RSS

5 Tips Pola Hidup Sehat

Kita semua ingin tahu bagaimana menjadi sehat, tetapi sepertinya itu tujuan yang mulia. Membuat perubahan pola hidup sehat dapat terasa menginspirasi dan menakutkan secara bersamaan. Maksud saya, dari mana Anda memulai? Apakah Anda perlu merombak seluruh hidup Anda dalam satu gerakan?

Jawabannya, Anda mungkin senang mengetahui, adalah: tidak. Dalam hal mengadopsi kebiasaan baru yang sehat dan membuatnya melekat, ada banyak hal kecil yang dapat Anda lakukan yang akan membuat perbedaan besar dalam jangka panjang (dan tidak membuat Anda gila dalam prosesnya).

Alih-alih mencoba meningkatkan kesehatan Anda dengan perubahan besar, cobalah sembilan gerakan kecil yang praktis tanpa rasa sakit ini sebagai gantinya untuk hasil yang tahan lama.

#1. Atur makanan Anda

Orang sering menumpuk karbohidrat, lalu beralih ke protein, lalu menambahkannya dengan sedikit sayuran di tempat yang tersisa. Sebaliknya, lakukan dalam urutan terbalik, Abby Langer, RD, pemilik Abby Langer Nutrition di Toronto, memberi tahu DIRI: Isi setengah piring Anda dengan sayuran, lalu bagi sisa bagian antara protein dan pati, idealnya terbuat dari karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat. yang halus, seperti beras merah.

Melayani diri Anda sendiri dengan cara ini membantu memastikan Anda mendapatkan porsi sayuran harian yang direkomendasikan (setidaknya 2 ½ cangkir, kata USDA), ditambah itu meningkatkan asupan serat dan tingkat hidrasi berkat kandungan air sayuran.

#2. Singkirkan makanan Anda setelah selesai makan

“Siapa pun akan makan lebih banyak jika makanan itu menatap mereka,” kata Langer. Selalu merasa bebas untuk mengambil lebih banyak jika Anda benar-benar lapar, tetapi dengan cara ini, Anda akan tahu itu karena kebutuhan fisik akan lebih banyak makanan daripada kenyamanan atau godaan murni.

#3. Minum segelas air sebelum makan

Meminum jumlah air yang Anda butuhkan setiap hari diperlukan agar semua sistem tubuh Anda berfungsi dengan lancar, tetapi juga akan mencegah Anda makan berlebihan karena lapar, sehingga lebih mudah untuk mengambil pendekatan yang lebih hati-hati terhadap makanan Anda, kata Langer.

#4. Kunyah setiap gigitan dengan seksama sebelum menelan

Daftar “alasan Anda perlu memperlambat gulungan Anda saat makan” adalah sepanjang lengan Anda, Langer menjelaskan. Mengonsumsi makanan dapat menyebabkan kembung karena udara ekstra yang Anda telan, perasaan terlalu kenyang karena Anda tidak memberi tubuh Anda kesempatan untuk memproses rasa kenyang sebelum Anda membersihkan piring, dan benar-benar kehilangan rasa enaknya. makanan sebenarnya.

Anda dapat memilih sejumlah kunyahan untuk dipatuhi per gigitan, seperti 20, atau Anda dapat melakukan pendekatan yang tidak terlalu ketat, seperti memastikan Anda menelan secara alami, tidak menelan ludah untuk menelan suapan yang hampir tidak dikunyah.

#5. Sebut makanan “sehat” dan “kurang sehat”, bukan “baik” dan “buruk”

“Ketika orang melabeli makanan sebagai ‘baik’ dan ‘buruk’, itu membawa penilaian terhadap diri mereka sendiri — jika Anda makan makanan ‘baik’, Anda adalah orang baik, jika Anda makan makanan ‘buruk’, Anda telah berperilaku buruk, “kata Langer. Itu tidak mungkin jauh dari kebenaran, jadi berhentilah menempatkan diri Anda dalam waktu istirahat emosional hanya karena apa yang Anda makan.

“Sungguh, tidak ada makanan yang benar-benar buruk dan tidak ada makanan yang benar-benar baik — beberapa lebih sehat daripada yang lain,” kata Langer. Membingkai ulang pemikiran Anda seperti ini kemungkinan akan membantu Anda mempelajari seni memanjakan diri alih-alih memakan makanan “buruk”, ditambah itu hanya cara yang lebih baik untuk memperlakukan diri sendiri.

Penutup

Sebelum mengadopsi gaya hidup sehat, pertimbangkan untuk detoksifikasi tubuh karena ini dapat membantu tubuh Anda beradaptasi dengan perubahan. Detoksifikasi memiliki manfaat untuk membuang racun tubuh dan membantu program diet yang Anda jalani. Beberapa orang mengalami efek samping detoksifikasi, namun hal tersebut berbeda-beda tiap orang.

Setelah detoksifikasi, Anda bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dan beralih dari gaya hidup berantakan menuju gaya hidup sehat.


Your Comment

You must be logged into post a comment.