• Penggalan Silabus Antropologi SMA Kelas XI

    Hai hai hai para blogger yang sedang berbahagia.

    Kali ini saya akan memposting penggalan silabus materi pelajaran Antropologi SMA kelas XI nih. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang apa sih Antropologi itu buat kalian-kalian yang masih belum paham. Jadi, Antropologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi perilaku maupun budayanya.

    Di dalam silabus sendiri terdapat kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Adapun  alokasi waktu untuk pembelajaran kelas XI adalah 128 JP.

    Materi Pembelajaran 1

    Di dalam materi pembelajaran ini terdapat kompetensi dasar yang membahas tentang metode etnografi. Kompetensi dasar tersebut diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Kompetensi dasar tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Menggunakan pengetahuan dasar metode etnografi dalam mendeskripsikan institusi-institusi sosial (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.
    2. Melakukan penelitian etnografi/membaca dengan kritis laporan-laporan penelitian etnografi dalam rangka mendeskripsikan institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu  kelompok etnik tertentu di Indonesia.

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapat dalam pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

    1. Pengertian tentang Metode Etnografi
    2. Teknik Penelitian Etnografi
    3. Deskripsi institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia

     

    Materi Pembelajaran 2

    Dalam pembelajaran kedua membahas tentang suatu konsep tentang nilai-nilai kultural. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik adaah sebagai berikut:

    1. Menemukan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.
    2. Melakukan refleksi/diskusi untuk menarik kesimpulan tentang nilai-nilai kultural nasional Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapat dalam pembelajaran 2 adalah sebagai berikut:

    1. Konsep tentang Nilai-Nilai Kultural (cultural values).
    2. Pewarisan nilai-nilai kultural atau proses sosialisasi dan enkulturasi.

     

    Materi Pembelajaran 3

    Dalam pembelajaran ketiga membahas tentang nilai-nilai kultural yang positif. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik adaah sebagai berikut:

    1. Mempromosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).
    2. Membuat program dan berbagai model untuk memprmosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapa dalam pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

    1. Nilai-nilai kultural positif yang dapat dipromosikan sebagai bagian dari budaya nasional (national culture).

     

    *Untuk mengetahui silabus Antropologi SMA kelas XI lebih lengkapnya silahkan klik link dibawah ini. Check it out…

    penggalan silabus kelas XI

    Thank You

     

     

    Categories: Silabus Antropologi SMA

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: