Silabus Antropologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok
1.1 Memahami, menghargai, dan menerima  perbedaan kegiatan ritual  sebagai akibat  (implikasi)  dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan  yang dianut.  

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1 Menentukan sikap positif dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait dengan kesetaraan dan perubahan sosial budaya  dalam masyarakat multikultur.
2.2 Melestarikan nilai-nilai budaya  sehubungan dengan adanya dampak perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dan globalisasi.
2.3 Memiliki kebanggaan  terhadap nilai-nilai budaya bangsa sebagai warisan nenek moyang.
2.4 Memberikan apresiasi terhadap setiap hasil karya budaya bangsa.
3.1 Menganalisis berbagai masalah terkait dengan kesetaraan dan  hubungannya dengan perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK  dalam masyarakat multikultur. Kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya.
4.1 Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan terhadap berbagai  masalah  terkait dengan kesetaraan  dan  perubahan sosial-budaya dalam masyarakat multikultur.
3.2 Merumuskan langkah-langkah antisipatif pemecahan masalah  sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi. Proses globalisas dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya Indonesia.
4.2 Melakukan kajian literatur, diskusi, pengamatan lapangan, dan berperan aktif dalam upaya  pemecahan masalah  sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh  perkembangan IPTEK dan globalisasi.
3.3 Menemukan dan memilih strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi. Relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi  budaya.
4.3 Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan tentang  berbagai strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi.
3.4 Menerapkan  metode penelitian kualitatif sebagai ciri utama antropologi dalam menganalisis berbagai permasalahan sehubungan dengan perubahan sosoial-budaya, kesetaraan, perkembangan  IPTEK, dan globalisasi. Karya ilmiah dan metode penelitian antropologi.

 

4.4 Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) hasil penelitian kualitatif  sebagai ciri utama   antropologi dalam menganalisis berbagai topik  seperti:  budaya, tradisi, agama, religi/kepercayaan, perubahan sosial-budaya, kesetaraan, perkembangan  IPTEK, dan globalisasi.

Untuk lebih lengkapnya klik link ini : SILABUS MATA PELAJARAN ANTROPOLOGI XII

Tulisan ini dipublikasikan di Pembelajaran Antropologi SMA. Tandai permalink.

2 Responses to Silabus Antropologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013

  1. hai silabus, hai sifa,, ketemu lagi 😀
    Silabusnya sangat bermanfaat untuk dibaca haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: