[FEDORA]Ingin Memasang Software Tambahan Seperti Dukungan mp3, Adobe Flash, Oracle Java dll dengan mudah? Manfaatkan FEDY

Bismillah

Awal Kisah

Bagi saudara-saudara yang baru pertama memasang distribusi GNU/Linux Fedora, pasti ingin memasang multimedia codec . Tujuannya agar bisa memainkan format-format multimedia tertentu, sebut saja format mp3. Format proprietary seperti mp3 tidak didukung oleh installer default fedora karena tim dev menginginkan distribusi yang “bersih”.

Hal tersebut juga saya alami. Saya adalah pengguna baru disribusi GNU/Linux Fedora. Setelah sekian tahun menggunakan distribusi GNU/Linux Ubuntu, saya memutuskan pindah ke Fedora untuk komputasi harian. Alasan saya, karena saya kepincut oleh manajer paket yang diusung oleh Fedora 24 yaitu DNF. Alasan kedua, saya tertarik dengan delta rpm yang mampu melakukan kompresi paket dengan sangat baik sehingga ukurannya menjadi sangat kecil. Hal ini sangat bermanfaat untuk saya pengguna internet berkuota.

Kembali masalah, saya ingin memutar berkas format mp3, kalau di ubuntu ada paket ubuntu-restricted-extras yang menampung pustaka dukungan untuk format proprietary. Sementara fedora, harus install paket gstreamer satu-satu. Kurang praktis, ada solusi lain?

Solusi

Solusi agar praktis yakni menggunakan FEDY. Informasi lebih detail tentang fedy silakan klik disini.

Langkah-Langkah

  1. Buka terminal
  2. Jalankan perintah:
    bash -c 'su -c "curl http://folkswithhats.org/fedy-installer -o fedy-installer && chmod +x fedy-installer && ./fedy-installer"'
  3. Buka fedy dan install multimedia codecs
  4. Selesai

Skrinsut

Cuplikan layar dari 2016-08-18 14-25-07

Sumber

Leave a Reply