• Penggalan Silabus Antropologi SMA Kelas X

    Hai hai hai para blogger yang sedang berbahagia.

    Kali ini saya akan memposting penggalan silabus materi pelajaran Antropologi SMA kelas X nih. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang apa sih Antropologi itu buat kalian-kalian yang masih belum paham. Jadi, Antropologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi perilaku maupun budayanya.

    Di dalam silabus sendiri terdapat kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Adapun  alokasi waktu untuk pembelajaran kelas X adalah 96 JP.

    Materi Pembelajaran 1

    Di dalam materi pembelajaran ini terdapat kompetensi dasar yang merupakan tujuan dari suatu pembelajaran dan diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Kompetensi dasar tesebut adalah sebagai berikut:

    1. Memahami Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.
    2. Membaca berbagai literatur dan mendiskusikan hasil bacaan tentang ilmu Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapa dalam pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

    1. Pengertian tentang Ilmu Antropologi
    2. Konsep-konsep dasar Ilmu Antrpologi: Budaya (culture); Adat; Kelompok Etnik; Etnosentrisma, Relativisme Kebudayaan (cultural relativism), Emik; Etik; Holistik, Struktur Sosial; Bhinneka Tunggal Ika; Kerukunan nasional; Sikap Mental; Revolusi Mental.
    3. Sub-disiplin Ilmu Antropologi
    4. Tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi.

    Materi Pembelajaran 2

    Dalam pembelajaran kedua membahas tentang suatu konsep differensiasi sosial. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik adaah sebagai berikut:

    1. Mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.
    2. Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapa dalam pembelajaran 2 adalah sebagai berikut:

    1. Konsep Differensiasi Sosial, yaitu penggolongan masyarakat berdasarkan kriteria: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
    2. Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

    Materi Pembelajaran 3

    Dalam pembelajaran ketiga membahas tentang konsep stratifikasi sosial. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik adaah sebagai berikut:

    1. Mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.
    2. Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapa dalam pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

    1. Konsep Stratifikasi Sosial, yaitu pelapisan sosial dalam masyarakat berdasarkan kriteria: penghasilan, pendidikan, pangkat, dan lain-lain (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
    2. Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

     

    *Untuk mengetahui silabus Antropologi SMA kelas X lebih lengkapnya silahkan klik link dibawah ini. Check it out…

    silabus kelas X antropologi

    Thank You

     

    Categories: Silabus Antropologi SMA

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: