REFERENSI BISNIS

REFERENSI BISNIS

Beberapa siswa setelah mereka lulus dari pendidikannya, entah itu SMK/SMA atau bahkan perguruan tinggi mereka mengharapkan setelah lulus agar bisa bekerja di berbagai perusahaan seperti BUMN/BUMS. Namun, karena kurangnya kreatifitas dan jiwa enterpreneur yang belum muncul dikalangan mereka-mereka yang telah lulus dari berbagai bidang pendidikan mereka lebih memilih menjadi pekerja dari pada menciptakan pekerjaan . Padahal gambaran akan kesuksesan bagi orang-orang yang telah sukses dalam bisnis mereka telah sering digadang-gadang. Namun keinginan mereka ingin sukses hanya dilontarkan oleh mulut mereka. Dan mereka bahkan kebanyakan tidak pernah mencobanya. Pikiran mereka terlalu dimainset menjadi pekerja dan bukan menjadi pencipta lapangan kerja.

Namun bagi para mereka yang telah berani mencoba hal baru dan membuat mereka semakin sukses dan akhirnya menemukan bidang yang mereka anggap cocok, dan menjadi lahan bagi mereka dalam mencari uang. Karena yang Indonesia butuhkan saat ini adalah jiwa-jiwa entrepreneur, karena sempitnya lapangan pekerjaan. Dibawah ini saya akan memberikan referensi mengenai beberpa bisnis yang sedang menjamur saat ini dan diharapkan bisa lebih menguntungkan ditahun-tahun ini  :

  1. Menyediakan jasa kursus pendidikan

Karena kebanyakan para siswa modern saat ini banyak yang mengikuti les tambahan agar mendukung pendidikannya selain Sekolah . Namun kebanyakan kursus dan training yang diburu adalah training yang langsung praktek, contohnya kursus menjahit sehingga langsung bisa mendapatkan manfaatnya. Dan bagi para pencari ilmunya kadang menjauhi kursus atau seminar yang tujuannya tidak jelas seperti, bagaimana cara mengatasi dampah global warming, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis makanan

Ini adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, karena berdasarkan pemikiran bahwa setiap manusia selalu membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan. Jadi, bisnis ini diharapkan memilik prospek yang bagus kedepannya.

  1. Bisnis fashion

Alasannya sama, karena pakaian merupakan kebutuhan sekunder dan pastinya semua orang juga membutuhkan. Dan saat ini orang yang tidak memiliki modalpun bisa bisnis pakaian ini, caranya dengan bekerja sama dengan pabrik/yang memproduksi pakaian, kemudian dia membantu dalam hal pemasarannya dan bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menjual barang yang ia promosikan. Entah lewat media sosial ataupun media lainnya.

  1. Bisnis penyedia layanan internet

Bisa kita lihat disekitar kita, kebanyakan tidak ada yang terlepas dari yang namanya internet. Terutama anak-anak sekolah baik yang dari SMP sampai dikalangan mahasiswa. Penggunaanya juga sangat berfariasi, mulai dalam hal menyelesaikan tugas maupun penggunaan media sosial juga membutuhkan layanan/jaringan internet.

Dan masih banyak lagi sebenarnya bidang-bidang bisnis yang bisa berkembang terutama di tahun 2015 dan dibukanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang diharapkan, para warga Indonesia supaya mulai belajar

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Published by

khusnul hotimah

Nama saya Khusnul Hotimah. Nama panggiln Hotimah. Saya adalah mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Saya dari jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco