Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi#1

Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi#1

Alam serta lingkungan sekitar mencakup benda-benda di dalamnya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Saling membutuhkan dan melengkapi satu sama lain. Unsur-unsur lingkungan hidup antara lain: hewan, tumbuhan, tanah, air, dan udara. Upaya-upaya yang harus ditempuh dalam melestarikan lingkungan hidup antara lain: memelihara dan melindungi hewan, menanam pohon dan penghijauan, memanfaatkan udara dan air dengan baik, serta yang terpenting adalah bagaimana agar keseimbangan alam/lingkungan dan habitat dijaga dan berupaya menghindari untuk merusaknya. Dalam QS. al-A’rāf (7) Allah berfirman :

… وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

 

Artinya:

… dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman”.

Dalam QS. ar-Rum (41) Allah berfirman :

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“telah nampak kerusakan di darat dan di lautan yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”
Intinya adanya keteraturan yang harus dijaga oleh setiap makhluk hidup dalam satu sistem, dan apabila sistem itu terganggu menyebabkan ketergangguan makhluk hidup yang kokoh dan tergantung pada ekosistem.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang.Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar