Satu inovasi atau terobosan baru dilakukan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, dalam hal pengembangan sumber daya manusia dengan menggelar kegiatan study on board yakni bimbingan teknis yang terintegrasi dengan wisata maritim di atas kapal motor KM. Tilongkabila saat pelayaran dari Gorontalo menuju Bitung, Jum’at (23/11) dan kembali lagi dari Bitung ke Gorontalo, Sabtu (24/11).

Kegiatan yang dilaksanakan selama pelayaran tersebut, diantaranya bimbingan teknis SILAPAK (Aplikasi Pelaporan Hasil Penetapan Angka Kredit) online dan launching beberapa produk karya inovasi dari peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV.

Sekda Bonebol Ishak Ntoma yang memimpin rombongan mengatakan, kegiatan ini adalah pertama kali dilaksanakan Pemkab Bonebol Gorontalo bekerjasama dengan PT. PELNI menggelar kegiatan dinas di atas kapal KM Tilongkabila.

“Kegiatan yang diprakarsai Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan Daerah (BKPPD) Bonebol Gorontalo ini sangat menginspiratif dan dinilai efektif dan efisien,” kata Ishak Ntoma.

Sekda menambahkan, Indonesia sebenarnya adalah negara maritim untuk itu kegiatan ini membuat kita lebih mencintai laut. Selain menimba ilmu kita juga bisa berwisata maritim.

“Lebih dari itu, kita ini sebenarnya negara maritim yang sangat kuat dengan doktrin NKRI yang seolah NKRI itu hanya milik daratan. Padahal yang menghubungkan daratan itu adalah laut. Olehnya itu melalui kegiatan ini diharapkan kita lebih mencintai laut, menimba ilmu sambil berwisata maritim,” ujar Ishak Ntoma.

Sebelumnya Kepala BKPPD Bonebol, Friske Aryanti Usman, menjelaskan, ide awal pelaksanaan Bimtek di atas kapal ini berasal dari Kepala Bidang Kepegawaian Fredy Lasut yang kemudian mendapat dukungan dari Sekda Ishak Ntoma dan diberi izin oleh Bupati Bonebol Hamim Pou.

Bupati Hamim Pou sendiri sebenarnya akan ikut bersama-sama rombongan, namun hal tersebut urung terwujud karena padatnya jadwal agenda kegiatan.

Fredy Lasut selaku ketua panitia melaporkan, bahwa kegiatan Bimtek tersebut sengaja dibuat dengan konsep Study On Board di atas KM Tillongkabila agar lebih efektif dan efisien sambil berwisata laut. Apalagi ini kegiatan ini terselenggara atas partisipasi peserta.

“Saya atas nama panitia mengucapkan terima kasih. Semoga pelaksanaan Bimtek ini bermanfaat. Bukan sekedar bimtek saja, dengan acara ini menumbuhkan kecintaan kita terhadap potensi yang kita miliki, sebagaimana kita ketahui Indonesia negara maritim, panitia mencoba melaksanaan kegiatan di atas KM Tilongkabila sekaligus visit on board,” ulas Fredy.

Pelaksanaan Bimtek itu pun disambut positif oleh Nakhoda KM Tilonglabila, Kapten Eko Yatno. Ia mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan dan menyambut rombongan Pemda Bone Bolango sebaik-baiknya dan berharap masih ada lagi kegiatan-kegiatan sejenis yang dilaksanakan bukan hanya di KM. Tilongkabila. Namun juga dapat diadakan di kapal PELNI lainnya karena banyak hal yang dapat dilakukan di atas kapal.

“Banyak kegiatan yang dapat diadakan di atas kapal, yakni wisata maritim, wisata pendidikan yang tentunya dapat diintegrasikan dengan kegiatan lain,” kata Eko Yatno.