• Diskusi Mengenai Teori Belajar

    hai gaess bertemu lagi nih dengan saya yang pastinya akan terus membagikan cerita mengenai aktivitas saya di tanah Minang baik aktivitas perkuliahan maupun aktivitas lainnya yang pastinya bakalan seru banget deh. so, jangan lupa tetap setia membaca isi postingan blog ku yaa. Okey kali ini saya akan menceritakan aktivitas perkuliahan saya pada minggu ke 3 di UNP. Jadi selamat membaca dan semoga bermanfaat. check it out

    Jumat, 17 November 2017. Hari ini jadwal perkuliahan dengan pak Erianjoni pukul 09.41 wib pada pertemuan yang ke 2 di mata kuliah teori belajar. Saya tertarik dengan cara mengajar beliau yang ringan dan ceria. Seperti pada perkuliahan yang lain, pada kali ini ada 2 kelompok yang akan melakukan presentasi yaitu kelompok saya dan kelompok Nurul. Kelompok yang maju duluan adalah kelompok Nurul yang membahas mengenai teori sibernetik dimana teori ini melihat suatu proses daripada hasil. Landa dan Pask & Scott merupakan tokoh dari teori tersebut. Pada sesi tanya jawab saya melontarkan 2 pertanyaan sekaligus untuk kelompok penyaji. Kemudian pertanyaan saya ditanggapi oleh Ilham.

    Setelah itu gantian kelompok saya yang maju untuk presentasi mengenai teori revolusi belajar sosio-kultural. Tokoh dari teori ini adalah Jean Piaget dan Vygotsky yang memiliki asumsi dasar bahwa teori ini bersifat pluralisme dan cocok untuk digunakan pada masyarakat yang multikultural. Inti teori Piaget adalah kebebasan dan egaliter. Pada teori Piaget ia mengatakan bahwa siswa harus bisa beradaptasi dengan lingkungan agar memperoleh pengetahuan melalui interaksi sosialnya untuk memperoleh keseimbangan belajar. sedangkan Vygotsky memilki pandangan bahwa jalan pikiran seseorang dilihat dari latar belakang budaya dan sejarahnya.

    Pada akhir perkuliahan pak Erianjoni memberitahukan nilai setiap kelompok yang sudah tampil dimana saya mendapatkan nilai tertinggi saat proses tanya jawab saat kelompok 1 presentasi dengan perolehan nilai 85 dan disebutkan pula nilai masing-masing individu pada kelompok saya dimana saya kembali mendapatkan nilai tertinggi yaiu 86 karena saya berhasil menjawab dengan tepat pertanyaan yang dilontarkan oleh audiens kepada saya. Perkuliahan berakhir pukul 11.30 wib. Setelah itu saya dan Nurul masih tetap di berada di dalam kelas karena cuaca diluar sangat terik. Sembari menungggu waktu saya meminta Nurul untuk berlatih menyanyi karena pada hari senin tanggal 20 November dia akan menjadi pengisi acara di inagurasi FIS . Setelah itu kami kembali ke kos.

    sekian dulu yaa postingan buat aktivitas perkuliahan minggu ke 3 di Universitas Negeri Padang. buat kalian yang masih mau tau kelanjutan dan kegiatan saya disini. terus pantengin blog saya ya karena setiap minggu saya akan memposting hal-hal baru dan juga pengalaman baru yang pastinya sayang banget kalau terlewatkan. see you :)

    Categories: Aktivitas Kuliah UNP

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas:

    [+] kaskus emoticons nartzco