• Mengajar Baris-Berbaris (Minggu ke 6)

    hai hai kali ini saya akan membagikan pengalaman mengajar pramuka saya di SDN 48 Kuranji Padang nih. Sebelumnya saat di unnes pun saya sudah mengikuti program GL-3 Mengajar dan disini kebetulan saya ikut bergabung dengan UKM pramuka dan kenal dengan salah satu anak pramuka yang mengajak saya untuk mengajar di sekolah tersebut. Buat kalian yang penasaran langsung aja baca postinga dibawah ini ya. check it out

    Sabtu, 2 Desember 2017. Pagi ini saya sudah punya janji dengan salah satu anak pramuka yang bernama Vella untuk mengajar baris berbaris dan upacara di SDN 48 Belimbing, Kuranji Padang. Pukul 07.00 wib setelah sarapan saya langsung memakai sepatu dan bersiap menunggu Vella di depan gang. Pukul 08.00 kami sampai di sekolah tersebut. Disana sudah ada bang Filza yang merupakan pelatih pramuka di SD 48. Setelah Vella mengenalkan saya ke bang Filza akhirnya kami mulai membagi tugas untuk mengajar baris-berbaris.

    Aktivitas mengajar baris berbaris

    Saya kebagian untuk mengajar anak kelas 3,4 dan 5 putri. Setelah saya mengambil alih pasukan putri saya langsung mempraktekkan beberapa gerakan seperti sikap siap yang benar, hormat, istirahat di tempat, hadap kanan dan kiri lalu balik kanan. Mengajar adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya karena dengan mengajar saya bisa bertemu dengan anak-anak dan bisa melepaskan semua penat sejenak. Lalu Vella mengajar kelas 3,4 dan 5 putra. Sedangkan bang Filza mengajar anak-anak yang bertugas sebagai petugas upacara pada hari senin. Selama 1 jam kami berlatih akhirnya bel istirahat pun berbunyi. Mereka semua langsung masuk ke dalam kelas dan mengambil air minum kemudian kembali duduk di lapangan. Lalu kami mengobrol bersama-sama. Walaupun baru kali pertama bertemu dengan anak-anak sd belimbing tetapi mereka sudah sangat akrab dengan saya terlihat dari cara mereka yang berebut duduk di samping saya dan selalu mendengarkan saat saya bercerita dan memberi nasihat. Mereka pun meminta untuk foto selfie bersama-sama.

    Foto bersama setelah mengajar pramuka

    Setelah itu pukul 10.00 wib bel pulang berbunyi dan mereka satu persatu bersalaman dengan saya dan pamitan untuk pulang. Lalu beberapa menit kemudian datang seorang laki-laki berbaju pramuka. Dia adalah Khalid mahasiswa poltekes yang merupakan adik dari bang Filza. Lalu ada perempuan menggunakan seragam bertuliskan jurusan pertanian di punggungnya. Perempuan tersebut bernama Puja mahasiswa universitas andalas yang memang teman baiknya Khalid dan Vella. Setelah berbincang bincang kami bertiga pun melaju ke SDN 38 Kuranji. Sdn 38 Kuranji merupakan tempat biasa Puja untuk mengajar pramuka. Namun saat kami sampai disana ternyata sudah tidak ada siswanya dan berdasarkan infomasi yang di dapatkan murid-murid memang disuruh pulang cepat karena ruangan harus di sterilkan untuk ujian hari senin. Setelah itu kami bertiga pulang ke kos masing-masing.

    Terima kasih buat kalian yang udah baca postingan saya kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya. see you :)

    Categories: Singgah Di Tanah Minang

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas:

    [+] kaskus emoticons nartzco