Materi Sosiologi SMA Kelas XII : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas

               Kali ini saya memposting materi Sosiologi Kelas XII kurikulum 2013 revisi mengenai “Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas” , untuk lebih jelasnya simak materi berikut ini ya…

KEARIFAN LOKAL

                   Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan.

Fungsi dan Makna Kearifan Lokal

  1. Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam. – Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia, misalnya berkaitan dengan upacara daur hidup, konsep kanda pat rate.
  2. Berfungsi untuk  pengembangan  kebudayaan  dan  ilmu  pengetahuan, misalnya  path  upacara  saraswati,  kepercayaan  dan  pemujaan  path  pura Panji.
  3. Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan.
  4. Bermakna sosial misalnya upacara integrasi komunallkerabat.
  5. Bermakna sosial, misalnya pada upacara daur pertanian.
  6. Bermakna etika  dan  moral,  yang  terwujud  dalam  upacara  Ngaben  dan penyucian roh leluhur.

PEMBERDAYAAN KOMUNITAS

Pemberdayaan komunitas merupakan suatu proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial guna memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.  Proses pemberdayaan mengandung dua kecenderungan yaitu pertama, proses pemberdayaan yang menekankan pada proses memberikan atau mengalihkan sebagian kekuatan, kekuasaan atau kemampuan kepada masyarakat agar individu lebih berdaya. Kecenderungan pertama tersebut dapat disebut sebagai kecenderungan primer dari makna pemberdayaan. Kecenderungan kedua (kecenderungan sekunder) menekankan pada proses menstimulasi, mendorong atau memotivasi individu agar mempunyai kemampuan atau keberdayaan untuk menentukan apa yang menjadi pilihan hidupnya melalui proses dialog.

Pemberdayaan komunitas diarahkan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, misalnya dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pembukaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, sehingga kesenjangan sosial dapat diminimalkan. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila warganya ikut berpartisipasi.

Tujuan Pemberdayaan Komunitas

  1. Peningkatan standar hidup
  2. Meningkatkan percaya diri
  3. Peningkatan kebebasan setiap orang

PENGAYAAN

  1. Apa keterkaitan antara kearifan lokal dengan pemberdayaan komunitas?
  2. Bacalah artikel berikut https://www.antaranews.com/berita/515834/mendesa-komunitas-desa-perkuat-pemberdayaan-masyarakat.Dari artikel berita tersebut, bagaimana kesimpuannya?
  3. Sebutkan dan jelaskan contoh kearifan lokal yang ada di daerah anda!

SUMBER

Taupan, Muhamad. 2017. Sosiologi SMA Kelas XII. Bandung: YRama Widya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar