Bagian Dasar dari Silabus Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013

          Dalam sebuah kegiatan pembelajaran, sangat diperlukan beberapa perangkat pembelajaran salah satunya adalah silabus. Silabus tersebut merupakan  penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Di dalam kurikulum 2013, waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sosiologi kelas XII dialokasikan selama empat jam pelajaran per-minggu.

               Adapun untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu materi pembelajaran dan kompetensi dasar untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut.

  1. Materi Pembelajaran 1

Dalam materi Pembelajaran 1 ini, akan dibahas mengenai Perubahan Sosial. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami berbagai jenis dan faktor-faktor perubahan sosial serta akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat.
  • Menalar berdasarkan pemahaman dari pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

  • Perubahan sosial dan sebab-sebab terjadinya perubahan sosial
  • Perubahan sosial dan perubahan hubungan antar individu dan antar kelompok
  • Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial di masyarakat
  • Perubahan sosial, kemajuan masyarakat, dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan masyarakat yang demokratis

2.  Materi Pembelajaran 2

Dalam materi Pembelajaran 2 ini, akan dibahas mengenai Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
  • Mengategorisasi berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi serta akibat-akibatnya dalam kehidupan nyata di masyarakat sehingga dapat merespon berbagai permasalahan sosial dan ketimpangan disebabkan proses globalisasi

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 2 adalah sebagai berikut:

  • Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas.
  • Berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas disebabkan globalisasi.
  • Globalisasi dan dampak ketimpangan sosial di masyarakat.
  • Strategi dan berbagai pendekatan pemberdayaan untuk mengatasi ketimpangan sosial akibat globalisasi.

3.  Materi Pembelajaran 3

Dalam materi Pembelajaran 3 ini, akan dibahas mengenai Ketimpangan Sosial. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami faktor penyebab ketimpangan sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi.
  • Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

  • Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal.
  • Berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal disebabkan globalisasi.
  • Penguatan posisi komunitas lokal dalam merespon perubahan sosial disebabkan globalisasi.
  • Menjalin relasi antar komunitas lokal untuk memperkuat posisi dalam merespon perubahan sosial yang disebabkan globalisasi.

4.  Materi Pembelajaran 4

Dalam materi Pembelajaran 4 ini, akan dibahas mengenaiKearifan lokal dan pemberdayaan komunitas. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memiliki pengetahuan bagaimana melakukan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
  • Merancang, melaksanakan, dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
  • Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.
  • Mengolaborasikan berbagai alternatif pemberdayaan sosial yang diperlukan untuk mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat.

Adapun materi -materi sosiologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 4 adalah sebagai berikut:

  • Pemberdayaan komunitas berbasis kepemilikan lokal dan partisipasi warga masyarakat
  • Partisipasi masyarakat lokal, atau warga masyarakat, dalam pemberdayaan masyarakat, atau perbaikan kehidupan sosial atau publik.
  • Aktivitas pemberdayaan komunitas
  • Evaluasi dan hikmah pembelajaran dari aktivitas pemberdayaan komunitas.

 

Catatan : Silabus ini telah melalui proses modifikasi dan penyederhanaan oleh penulis untuk lebih lengkapnya kalian bisa lihat di Silabus Sosiologi SMA  . Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar