarik pertama-tama pada asal-usul historik dari unsur-unsur kebudayaan, dan setelah itu tertarik pada unsur-unsur kebudayaan yang unik dan khusus

Tugas :

  1. Dari sekian penjabaran mengenai pengertian antropologi, bagaimana pemahamanmu terhadap antropologi ?
  2. Mengapa kita harus mempelajari Antropologi ?

Sumber :

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta:Rineka Cipta.

Supriyanto S.pd, “Antropologi”. 12 Desember  2015.                                           http://www.sman1praya.sch.id/download/al14.pdf.

bacaan lebih lanjut di Materi Antropologi SMA kelas X

sumber : https://www.scribd.com/doc/56991502/RAS-MANUSIA