• Konsep Disease dan Illness

    hai para blogger yang sedang berbahagia.

    Kali ini saya akan memposting tugas mata kuliah antropologi kesehatan tentang konsep disease dan illness nih. Langsung saja yaa buat kalian yang pengen tau apa sih disease dan illness itu bisa baca tulisan dibawah ini. check it out…

                                                                             Konsep Disease dan Illness
    Setelah membaca sebagian dari buku Foster dan Anderson mengenai konsep penyakit disease dan penyakit illness saya menjadi tahu bahwa sebuah penyakit tertentu juga dapat ditentukan oleh suatu kebudayaan. Kajian antropologi kesehatan melihat kesehatan baik melalui konteks budaya dan sosial masyarakat. Secara budaya, definisi sebuah penyakit dipandang berbeda. Dimana penyakit dianggap sebagai hukuman bagi seseorang yang tidak bisa menjalankan peran sosialnya dan tidak bisa bersikap baik dengan alam maupun manusia lain. Sehingga lebih ditekankan bahwa penyakit yang dimaksud disini bukanlah penyakit yang biasa ditangani oleh dokter pada umumnya melainkan sesuatu yang dikirim oleh dewa-dewa atau leluhur yang marah untuk menghukum suatu dosa yang telah diperbuatya. Sebelum membahas lebih jauh saya akan mencoba memaparkan definisi dari kedua konsep penyakit tersebut. Disease merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat dari gangguan fungsi di dalam organ tubuh manusia yang ditandai dengan gejala-gejala tertentu dan bersifat patologi serta dapat ditangani dengan menggunakan tindakan medis. Sedangkan illness merupakan suatu penyakit yang tidak dapat diketahui penyebabnya secara pasti karena biasanya munculnya penyakit ini sebagai akibat masuknya suatu objek karena ilmu sihir atau hukuman dari dewa-dewa yang disebabkan oleh kesalahannya sendiri atau dosa yang telah diperbuatnya.
    Secara definisi kita bisa melihat bahwa kedua konsep penyakit tersebut memang memiliki perbedaan. Seperti yang dikatakan oleh Foster dan Anderson bahwa cara lain untuk menunjukkan perbedaan itu adalah dengan mengatakan bahwa dokter ingin menyembuhkan penyakit disease tetapi ia menangani penyakit illness, karena biasanya yang mendorong kita untuk mencari pertolongan adalah kerusakan fungsi tubuh dan bukan karena hadirnya penyakit patogen. Penyakit disease bisa juga disebut dengan penyakit pasti dan dapat ditangani dengan tindakan medis karena penyebabnya diketahui oleh dokter melalui uji laboraturium. Sedangkan penyakit illness dapat dikatakan sebagai penyakit yang berhubungan dengan kepercayaan seseorang atau masyarakat oleh sesuatu yang sudah menjadi pengetahuan mereka sejak dulu dan beberapa penyakit dianggap bukan sebagai sebuah masalah karena masyarakat meyakini bahwa itu merupakan penyakit yang dimiliki oleh semua orang. Dari perbedaan tersebut mungkin saja seorang dokter akan menganggap bahwa penyakit yang diderita oleh seseorang tidak masuk akal bagi dirinya namun masuk akal bagi masyarakat yang bersangkutan karena kepercayaan yang mereka miliki. Karena faktanya memang ada beberapa macam penyakit yang tidak bisa ditangani secara medis melainkan cara penyembuhannya dengan cara-cara yang diangggap kurang rasional.
    Di setiap masyarakat tertentu pasti memiliki kebudayaan dimana kebudayaan tersebut lah yang membentuk kepribadian seseorang untuk bertingkah laku dengan baik di dalam sebuah kelompok masyarakat. Misal di daerah Indramayu terdapat seorang anak yang terkena demam, mata merah dan terdapat bercak-bercak berwarna merah di seluruh tubuhnya. Melihat anaknya mengalami beberapa ciri penyakit tersebut, maka seorang ibu akan mengobatinya dengan cara mengambil asam kawak dan membalurkannya ke tubuh si anak seperti yang biasa dilakukan oleh orang tuanya dahulu. Selain itu anak juga akan diberikan madu yang dicampur dengan jeruk nipis atau memberikan daun suwuk yang menurut kepercayaan dapat menghisap penyakit tersebut. Penyakit ini dianggap sebagai penyakit yang sepele dan disebabkan karena si anak terkena panas atau bahkan kesambet roh halus. Tindakan yang dilakukan oleh orang tuanya tersebut merupakan pengetahuan yang di dapatkan dari masyarakat dan telah menjadi kepercayaan bahwa jika melakukan cara pengobatan seperti yang dilakukan diatas maka si anak akan sembuh. Namun secara medis gejala penyakit diatas dapat dikategorikan ke dalam penyakit campak yang merupakan penyakit yang berbahaya bagi anak-anak karena penyebab penyakit ini adalah virus. Tindakan yang tepat untuk menangani penyakit tersebut adalah dengan membawanya ke dokter karena jika tidak segera ditangani oleh ahli medis maka penyakit campak dapat menular dan juga menyebabkan kematian.
    Cara hidup dan juga gaya hidup manusia merupakan salah satu fenomena yang dapat kita kaitkan dengan munculnya berbagai macam penyakit. Selain itu hasil dari berbagai kebudayaan juga dapat menimbulkan penyakit yang di dasari oleh kepercayaan masyarakat setempat terhadap sesuatu.

    Categories: Kumpulan Tugas Sosiologi dan Antropologi

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: