Bagian Dasar dari Silabus Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013

               Dalam sebuah kegiatan pembelajaran, sangat diperlukan beberapa perangkat pembelajaran salah satunya adalah silabus. Silabus tersebut merupakan  penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Di dalam kurikulum 2013, waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sosiologi kelas XI dialokasikan selama empat jam pelajaran per-minggu.

               Adapun untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu materi pembelajaran dan kompetensi dasar untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut.

  1. Materi Pembelajaran 1

    Dalam materi Pembelajaran 1 ini, akan dibahas mengenai Pembentukan Kelompok Sosial. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  • Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

  • Dasar-dasar pembentukan kelompok.
  • Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat.
  • Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme

2.   Materi Pembelajaran 2

Dalam materi Pembelajaran 2 ini, akan dibahas mengenai Permasalahan Sosial di Masyarakat. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  • Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

  • Permasalahan sosial di masyarakat.
  • Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik.
  • Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik.
  • Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik.
  • Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik.

3.   Materi Pembelajaran 3

Dalam materi Pembelajaran 3 ini, akan dibahas mengenai Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
  • Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

  • Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat.
  • Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik.
  • Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik.
  • Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik.

   4.   Materi Pembelajaran 4

Dalam materi Pembelajaran 4 ini, akan dibahas mengenai Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.
  • Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh kembangkan perdamaian di masyarakat.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 4 adalah sebagai berikut:

  • Konflik, kekerasan, dan perdamaian
  • Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
  • Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
  • Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
  • Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian.

   5.   Materi Pembelajaran 5

Dalam materi Pembelajaran 5 ini, akan dibahas mengenai Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.
  • Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 5 adalah sebagai berikut:

  • Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial.
  • Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial.
  • Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial.
  • Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat.

 

Catatan : Silabus ini telah melalui proses modifikasi dan penyederhanaan oleh penulis untuk lebih lengkapnya kalian bisa lihat di Silabus Sosiologi SMA  .Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar