Wisatawan yang datang mengunjungi kota Manado, nantinya tidak hanya disuguhi dengan berbagai tempat wisata saja. Selain adanya keindahan alam dan juga wisata sejarah, wisatawan juga akan disuguhi ragam makanan khas Manado yang patut untuk dicoba. Satu hal yang sangat mendasar dari rasanya, yaitu rasa pedas. Ciri khas yang sangat mencolok dari masakan dari Manado adalah terkenal akan rasa pedasnya.

Ragam Pilihan Makanan Khas Manado

Paket Wisata Manado dan Makanan pertama sebagai ciri khas dari daerah Manado adalah bubur Manado. Makanan ini sebenarnya tidak pedas. Namun, dalam hal penyajiannya bisa ditambah dengan sambal sebagai pelengkap untuk menciptakan cita rasa pedas. Nama lain dari bubur Manado adalah Titunuan. Bubur ini dianggap lebih sehat sebab berbahan dasar dari sayuran. Bahan-bahan untuk membuatnya terdiri dari macam-macam sayuran hijau dan juga serutan jagung kemudian dicampur dan dimasukkan ke adonan dari bubur yang bahannya berasal dari beras. Selain sambal, bubur disajikan bersama dengan ikan asin.

Ini dia makanan khas dari kota Manado yang mempunyai ciri khas pedas. Sambal Bakasang merupakan makanan terkenal dari daerah Manado. Bahan untuk membuat sambal terbuat dari telur ikan. Makanan selanjutnya yang tidak kalah pedasnya dengan sambal adalah Ayam Woku-woku. Citarasa dari masakan ini dijamin akan membuat ketagihan. Kuliner khas dari Manado ini disebut juga dengan nama rica-rica ikan. Tingkat kepedasannya nendang, bahkan bisa membuat perut menjadi panas. Sensasi inilah yang dapat membuat para pecinta dari makanan pedas justru ketagihan untuk menambah lagi. Masih ada satu jenis sambal yang juga terkenal di Manado, yaitu sambal Roa. Suasana yang sangat menyenangkan ketika berada di pinggir pantai sambil menikmati keindahannya dan ditemani oleh jagung rebus yang disajikan hangat-hangat atau bisa juga ketela goreng. Kedua jenis makanan tadi akan jadi istimewa ketika ditambah dengan Sambal Roa. Sambal ini berbahan baku dari daging ikan jenis Roa yang kemudian dihaluskan.

Tidak lengkap rasanya ketika asyik liburan kawasan wisata air di Manado kemudian ditemani dengan rujak. Manado sendiri mempunyai rujak khas dari Manado yang dinamakan dengan Gohu. Bahan untuk membuatnya terdiri dari irisan buah yaitu pepaya yang telah direndam ke dalam air campuran. Air untuk merendam irisan pepaya tadi terdiri dari campuran bahan garam, jahe, asam cuka, gula, garam, asam dan citarasa utama untuk membuatnya yaitu cabe. Semua bahan-bahan tadi dicampur jadi satu sehingga muncul kenikmatan tiada terkira.

Macam-macam makanan yang telah disebutkan diatas merupakan makanan khas Manado yang patut untuk dicoba ketika berkunjung kesana. Bagi penggila pedas, ragam pilihan tadi bisa sangat memuaskan lidah. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa ciri khas dari makanan dari Manado memang memiliki citarasa pedas. Tentu saja hal ini bisa membikin ketagihan, khususnya bagi yang sangat menyukai makanan pedas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.
Skip to toolbar