• Penggalan Silabus Antropologi SMA Kelas XII

    Hai hai hai para blogger yang sedang berbahagia.

    Kali ini saya akan memposting penggalan silabus materi pelajaran Antropologi SMA kelas XII nih. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang apa sih Antropologi itu buat kalian-kalian yang masih belum paham. Jadi, Antropologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi perilaku maupun budayanya.

    Di dalam silabus sendiri terdapat kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Adapun  alokasi waktu untuk pembelajaran kelas XII adalah 112 JP.

    Materi Pembelajaran 1

    Di dalam materi pembelajaran ini terdapat kompetensi dasar yang membahas tentang konsep perubahan sosial, pembangunan sosial, globalisasi dan modernisasi. Kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

    1. Memahami dampak positif dan negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.
    2. Melakukan pengamatan lapangan, membaca berbagai literatur/media masa, dan berdiskusi untuk memahami perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapa dalam pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

    1. Konsep-Konsep tentang Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi
    2. Dampak Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi terhadap kehidupan sosial kultural masyarakat Indonesia.

    Materi Pembelajaran 2

    Dalam pembelajaran kedua membahas tentang dampak negatif dari perubahan sosial, globalisasi, pembangunan sosial dan modernisasi. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik adaah sebagai berikut:

    1. Mengidentifikasi, menganalisis dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif, diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme).
    2. Menggunakan pendekatan Antropologi dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif, diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, dan hedonisme).

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapat dalam pembelajaran 2 adalah sebagai berikut:

    1. Dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme) sebagai dampak perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi.

     

    Materi Pembelajaran 3

    Dalam pembelajaran ketiga membahas tentang sumber-sumber kearifan lokal. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik adaah sebagai berikut:

    1. Merancang strategi kultural berdasarkan sumber-sumber kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi bagi pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).
    2. Membaca literatur, melakukan pengamatan (observasi), dan wawancara (interview) untuk merancang strategi kultural berdasarkan kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi dalam rangka pembangunan karakter bangsa (nation and character building).

    Pada kompetensi dasar juga terdapat materi-materi pembelajaran yang akan dibahas. Materi- materi yang terdapa dalam pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

    1. Sumber-sumber Kearifan Lokal (local wisdom) dan Tradisi Lisan
    2. Strategi Kultural mengatasi perilaku negatif.
    3. Pembangunan Karakter Bangsa (nation and culture building)

    *Untuk mengetahui silabus Antropologi SMA kelas XII lebih lengkapnya silahkan klik link dibawah ini. Check it out…

    silabus kelas XII antropologi

    Thank You

     

     

    Categories: Silabus Antropologi SMA

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: