AKUNTANSI

A. PENGERTIAN AKUNTANSI
Secara umum akuntansi (accounting) dapat dipahami sebagai suatu proses kegiatan mengolah data (input) agar menghasilkan informasi keuangan (output), yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan atau organisasi ekonomi yang bersangkutan.
Data keuangan (input) adalah transaksi keuangan perusahaan yang dibuktikan dengan dokumen dasar seperti: faktur, nota, kuitansi, cek, dsb. Sedangkan output akuntansi adalah informasi keuangan, yang meliputi laporan keuangan, seperti laporan rugi laba, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas.
Ada lima unsur yang terkandung dalam pengertian akuntansi tersebu, yakni:
1. Adanya transaksi keuangan
2. Adanya kegiatan pencatatan
3. Adanya kegiatan pengikhtisaran
4. Adanya kegiatan pelaporan
5. Adanya kegiatan pengintepretasian

index
sumber: adywibowo.wordpress.com

B. BIDANG-BIDANG AKUNTANSI
Akuntansi dikelompokkan ke dalam dua bidang utama, yakni akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi juga masih dikelompokkan ke dalam bidang kajian khusus lainnya, yakni:
1. Akuntansi Keuangan
Bidang akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan.
2. Akuntansi Manajemen
Bidang akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan yang diperuntukkan bagi kepentingan internal perusahaan (manajemen) sebagai bahan analisis kebijakan, peramalan dan penyusunan perencanaan, serta pengendalian kegiatan perusahaan.
3. Akuntansi Biaya
Bidang akuntansi yang bertujuan untuk membantu tugas akuntansi keuangan dan tugas akuntansi manajemen, juga menghasilkan laporan harga pokok produksi.
4. Analisi Laporan Keuangan
Bidang akuntansi yang bertujuan untuk menterjemahkan makna laporan keuangan yang telah dihasilkan oleh akuntansi keuangan.
5. Auditing
Bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengontrol (memeriksa) kesesuaian aktivitas akuntansi keuangan terhadap prinsip-prinsip akuntansi yang telah diterima oleh umum.
6. Sistem Akuntansi
Berupaya menyediakan kerangka aturan, mekanisme, organisasi dan peralatan yang dibutuhkan bagi berlangsungnya proses akuntansi, baik itu akuntansi keuangan maupun akuntansi manajemen dan biaya.
7. Teori Akuntansi
Bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyediakan dasar-dasar kebenaran terhadap setiap konsep yang digunakan dalam akuntansi keuangan.

C. PIHAK-PIHAK YANG MEMBUTUHKAN INFORMASI AKUNTANSI
1. Manajemen perusahaan
2. Pemilik perusahaan
3. Kreditor/ bank
4. Pemeintah
5. Karyawan
6. Pihak lainnya

Sumber: Agus Wahyudin, Muhammad Khafid (Akuntansi Dasar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: