Ulasan 10 Blog Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Angkatan 2013

B612-2015-07-18-13-05-21-300x225

Nama : Setiawati
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/setrong/

Blog milik salah satu rekan di rombel 3 ini memang memiliki kerapihan yang patut ditiru sudah tersedianya beberapa kategori untuk artikel-artikel yang sudah diposting. Judul-judul artikel yang sudah diposting juga memiliki konsistensi dalam hal kapitalisasi huruf-hurufnya. Untuk artikelnya juga sudah memakai readmore sehingga lebih terlihat rapi. Namun sayangnya kreatifitas dan kemeriahan blog ini masih kurang. Background hitam menjadi salah satu penyebabnya sehingga terkesan mati. Akan lebih menarik juga apabila dalam setiap artikel yang diposting juga disertai oleh gambar-gambar yang sesuai dengan artikel terkait.

IMG_8641-225x300

Nama : Mariska Yunita
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/mariskayunita/

Blog yang terkesan kasual inilah kesan pertama ketika mengunjungi blog ini. Tampilan yang kasual dan lebih berwarna yang dibawa oleh tema yang dipakai menjadi kuncinya. Tiap artikel yang diposting juga disertai gambar sehingga dapat memikat para pengunjungnya. Akan lebih baik lagi bila beberapa widget yang memang tidak difungsikan dinonaktifkan saja dan diganti widget yang memang memiliki fungsi yang mendukung dari blog. Untuk peletakan halaman profil mungkin bisa disetting ulang agar lebih mudah ditemukan disertai deskribsi tentang blog ini tidak saja berisi identitas pemiliknya.

20150914_143050-e1448688946586

Nama : Saka Mahardika O. N
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/sakapleng/

Blog milik Saka ini memiliki tampilan yang simple ditambah dengan adanya perubahan dengan latar belakang sehingga tidak terkesan apa adanya. Pada artikel-artikel yang sudah diposting memang sudah memakai read more, namun dinilai masih terlalu jauh pemenggalannya sehingga artikel yang diposting terkesan banyak dan memakan banyak ruang. Kategori adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah blog guna memudahkan pencarian sebuah artikel. Dalam blog milik Saka ini belum ada sepesifikasi mengenai Antropologi dan Sosiologi SMA. Mengingat salah satu tujuan dibuatnya blog sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran Sosiologi dan Antropologi SMA.

12301605_949935328420580_8712479993110657247_n-300x300

Nama : Zakaria Ahmad
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/sociologica/

Blog yang pemiliknya memiliki sapaan khusus “Bang Jack” oleh teman-teman di jurusan ini sudah memilik kategori Materi Antroplogi dan Sosiologi SMA yang sesuai dengan tujuan dibuatnya blog ini. Biodatanya juga sudah ada namun masih kurang deskribsi mengenai blog tersebut. Beberapa widget yang mendukung sudah ada seperti kategori, recent post, recent coments, akan tetapi masih ada beberapa widget yang tidak difungsikan seperti widget “Meta”. Selain itu ada beberapa postingan yang belum dirapikan dan diberi readmore. Lebih penting lagi menu halaman home belum tersedia pada blog ini.

12308622_991448884250349_7777129553166089013_n

Nama : Putri Novitasari
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/putrinovitasari/

Blog milik Puput, sapaan akrab pemilik blog ini memliki tampilan yang simple dan rapi. Kategori untuk artikel-artikel yang diposting juga ada seperti Antropologi SMA dan Sosiologi SMA. Menu Beranda atau home dan profil pemilik juga sudah tersedia, namun belum ada foto pemilik blog dan deskribsi mengenai tujuan dibuatnya blog tersebut. Akan lebih rapi lagi apabila penataan widget lebih ditata lagi dan setiap postingan diberikan gambar untuk menarik para pengunjung.

a563d1c5fddc37cadbb18bd03564d85b-bpfull (1)

Nama : Sefira Rizki Ayu Nindia
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/sefiraiz/

Dalam blog ini sudah ada beberapa kategori yang sesuai dengan tugas dan instruksi dari dosen terkait. Selain itu beberapa widget pendukung juga sudah terpasang. Kesan simple dan apa adanya nampak dari dashboard dan tema yang digunakan. Sayangnya tampilan dari blog ini kurang menarik karena tidak ada gambar yang merepresentasikan baik blog maupun pemiliknya. Selain dari tata letak widgetnya juga masih ada yang tumpang tindih satu dengan yang lainnya. Di bagian deskribsi untungnya sudah dilengkapi dengan deskribsi mengenai blog ini bukan saja menampilkan contac person dari pemilik blog yang bersangkutan, meski belum dilengkapi dengan foto profil pemilik blog.

20151113_151353-225x300

Nama : Syarafina Nandista
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/syarafina/

Blog milik Syarafina memang sudah dilengkapi dengan kategori-kategori yang berguna dan mempermudah dalam memilah artikel-artikel yang diposting. Namun dalam tampilannya terasa hampa karena artikel yang diposting tidak dilengkapi dengan gambar. Kreatifitasnya belum dimaksimalkan. Dari segi headingnya juga kurang menarik dan merepresntasikan isi blog maupun pemiliknya. Informasi di dalam profil pemilik blog juga belum dilengkapi dengan contac person seperti alamat email yang dapat dihubungi.

IMG_1860-400x267

Nama : Gisella Trioriva
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/triorivagisella/

Salah satu blog teman kita yang berasal dari suku Batak ini memilih tema blog yang tidak terlalu ribet dengan bakcground putih, sehingga cocok dengan warna fonts yang dipakai dalam artikel yang diposting. Artikelnya pun sudah tertata baik dengan dilengkapi gambar-gambar yang interaktif. Dari identitas yang dimuat dalam blog ini juga sudah ada dan dilengkapi dengan deksribsi mengenai tujuan dibuatnya blog ini. Akan lebih menawan bila gambar yang dijadikan heading dalam blog dapat diganti dengan gambar yang merepresentasikan pemilik maupun isi blog ini.

MG_0399-480x320

Nama :Wahyu Nur M
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/warungilmu /

Blog yang memiliki nama Warung Ilmu yang dibuat oleh Mahya terbilang sudah memiliki kategori untuk mensortir artikel-artikel yang diposting. Kapitalisasi dalam artikelnya juga konsisten satu dengan yang lainnya. Namun tata letak widget yang kurang rapi dan tidak adanya gambar heading dalam blog ini menambah kesan kurang menarik. Peletakan halaman profil juga diletakan paling bawah dengan judul halaman “writer” sehingga kurang memperjelas apa yang ada di dalamnya. Dan untuk beberapa widget yang tidak difungsikan sebaiknya dinonaktifkan saja.

12039655_1202517549765078_1871563124994028744_n

Nama : Ayu Prihaningtyas
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/tyasayu/

Memang bila mengunjungi blog milik Tyas ini maka kesan yang kurang rapi dalam mengatur tata letak widget-widget yang ada di dalam blognya. Namun isi blognya juga sudah sesuai dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan. Heading dari blog ini masih menggunakan heading standar dari tema yang digunakan. Kelebihan terkadang menjadi kekurangan dan sebaliknya, kekurangan dapat menjadi kelebihan. Terkadang bila mengkritisi saja namun tidak dibarrengi dengan mendorong serta menuntun untuk menjadi lebih baik sama saja “nothing”. Dari kekurangan kita tahu mana yang harus diperbaiki dan dijadikan semangat untuk yang lebih baik lagi. Semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi. Kita tidak bisa menilai seseorang dari panggung depannya saja, namun yang terpenting adalah panggung belakangnya (Erving Goffman).

c188c8d2c4e682ba53b5d08cb7b854bd-bpfull

Nama : Faradhina Andriyani
Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/faradhina08/

Tiada suatu kekurangan maupun kelebihan
Kesempurnaan
Telah kau dapatkan
Justru kami yang banyak kekurangan
Padamu
Kau meninggalkan pelajaran itu
Untuk kami yang masih ada di sini
Rasa sejati telah didapatkan olehmu
Jendela Ilmu
Seperti itu kau memberikannya pada kami
Sebuah pelajaran tentang hidup

Kasempurnaan ning urip.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: