Dengan semakin padat penduduk bumi maka semakin ketat pula persaingan ummat manusia untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhan hidup. Kendati rejeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa, namun setiap insan diperintahkan untuk berusaha menjemput rejeki masing-masing. Ada yang berdagang, ada yang menjadi pegawai kantoran, ada yang bertani, ada yang menjual jasa dan lain sebagainya, guna memenuhi syarat ikhtiar untuk memperoleh rejeki. Dan saat usaha-usaha itu telah dilakukan pun, terkadang masih saja kebutuhan hidup belum juga terpenuhi atau terasa terpenuhi. Maklum sebagian manusia merasa ada saja yang kurang dalam hidupnya. Oleh karena itu, usaha sampingan untuk mendapat rejeki tambahan pun dilakukan disela waktu longgar atau bahkan sengaja menyempatkan waktu di tengah kesibukan utama. Memang akan ada peluang bagi yang mau berusaha, termasuk untuk mencari peluang usaha sampingan. Beberapa ide usaha sampingan berikut dapat dicoba untuk menambah kecukupan dalam kebutuhan hidup.

  1. Jual Pulsa

Pulsa internet maupun nelpon sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Kebutuhannya juga rutin, bukan hanya sesekali. Dan ini pasti membuka peluang usaha bagi yang mau menyediakan kuota pulsa. Bisa dilakukan sampingan karena hanya modal hp yang konek server dan tentunya ada saldo. Semakin banyak kawan maka semakin besar pasarnya. Apalagi kalo bisa buka konter juga di rumah atau di tempat rame. Tapi untuk buka konter tadi jadi menyita waktu, dan harus ada orang, bayar orang untuk jaga.

  1. Penulis Freelance

Banyak sekali koran lokal maupun nasional baik online atau cetak yang bisa menerima tulisan dengan berbagai topik. Tentu akan ada honor sesuai aturan perusahaan. Bisa juga menjadi penulis artikel di berbagai media yang menyediakan jasa penulisan konten, tentunya dengan tarif yang bervariasi. Atau dapat juga mencoba menulis kumpulan cerita untuk diterbitkan menjadi buku bersama teman lain, atau bisa juga sendiri. Cerita fiksi, non fiksi, resep masakan dsb. Banyak media yang telah menyediakan format agar tulisan kita mudah untuk diterbitkan. Kualitas tetap menjadi patokan.

  1. Ngeblog

Sama dengan penulis freelance tadi, ngeblog juga berbekal pengetahuan dan ketrampilan untuk menulis. Bedanya kita harus jug mempunyai kemampuan dalam hal blogging. Tapi tentu tidak susah, karena materi blogging sudah banyak tersedia di internet, tinggal pelajari secara otodidak. Intinya lagi lagi adalah kualitas tulisan yang disajikan harus dapat memberi manfaat. Orang akan kembali dan kembali lagi ke blog kita untuk membaca aneka tulisan kalau memang tulisannya menarik dan menimbulkan inspirasi.

  1. Youtuber

Ini juga memanfaatkan teknologi internet untuk usaha sampingan. Bedanya kalo ngeblog dengan tulisan, kalau youtuber dengan video. Dan tidak sulit, karena cukup berbekal smartphone untuk membuat video yang menarik. Apalagi kalau punya kamera video yang lebih canggih, tentu kualitas gambar akan semakin bagus juga. Intinya juga masalah konten video yang menarik.

  1. Multilevel

Usaha penjualan langsung atau jaringan atau MLM juga menarik untuk dijadikan sebagai peluang usaha tambahan. Sebagai negara berkembang, Indonesia merupakan tempat yang cocok untuk usaha multilevel ini. Dan itu juga terbukti dengan banyaknya perusahaan multilevel marketing di Indonesia. Bahkan sampai banyak kasus buruk yang membuat citra usaha MLM menjadi hancur. Padahal tidak semua usaha jaringan jelek dan melakukan tindak penipuan. Masih ada usaha multilevel yang benar benar ingin membantu pemerintah memajukan ekonomi. Ciri usaha MLM yang bagus diantaranya 1) memiliki ijin pemerintah surat ijin usaha penjualan langsung yang bersifat tetap, 2) tergabung dalam asosiasi penjual langsung Indonesia, dan 3) untuk ketenangan dalam bekerja, sertifikat halal dari majelis ulama juga menjadi poin wajib yang harus dipertimbangkan. Ikuti tautan berikut untuk mendaftar menjadi member satu usaha jaringan yang sedang maju pesat di Indonesia dan beberapa negara tetangga: daftar HPAI.

Demikian beberapa peluang usaha sampingan yang perlu anda coba. Bagaimanapun jadikan passion atau bakat anda sebagai faktor utama dalam memilih usaha sampingan agar lebih cepat berkembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.
Skip to toolbar