Bisnis budidaya ikan air tawar terus berkembang seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Meningkatnya permintaan pasar terhadap kebutuhan ikan ini yang uga turut meningkatkan gairah masyarakat dalam menjalankan usaha budidaya ikan air tawar.
Dari begitu banyak jenis ikan air tawar yang ada, ternyata ada beberapa jenis yang justru begitu populer dan banyak dipilih untuk dibudidayakan. Jenis ikan ini bahkan mampu memberikan sumbangan hingga mencapai lebih dari 80 persen dari total produksi ikan air tawar.

Berikut ini beberapa jenis ikan yang paling populer dan paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Ikan mas
Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan konsumsi yang sangat populer. Selain enak dikonsumsi dalam bentuk aneka olahan masakan, ikan ini juga kerap dijadikan ikan hias dan diletakkan di akuarium di ruang tamu rumah. Meskipun demikian ikan mas juga bisa dibudidayakan dengan berbagai media, seperti di kolam air deras, media jaring terapung, ataupun dengan kolam tanah.
Ikan mas banyak dibudidayakan masyarakat karena cocok dengan lingkungan tropis di negara kita. Untuk suhu yang cocok untuk perkembangbiakannya adalah sekitar 23 hingga 30 derajat celcius. Umumnya ikan mas bisa dipanen dalam waktu 4 hingga 5 bulan sejak bibit ditebar.

Ikan lele
Ikan lele atau Clarias sp. Juga merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat terkenal karena rasa dagingnya yang enak, bergizi, dan harganya yang cukup murah. Ikan lele sangat tahan terhadap serangan penyakit dan tidak ribet dalam pembesarannya sehingga sangat populer sebagai ikan budidaya. Apalagi kebutuhan masyarakat terhadap lele juga sangat tinggi dan permintaan pasar terus meningkat dengan tajam.

Budidaya ikan lele juga terbilang efisien karena ikan ini tidak terlalu pilih-pilih jenis pakannya. Meskipun demikian umumnya rasio pakan dan hasil yang diperoleh relatif seimbang dengan perbandingan 1:1 dimana hasil panen lele dengan berat 1 kg biasanya membutuhkan pakan juga sebanyak 1 kg.

Itulah beberapa jenis ikan air tawar yang paling populer dan terbanyak yang dibudidayakan masyarakat. Pemilihan jenis ikan tersebut tentunya berkaitan dengan kebutuhan masyarakat yang memang sangat menyukai jenis ikan tertentu karena bagaimana pun pasarlah yang menentukan jenis produksi yang akan diusahakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.
Skip to toolbar