Ikan patin memiliki peluang ekonomi yang tinggi di Indonesia. Namun sayangnya di balik kebutuhan komoditas akan permintaan ikan patin yang semakin meningkat masih belum didukung dengan para pelaku bisnis budidaya ikan patin yang maksimal. Maka dari itu, peluang usaha ternak ikan patin harus terus dikembangkan.

Ikan yang memiliki kemiripan dengan ikan lele ini memiliki rasa daging yang nikmat, gurih serta lezat. Tak hanya itu ikan yang termasuk kedalam golongan ikan catfish ini juga memiliki kandungan minyak yang bagus pada kesehatan serta daya tahan tubuh manusia.

Tahukah Anda tak sedikit orang yang masih mengalami keraguan tatkala hendak memanfaatkan peluang bisnis budidaya ikan patin ini sebagai bisnis yang memberikan keuntungan menggiyurkan. Padahal ada beberapa tehnik yang sangat mudah sekali dilakukan para pelaku bisnis budidaya ikan patin bagi pemula.

Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Budidaya Ikan Patin

Supaya mampu mencapai masa panen dengan hasil yang optimal ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam menjalankan beberapa tehnik budidaya ikan patin.

  1. Untuk membuat kolam bagi tumbuh kembang ikan patin, pastikan bahwa berlokasi pada tanah yang memiliki tekstur seperti lempung atau tanah liat serta tidak berporos. Jenis tanah ini mampu menampung massa air serta mencegah kebocoran.
  2. Guna memudahkan pengairan kolam secara gravitasi, pastikan kolam ikan patin yang dibuat memiliki kemiringan 3-5%
  3. Apabila Anda ingin membudidayakan ikan patin di sungai, pastikan sungai tersebut sudah dilengkapi dengan jaring serta memiliki arus yang lambat
  4. Tak sama dengan bibit ikan lele yang mampu hidup di air yang keruh. Berbeda dengan budidaya ikan ini, mskipun banyak orang menganggap kedua ikan ini sama namun ikan patin tak bisa hidup di air yang keruh serta tercemar dengan bahan-bahan kimia. Sebab nantinya air yang keruh ini akan menimbulkan tumbuhnya jamur

Demikianlah ulasan mengenai budidaya ikan patin yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.