Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu MicroSD di Samsung S9 dan Samsung S9+

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu MicroSD di Galaxy S9 dan Galaxy S9+ – Sebagian pengguna mungkin tidak menyadari bahwa di perangkat flagship Samsung terbaru pun tersedia fitur untuk memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal.

Panduan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di Galaxy S9 dan Galaxy S9+ berikut ini bisa sangat berguna. Prosedurnya sedikit berbeda dibanding pada Galaxy S8 karena perbedaan antara sistem operasi Nougat di Galaxy S8 dengan Android Oreo di Galaxy S9/S9+.

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9+ untuk penyimpanan dibedakan antara memori internal (ROM) dan memori eksternal.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu MicroSD di Galaxy S9 dan Galaxy S9+

Samsung Galaxy S9 dan Samsung S9+ datang dengan 3 pilihan besaran memori internal yaitu yang terkecil 64 GB lalu 128 GB dan 256 GB. Galaxy S9 dan S9 + mendukung kartu microSD hingga 400GB, bukan hanya 256GB sebagaimana yang umum di pasaran saat ini.

Kartu microSD dengan kapasitas 400GB belum lama dijual di pasaran dan masih cukup mahal saat ini. Namun dengan kemampuan perekaman video yang meningkat belum lagi dukungan video gerak lambat (slow motion) 960 fps maka pengguna akan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

Dengan perangkat flagship terbaru seri S9 dan S9 + Samsung berusaha memastikan bahwa ponsel terbarunya tersebut siap untuk penggunaan di masa depan.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di Galaxy S9 dan Galaxy S9+ sebenarnya lebih sederhana dibanding pada Galaxy S8 atau Galaxy Note 8.

Pengguna cukup menekan dan menahan ikon aplikasi dan mengetuk info Aplikasi saat menu muncul. Itu akan membawa pengguna langsung ke menu yang relevan dari tempat yang hanya membutuhkan beberapa ketukan lagi untuk memindahkan aplikasi.

Prosedur yang sama dapat diterapkan di perangkat Samsung lainnya yang menggunakan OS Android Oreo.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

Langkah 1: Untuk memindahkan aplikasi, buka Pengaturan (Settings) dan arahkan ke menu Aplikasi (Apps). Ketuk aplikasi yang ingin dipindahkan untuk melihat detailnya.

Langkah 2: Ketuk Penyimpanan (Storage) diikuti dengan mengetuk menu Ubah (Change).

Langkah 3: Pilih kartu SD (pilih Memori perangkat/device memory jika memindahkan aplikasi kembali dari kartu SD)

 

Langkah 4: Tunggu sebentar karena perangkat membutuhkan waktu beberapa saat untuk memindahkan aplikasi dan datanya ke kartu microSD. Aplikasi yang dipindahkan tersebut tidak dapat dijalankan saat dipindahkan.

Selesai, aplikasi yang dipilih kini sudah berpindah ke kartu Micro SD sehingga bisa memberikan sedikit ruang kosong di memory internal perangkat.

Namun perlu diingat bahwa beberapa data aplikasi yang diekspor akan tetap berada di ruang penyimpanan internal sebab itulah cara kerja sistem operasi Android.

Harus diketahui pula bahwa aplikasi yang dipindahkan mungkin berhenti berfungsi jika kartu microSD dihapus atau di-format. Jika hendak mengganti kartu microSD dengan kartu lain maka jangan lupa untuk memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal.

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ menjadi duo perangkat andalan terbaru menyasar kalangan atas. Karena itu keduanya pun datang dengan segala kecanggihan dan kelebihannya.

Fitur-fitur seperti kamera belakang tunggal / ganda dengan aperture variabel dan AR Emoji, speaker stereo AKG-tuned dengan dukungan Dolby Atmos, hingga 6 GB RAM ( pada S9 +).

Layar Infinity atau tanpa bezel diadopsi dari Galaxy S8 dan S8 +. Keduanya pun sudah mengadopsi Android 8.0 Oreo dengan Samsung Experience 9.0.

Fitur seperti ketahanan air IP68 dan sensor iris dan wajah pun disematkan. Dengan fitur Intelligent Scan terbaru yang menggabungkan pemindaiiris dan pengena wajah maka membuka kunci perangkat akan dapat dilakukan dengan lebih cepat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Skip to toolbar