Materi Antropologi SMA Kelas XII : Dampak Negatif Perubahan Sosial terhadap Kehidupan Sosiokultural Masyarakat Indonesia

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai materi antropologi kelas XII pada bab 1, kali ini penulis akan melanjutkan materi pembelajaran tersebut dengan masuk pada bab 2 yakni tentang Dampak Negatif Perubahan Sosial terhadap Kehidupan Sosiokultural Masyarakat Indonesia. Berikut merupakan penjabaran materi pembelajarannya.

Perilaku Koruptif

Perilaku koruptif merupakan salah satu dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi dan modernisasi. Perilaku koruptif diartikan sebagai suatu tindakan atau perbuatan yang tidak jujur atau penyelewengan yang dilakukan karena adanya maksud tertentu (karena adanya sebuah pemberian). Dalam hal ini, perilaku koruptif terdapat berbagai macam bentuk seperti menyuap, pemberian gratifikasi, pemerasan, penyalahgunaan jabatan dan sebagainya.

Perilaku Diskriminatif

Perilaku diskriminatif diartikan sebagai pembedaan perlakuan terhadap seseorang atau kelompok masyarakat berdasarkan ras, agama, suku bangsa, status, jenis kelamin dan sebagainya. Dalam hal ini perilaku diskriminatif dapat menimbulkan dampak negatif pada masyarakat seperti timbulnya sikap primordialisme dan etnosentrime, menghambat tegaknya keadilan, mengancam persatuan bangsa, dan sebagainya.

Perilaku Pelanggaran HAM

Pelanggaran hak asasi manusia diartikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok baik disengaja maupun tidak yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi seseorang. Dalam hal ini pelanggaran HAM dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Kejahatan Genosida, yaitu setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok. Kejahatan genosida ini dapat dilakukan dengan cara membunuh atau melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan penderitaan fisik dan mental pada anggota kelompok.
  2. Kejahatan Kemanusiaan, yaitu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang ditujukan pada penduduk sipil. Kejahatan kemanusiaan ini dapat dilakukan dengan cara pengusiran, perampasan, perbudakan, penganiayaan, dan sebagainya.

Kekerasan dalam Rumah Tangga

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan tindakan kekerasan yang berada di lingkup rumah tangga dimana bentuk kekerasan ini dapat dilakukan antara orangtua terhadap anak, suami terhadap istri, maupun majikan terhadap pembantu rumah tangga. Kekerasan ini dapat menimbulkan kesengsaraan baik secara fisik maupun psikis bagi yang mengalaminya.

Penyalahgunaan Narkoba

Banyak penyebab seseorang menyalahgunakan narkoba dan psikotoprika. Menurut Graham Blaine penyebab seseorang menggunakan narkoba dikarenakan atas beberapa hal seperti adanya rasa ingin tahu, mengikuti pergaulan teman, menghilangkan rasa frustasi dan kegelisahan, melepaskan diri dari rasa kesepian dan sebagainya.

Perilaku Hedonisme

Hedonisme merupakan suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi merupakan tujuan utama dalam hidup. Hedonisme muncul sebagai dampak dari perubahan sosial budaya yang dapat mempengaruhi tingkah laku masyarakat. Berbagai bentuk hedonisme ini antara lain menggunakan barang-barang mewah dan bermerek, mengadakan pesta pora dan sebagainya.

Selain memberikan materi mengenai dampak negatif perubahan sosial terhadap kehidupan sosiokultural masyarakat Indonesia, penulis juga akan menyajikan artikel berita yang terkait dengan materi di atas. Artikel berita tersebut berupa kasus kekerasan dalam rumah tangga. Berikut merupakan link berita tersebut.

http://www.jawapos.com/read/2016/03/03/19771/mayoritas-kasus-kdrt-dipicu-minuman-keras

PENGAYAAN

Setelah diberikan materi serta artikel berita di atas, guna menguji tingkat pemahaman Anda mengenai materi tersebut, penulis akan menyajikan beberapa pertanyaan dan silahkan untuk dijawab.

  1. Berdasarkan konsep tentang dampak negatif perubahan sosial terhadap kehidupan sosiokultural masyarakat Indonesia, jelaskan menurut pendapat Anda apa yang dimaksud dengan perilaku hedonisme?
  2. Jelaskan perilaku kekerasan dalam rumah tangga? Berikan contohnya
  3. Berdasarkan artikel berita di atas, analisislah kasus berita tersebut dengan menggunakan konsep kekerasan dalam rumah tangga yang telah dipaparkan di atas.

SUMBER

Handoyo, Eko. 2013. Pendidikan Anti Korupsi. Yogyakarta : Ombak

Rohmah, Annisa Nur. 2016. Buku Siswa Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Mediatama

Materi di atas sudah di posting oleh Hasna Farras , untuk lebih memahami dengan jelas silahkan buka link berikut http://blog.unnes.ac.id/hasnafarras/2017/11/12/materi-antropologi-kelas-xii-bab-2-dampak-negatif-perubahan-sosial-terhadap-kehidupan-sosiokultural-masyarakat-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar