Burung kicauan ataupun burung hias memiliki daya tarik tersendiri ketika seseorang memilikinya, jika burung kicauan di pelihara untuk ditingkatkan kualitas kicauannya, maka untuk burung hias dipelihara karena keindahan, kepintaran, kelucuan dan terkadang jenis burung kicauan juga bisa di ketegorikan seperti burung hias, seperti burung lakbet atau Lovebird.

Lihat Juga : suara burung kacer gacor

Namun , apapun tujuan seseorang dalam memelihara burung tersebut, kesehatan burung menjadi hal yang penting untuk di perhatikan, agar burung mampu mendapatkakn kondisi terbaiknya setiap hari. Karena ketika burung dalam keadaan sehat, maka membuatnya aktif untuk bergerak dan berkicau.

Dari setiap burung memang, untuk melakukan perawatannya bisa di bedakan dengan beberapa hal, karena memiliki karakteristik dan kebiasaan itu sendiri, misalkan dalam memandikan burung tidak semua burung harus di mandikan setiap hari, tapi ada juga jenis burung yang bisa dimandikan 1 sampai 3 kali, tergantung kebutuhannya.

Menjaga Kesehatan Burung

Banyak yang tidak terlalu yang mementingkan tentang kesehatan burung, padahal ketika burung menjadi sehat maka burung akan mendapatkan kualitas terbaiknya, termasuk untuk mencapai kualitas kicauan dari pemilik burung inginkan.

Banyak hal yang menjadi hal yang mempengaruhi burung memiliki kesehatan, dan sebentar lagi dengan membaca artikel di bawah ini anda akan mengetahuinya .

  1. Membersihkan kandang burung

Kandang burung yang kotor dapat membuat burung menjadi terserang penyakit, entah itu yang di sebabkan oleh kuman, kutu,tungau dan berbagai macam penyakit lainnya yang akan menyerang kesehatan burung.

Kandang kotor bisa di sebabkan oleh bebrapa hal, seperti yang di sebabkan oleh kotoran burung itu sendiri, pakan yang jatuh ke bawah sangkar hingga membusuk dan lain sebagainya.

Ciri-ciri burung yang sakit bisa di lihat dengan burung jarang untuk aktif dan juga jarang berkicau. Dan hal tersebut merupakan hal yang tidak di inginkan oleh setiap pemilik burung. Maka dari itu penting untuk memberihkan kandang agar burung nyaman untuk tinggal dan mendapatkan kesehatan yang baik.

Baca Juga : Suara Burung kenari

  1. Memandikan dan menjemur

Fakotr lainnya yang memiliki peranan besar untuk menjaga kesehatan burung kicauan antara lain adlah dengan memandikan dan menjemur burung. Karena dengan melakukan hal tersebut burung akan menjadi segar dan membuat bulunya menjadi bersih. Selain itu jika memandikan burung dilakukan pada pagi hari, maka matahari sangat baik untuk kesehatan tubuhnya.