Materi Antropologi kelas X: Internalisasi Nilai-nilai Budaya dalam Pembentukkan Kepribadian dan Karakter

karakter2Proses internalisasi merupakan proses penghayatan yang berlangsung sepanjang hidup individu mulai saat dilahirkan hingga akhir hayatnya. Dalam sepanjang hidupnya, seseorang terus belajar mengolah segala perasaan, hasrat, nafsu, dan emosi yang kemudian membentuk kepribadian. Melalui hubungan sosial yang terjalin antara individu dan kelompok, proses internalisasi terjadi pada diri seseorang.

Proses internalisasi pada dasarnya tidak hanya monoton didapat dari keluarga, melainkan dapat didapat dari lingkungan kita. Lingkungan yang dimaksud tersebut adalah lingkungan sosial. Secara tidak sadar kita telah dipengaruhi oleh berbagai tokoh masyarakat, seperti Pejabat, Guru, Kyai, dll. Dari situlah kita dapat memetik beberapa hal yang kita dapatkan dari mereka yang kemudian kita menjadikannya sebagai sebuah kepribadian dan kebudayaan kita. Kepribadian sendiri artinya adalah suatu gaya perilaku yang menetap dan secara khas dapat dikenali pada setiap individu. Sedangkan Karakter adalah budi pekerti yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antropologi kelas X: Budaya, Perwujudan, Unsur, Isi Atau Substansi Budaya, Dan Nilai Budaya

wayang

A.PENGERTIAN BUDAYA

1.Menurut Koentjaraningrat, Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.

2.Menurut Selo Soemardjan &Soelaiman Soemardi, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh, budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur meliputi banyak kegiatan sosial manusia.Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antropologi Kelas X: Konsep Dasar, Peran, Fungsi, Keterampilan Antropologi dalam Mengkaji Kesamaan dan Keberagaman Budaya, Agama, Religi, Kepercayaan, Tradisi dan Bahasa.

pengertian antropologi

A.Pengertian Antropologi

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antropologi kelas XI:Metode Etnografi Dan Manfaatnya Dalam Mencari Solusi Berbagai Permasalahan Sosial-Budaya

buku-tamu-wordpress

Etnografi berasal dari bahasa Yunani ethnos = rakyat dan graphia = tulisan, adalah strategi penelitian ilmiah yang sering digunakan dalam ilmu sosial, terutama dalam antropologi dan beberapa cabang sosiologi. Etnografi merupakan pelukisan dan analisis tentang kebudayaan suatu masyarakat atau suatu suku bangsa. Etnografi biasanya terdiri atas uraian terperinci mengenai aspek cara berperilaku dan cara berpikir yang sudah membaku pada orang yang dipelajari, berupa tulisan, foto, gambar, atau film yang berisi laporan atau deskripasi tersebut yang dipelaajari oleh ahli etnografi adalah unsur kebudayaan suatu masyarakat seperti bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian, sistem pengetahuan, dan religi Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antrologi Kelas XI:Perubahan Budaya Dan Melemahnya Nilai-Nilai Tradisional

gambar perub sosbud

Setiap masyarakat pasti akan mengalami perubahan. Perubahan budaya menekankan pada perubahan system nilai yang mengatur tingkah laku suatu masyarakat.Dalam hidupnya, manusia memiliki naluri untuk mengembangkan daerah kekuasaannya dengan melakukan migrasi atau perpindahan.Perpindahan tersebut berawal dari upaya manusia memenuhi kebutuhannya yang berkaitan dengan mata pencahariannya.Proses migrasi ini membawa dampak terhadap proses penyebaran kebudayaan dari satu daerah ke daerah lain.Dengan adanya migrasi (perpindahan manusia dari daerah satu ke daerah lain),maka terjadilah proses difusi,akulturasi,asimilasi,dan penetrasi budaya. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antropologi kelas XI:Keterkaitan antara Keberagaman Budaya, Bahasa Dialek, Tradisi Lisan dengan Kehidupan Masyarakat dalam Suatu Daerah

images keterkaitan budaya

Budaya menurut Koentjaraningrat adalah suatu sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dan kehidupan manusia dalam kehidupan masyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar.
Keberagaman budaya dapat menciptakan munculnya berbagai bahasa , dialek maupun tradisi lisan, keterkaitan bahasa dan dialek dalam masyarakat dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu yang pertama, ragam bahasa dalam masyarakat meliputi Dialek, Idiolek, ragam bahasa berdasarkan lingkungan sosial Ragam bahasa berdasarkan kelas sosial.Yang kedua Pengaruh bahasa dan dialek dalam masyarakat Bahasa daerah,Bahasa nasional,Bahasa pijin. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antropologi kelas XI:Persamaan dan perbedaan budaya,bahasa,dialek,tradisi lisan yang ada di masyarakat

images bahasa

Penggunaan Bahasa dan Dialek dalam Masyarakat Kehidupan bermasyarakat tidak akan lepas dari peranan bahasa yang digunakan oleh anggota-anggotanya. Bahasa sendiri banyak ragamnya, terkait dengan bermacam-macam kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat. Bahasa merupakan sarana yang digunakan manusia untuk mewariskan kebudayaan kepada generasi berikutnya. Tanpa bahasa, kebudayaan akan sulit diterjemahkan dan diterima oleh generasi penerus karenanya bahasa bersifat simbolis. Hal tersebut mengandung arti bahwa melalui bahasa, suatu perkataan dapat melambangkan arti apapun, meskipun hal atau benda yang dilambangkan oleh kata tersebut tidak ada. Kebudayaan sendiri merupakan proses hasil belajar, di mana bahasa berperan vital di dalamnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahasa memiliki peran sebagai cara atau alat bagi orangtua dalam mewariskan kebudayaan dan bagi anak sebagai cara atau alat untuk mempelajari kebudayaan tersebut. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Antropologi Kelas XI:Pemetaan budaya,masyarakat pengguna bahasa dialek,dan tradisi lisan disuatu daerah dan nusantara

gbr dialek

Indonesia merupakan negara yang multikulturalisme yang beragam dan bersifat unik baik dari kebudayaan,agama,ras,bahasa.Bahasa bersifat simbolis, artinya suatu perkataan mampu melambangkan arti apapun,walaupun hal atau barang yang dilambangkan tidak hadir.Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi,sebagai alat ekspresi,sebagai alat untuk adaptasi dan integrasi sosial,bahasa juga dapat digunakan sebagai pemersatu maksudnya walaupun di indonesia memiliki perbedaan dan persamaan bahasa maupun dialek dapat menggunakan bahasa indonesia untuk memudahkan komunikasi antara satu sama lain. Disetiap daerah tentunya memiliki bahasa dan dialek yang berbeda dan beragam yang menunjukkan ciri khas dari daerah masing-masing. Dialek adalah variasi dari sekelompok penutur yang jumlahnya relatif yang berada pada sutu tempat, wilayah, atau area tertentu. Dengan kata lain, dialek adalah karagaman cara pengucapan atau gaya penggunaan bahasa.Perbedaan dialek dapat disebabkan karena perbedaan asal daerah dan perbedaan status sosial. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Silabus Antropologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | 2 Komentar

Silabus Antropologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Pembelajaran Antropologi SMA | Tinggalkan komentar