3 sumber daya yang menjadi landasan terwujudnya konservasi bereputasi #2

sumber daya merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan kita karena dengan adanya sumber daya kita dapat hidup tercukupi. Misalnya saja untuk makan kita mengambil makanan dari Alam, membangun rumah kita menggunakan kayu, kayu tersebut berasal dari hutan. begitu pula kita sering mencuci menggunakan deterjen, ketika sakit kita sering minum obat. lalu pada zaman ini teknologi sudah semakin canggih. Namun pernahkah kita berfikir mengapa kita harus melakukan konservasi?mari kita lihat sejenak,Kerusakan lingkungan hidup sudah merajalela dan harus segera ditanggulangi. Untuk itulah, kita perlu konservasi yang di landaskan dengan 3 sumber daya sehingga dapat terwujudnya konservasi yang bereputasi dalam berbagai aspek.

terdapat 3 sumber daya yang menjadi landasan terwujudnya konservasi yang bereputasi

1.Sumber daya alam

sumber daya alam di indonesia sangatlah melimpah mulai dari darat,laut,dan udara.perlu adanya konservasi sumber daya alam agar dapat terus di nikmati oleh anak cucu kita nantinya.Perlu ada prinsip bagi kita  bahwa “bumi kita beserta seluruh nya merupakan titipan yang berarti kita meminjam dan harus mengembalikan nya seperti semula”.

2.Sumber daya Buatan

Sumber daya buatan merupakan sumber daya yang juga sangatlah penting bagi kita karena  Pemanfaatan sumber daya buatan akan mengurangi eksploitasi sumber daya alam sehingga dapat menjaga keseimbangan ekosistem suatu wilayah dimana hasil pengembangan dari sumber daya alam untuk meningkatkan kualitas , kuantitas, atau kemampuan daya dukungnya,seperti contohnya hutan, waduk, dan jenis unggul, yang dalam pemanfaatan dan pengelolaannya dapat menunjang tingkat perkembangan wilayah dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah.

3.Sumber daya Manusia

jika kita berbicara tentang sumber daya manusia memang tidak ada habis habisnya, di Indonesia yang merupakan negara yang berpenduduk banyak namun minim sumber daya. ini disebabkan karna minimnya pendidikan khususnya pada daerah yang terpencil maka dari itu untuk membangun sumber daya manusia perlu di tingkatkannya mutu pendidikan di Indonesia agar terwujud konservasi ang bereputasi.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang.#2

3 cara untuk mewujudkan universitas konservasi melalui jiwa konservasi moral #1

assalamualaikum Mahasiswa Unnes konservasi !!! ..
at the first time let me introduce my self my name is Eva Nurfitriani, i’m from English Department.
Well, cara membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi tiidaklah segampang kita membalikkan jempol kita, perlu adanya Niat,usaha,kerja keras,do’a dan yang paling penting adalah kerjasama. Namun jika kita telaah Rumah ilmu itu adalah tempat kita menimba pengetahuan dan wawasan kita,Univesitas Negeri Semarang merupakan universitas konservasi, dimana konservasi memiliki beberapa macam pembagiannya mulai dari konservasi alam,konservasi politik,konservasi sosial budaya dan konservasi moral dan lain lain. Nah kali ini saya akan membahas satu cabang konservasi tersebut yaitu konservasi moral. konservasi moral adalah upaya kita untuk mengatur atau memelihara tindakan kita secara bijaksana, tidak seenaknya saja melakukan tindakan sesuai dengan kehendak jiwa atau nafsu karena kita harus bisa tanamkan dahulu jiwa jiwa konservasi supaya dapat terwujudkan misi konservasi bereputasi.namun bagaimana caranya??
1.Ketahuilah bahwa Al-Qur’an merupakan petunjuk dalam Nilai nilai moral
“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya, Allah tidak me-nyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (Luqman :18)

Karenanya, tugas bagi orang yang beriman adalah menjalankan prinsip-prinsip mulia ini yang Allah telah tetapkan.

Akan tetapi, sekarang ini, orang-orang ber-iman tinggal bersama dalam masyarakat yang penuh dengan kekejian, di mana etika-etika moral dalam Al-Qur’an telah ditinggalkan. Untuk alasan itu, kita harus lebih berhati-hati melawan pengaruh buruk budaya yang menyesatkan ini. Mereka harus terus-menerus mengawasi diri mereka sendiri bersama masyarakat ini agar tidak terpengaruh oleh budaya merusak dan mereka dapat mengamalkan nilai-nilai moral Al-Qur’an.
2.. Tumbuhkan kepribadian Pancasila
Kepribadian bangsa Indonesia yang tercermin dalam sila-sila pancasila, harus ditampilkan secara jelas dalam kehidupan sehari-hari warga Negara. Dengan kata lain pancasila digunakan sebagai penunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan, baik dalam bidang ideologi ,politik, ekonomi, sosial,kebudayaan,dan pertahanan keamanan. Ini berarti bahwa semua tingkah laku dan tindakan atau perbuatan setiap manusia Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila pancasila
sehingga jiwa konservasi akan tumbuh dan dapat menjadi sebuah kebutuhan.

3.perintah bermukhasabah
Rasulullah SAW Bersabda :
“salah satu tanda orang yang dimurkai Allah adalah orang yang menghabiskan umurnya untuk perbuatan yang sia sia.Barang siapa umurnya melebihi 40 tahun sementara kebaikannya tidak mengungguli kejelekannya,maka hendaklah ia bersiap siap menuju ke neraka,

okey cukup sekian dulu yaah. insya allah di lain kesempatan kita lanjut lagi.
wabillahitaufik walhidayah walridlo wal inayah.wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang.” #1