Rumah Ilmu untuk mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #1

KONSEVASI ?

MEMANG PENTING BUAT KITA ?

MENGAPA KITA HARUS TAHU DAN PAHAM TENTANG KONSERVASI ?

Konservasi merupakan hal yang harus kita pahami dan harus kita mengerti apa dan bagaimana yang diharapkan dalam konservasi tersebut. Sekilas bahwa konservasi tidak hanya melestarikan hewa-hewan dan tumbuhan yang punah saja tetapi juga menjaga dan melindungi lingkungan sekitar juga termasuk konsrvasi. Mungkin dibenak kalian konservasi bukanlah hal yang penting namun sebagai warga negara yang baik kita sepatutnta melakukan hal tersebut.

Di perguruan tinggi khususnya Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menerapkan konservasi dan UNNES dikenal sebagai kampus konservasi. Sebagai kampus yang berwawasan konservasi maka UNNES memberikan pengajaran tentang konservasi yang tujuannya agar para mahasiswa/i mengerti maksud dan diharapkan menerapkan jiwa konservasi tersebut. Misi untuk mengembangkan konservasi memang sangat sulit apalagi zaman sekarang banyak orang-orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Sikap acuh tak acuh telah menjadi budaya masyarakat sekarang. Bias dibuktikan dengan banyaknya kasus banjir dan lingkungan kumuh akibat tidak adanya kesadaran oleh masyarakat. Sebagai mahasiswa UNNES yang notabene berwawasan konservasi maka kita wajib melaksanakan hal tersebut yang secara tidak langsung kita sudah ikut berpartisipasi terhadap kebersihan lingkungan dan negara. Sselain itu menyadarkan kepada kita akan pentingnya kebersihan dan kemanfaatan sumber daya yang ada disekitar kita. Dalam Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkunan hidup disbutkan bahwa lingkungan atau ekosistem merupakan tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh yang saling memengaruhi antar komponen disekitarnya untuk membentuk suatu keseimbangan.

Untuk mengembangkan insan yang berjiwa konservasi maka perlu diadakan penyuluhan atau rumah ilmu pendidikan untuk mengkader konservasi. Tentunya dalam memberikan pendidikan tentang konservasi haruslah sesuai dengan kaidah atau makna yang benar tentang konservasi. Ada beberapa prinsip dalam menerapkan konservasi diantaranya

  1. perlindungan
  2. Pengawetan
  3. Pelestarian
  4. Pemanfaatan sesuai kebutuhan

Kampus konservasi sebagai rumah ilmu pendidikan mengupayakan semaksimal mungkin memberikan pendidikan mengenai konservasi. Lantas, menjadi kampus konservasi yang bereputasi tentunya harus memiliki rumah (tempat) ilmu yang mengkaji tentang konservasi.

Yang bertanggung jawab dalam kelancaran dan keberhasilannya merupakan seluruh warga kampus mulai dari dosen, staf dan mahasiswa. Oleh karena itu marilah kita lakukan hal tersebut sebagai penanaman karakter kita akan cinta lingkungan supaya kanekaragaman lingkungan tidak mudah musnah dan kitapun bias memanfaatkan sesuai kebutuhan.

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi blog award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya sendiri dan bukan jiplakan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Skip to toolbar