Macam-Macam Ras Yang Ada Di Dunia (Materi Antropologi SMA Kelas X)

Negara di Dunia ini mempunyai berbagai macam ras. Sebelumnya mari kita simak apa yang dimaksud dengan ras. Ras merupakan sistem pengelompokkan atau penggolongan manusia yang ada di muka bumi ini berdasarkan ciri-ciri fisik secara umum. Bruce J. Cohen,mengemukakan bahwa ras merupakan pengelompokkan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik atau biologis individu di dalamnya yang sama dan diwariskan secara turun temurun. (bacaan : Faktor Perubahan Sosial)
Ciri-ciri fisik yang dijadikan dasar pengelompokkan ras adalah ciri-ciri yang dapat terlihat atau tampak oleh orang lain. Hal ini bisa meliputi bentuk hidung, warna kulit, warna mata, warna rambut, dan lain-lain. Ciri-ciri fisik ini disebut juga ciri biologis karena secara biologis (dalam pelajaran genetika) ciri ini diwariskan kepada keturunan-keturunan berikutnya. Berikut ini ada ilmu yang yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik yakni somantologi. Secara Garis besar, ras penduduk di dunia terbagi atas 3 ras (suku bangsa) yaitu Mongoloid, Negroid, Kaukasoid.
Yuk mari kita simak satu persatu :
1.Mongoloid Ciri khas utama yang dilihat pada ras ini adalah Rambut berwarna hitam yang lurus, bercak mongol pada saat lahir, dan kelopak mata yang unik yang disebut dengan istilah mata sipit. Selain itu, perawakannya seringkali berukuran lebih kecil dan pendek
2.Negroid Ciri khas utama anggota ras Negroid adalah Kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meskipun anggota ras Khoisan dan ras Australoid juga berfenotipe kulit hitam dan rambut keriting, mereka tidak dianggap termasuk ras Negroid.
Sebagian besar penghuni Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara, Keturunan mereka juga menetap di Australia Amerika Utara sebagian dari Amerika Selatan Afrika Selatan dan Selandia Baru.
3.Anggota “ras Kaukasoid” biasa disebut “berkulit putih”, namun hal ini tidak selalu benar. Ras kaukasoid ini sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara. Keturunan mereka juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.
Oleh beberapa pakar misalkan orang Ethiopia dan orang Somalia dianggap termasuk ras Kaukasoid, meski mereka berambut keriting dan berkulit hitam, hamper sama dengan anggota ras Negroid. Namun mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.
4. Ras khusus adalah ras manusia yang tidak dapat diklasifikasikan dalam keempat ras pokok, antara lain:
• Bushman (Penduduk di daerah Gurun Kalahari, Afrika Selatan);
• Veddoid (Penduduk di daerah pedalaman Sri Lanka );
• Polynesian (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia); serta
• Ainu (Penduduk di daerah Pulau Karafuto dan Hokkaido, Jepang)
TUGAS :
Dari pemaparan dia atas dapatkah kamu simpulkan klasifikasi masyarakat Indonesia ini termasuk ke dalam ras yang mana ? apa alasannya ?
Ras di Dunia

sumber :https://www.scribd.com/doc/56991502/RAS-MANUSIA