SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Silabus Antropologi kelas XII
November 28th, 2015 by Faradhina Andriyani

SILABUS MATA PELAJARAN: ANTROPOLOGI

(PEMINATAN BAHASA)

Satuan Pendidikan         : SMA

Kelas /Semester            : XII /1-2

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Memahami, menghargai, dan menerima perbedaan kegiatan ritual sebagai akibat (implikasi)   dari keberagaman ajaran agama,religi/kepercayaan yang dianut.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1  Menentukan sikap positif dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait   dengan kesetaraan dan perubahan sosial budaya dalam masyarakat multikultur
2.2  Melestarikan nilai-nilai budaya sehubungan dengan adanya dampak perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dan globalisasi.
2.3  Memiliki kebanggaan terhadap nilai-nilai budaya bangsa sebagai warisan nenek moyang
2.4 Memberikan apresiasi terhadap setiap hasil karya budaya bangsa.
3.1    Menganalisis berbagai masalah terkait dengan kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dalam masyarakat multikultur Kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya: Mengamati:

Mendiskusikan konsep kesetaraan   dan hubungan dengan perubahan sosial-budaya melalui contoh-contoh yang diamati dari lingkungan setempat.

 

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial, misalnya emansipasi, kesetaraan gender, persamaan hak, keadilan

 

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi dan berperan aktif dalam menumbuhkan sikap positif berkaitan dengan berbagai persoalan tentang kesetaraan, keadilan dalam kondisi masyarakat yang selalu berubah.

 

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara   konsep atau pemikiran para ahli dengan kenyataan yang ada di masayarakat terkait dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok tentang kesetaraan, emansipasi, persamaan hak, dan keadilan

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya:yang ada di masyarakat setempat.

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang   pengertian konsep kesetaraan dan hubngannya dengan perubahan sosial budaya

.

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

 

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam melakukan penelitian sederhana dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

 

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pengertian dan konsep kesetaraan, emansipasi, persamaan hak, keadilan dan hubungannya dengan perubahan sosial-budaya

 

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya mempertahankan nilai-nilai luhur sebagai alat untuk menyaring pengaruh budaya luar

 

8 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.1 Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan terhadap berbagai masalah terkait dengan kesetaraan dan perubahan sosial-budaya dalam masyarakat multikultur
3.2    Merumuskan langkah-langkah antisipatif pemecahan masalah   sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi Proses globalisas dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia Mengamati:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi dalam masyarakat dengan   menggunakan contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.

 

Menanya:

Mendiskusikan berbagai persoalan untuk mempertanyakan beberapa hasil kajian dan pendapat para ahli terkait dengan prosses

globalisasi (pengertian, penyebab, dampak) dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia

 

Mengeksplorasi:

Melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian dan pengamatan lapangan untuk menemukan berbagai alternatif tindakan atau sikap positif dalam upaya memperkuat jati diri dan peningkatan daya saing dalam menghadapi proses globalisasi

 

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan   fenomena yang terjadi di masyarakat setempat terkait dengan arus globalisasi .

 

Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif terkait dengan adanya globalisasi sebagai dampak dari perkembangan IPTEK

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang proses globalisasi dan pengaruhnya terhadap budaya setempat

 

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang   pengertian, faktor yang mempengaruhi,   dampak dan dampak globalisasi: dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia

.

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab, disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

 

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam melakukan penelitian sederhana dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

 

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pengertian, faktor yang mempengaruhi, dampak dan dampak g lobalisasi: dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia

 

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya menghayati, menghargai dan menerapkan nilai-nilai budaya Indonesia sebagai bentuk rasa syukur menjadi warga negara Indonesia

 

 

8 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.2    Melakukan kajian literatur, diskusi, pengamatan lapangan, dan berperan aktif dalam upaya pemecahan masalah sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi

 

3.3    Menemukan dan memilih strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi Relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi budaya Mengamati:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang   bagaimana upaya kita dalam meningkatkan ketahanan budaya namun kita tetap mampu berperan aktif dalam perkembangan peradaan dunia

 

Menanya:

Menidkusikan berbagai persoalan untuk mempertanyakan beberapa hasil kajian dan pendapat para ahli relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi budaya

 

Mengeksplorasi:

Melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian dan pengamatan lapangan untuk menemukan berbagai alternatif tindakan atau sikap positif dalam memahami arti relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi budaya

 

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan   fenomena yang terjadi di masyarakat setempat terkait dengan proses asimilasi budaya.

 

Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif dalam   upaya mengkatan ketahanan budaya, misalnya dengan menghargai nilai-nilai budaya lokal, menggunakan produk ldalam negeri, dan mempromosikan keunggulan-keunggulan lokal yang dimiliki daerah setempat.

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang bagaimana meningkatkan ketahanan budaya dalam menghadapi perubahan peradaban dunia.

 

Tugas:

 

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang   pengertian, faktor yang mempengaruhi serta dampak adanya ketahanan budaya di era globalisasi.

 

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

 

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam melakukan penelitian sederhana dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

 

 

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pengertian, pengertian, faktor yang mempengaruhi serta dampak adanya ketahanan budaya di era globalisasi

 

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya menghargai nilai-nilai budaya Indonesia sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap Tuhan

 

8 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.3 Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan tentang berbagai strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.4    Menerapkan metode penelitian kualitatif sebagai ciri utama antropologi dalam menganalisis berbagai permasalahan sehubungan dengan perubahan sosoial-budaya, kesetaraan, perkembangan IPTEK, dan globalisasi Karya klmiah dan Metode penelitian antropologi

 

Mengamati:

Melakukan kajian literatur, diskusi   tentang metodedan teknik penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi

 

Menanya:

Melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian antropologi dan mendiskusikan tentang metode, teknik, kesimpulan, dan manfaat penelitian antropologi dalam mensukseskan pembangunan

 

Mengeksplorasi

Menyusun rancangan penelitian antropologi   tentang keunikan, keberagaman, kesamaan dan perubahan sosial, perkembangan IPTEK dan globalisasi yang terjadi dalam masyarakat setempat (menetapkan tema, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instruen, dan menulis laporan).

 

Mengasosiasi:

Melakukan penelitian antropologi   dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen tentang berbgai topik aktual seperti: keunikan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan, perubahan sosial-budaya yang ada atau terjadi di lingkungan masyarakat setempat

 

Mengkomunikasikan:

Menyusun karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian/kajian antropologis dan mengkomunikasikan atau menyajikannya dalam bentuk laporan/ artikel/ulasan, dan bahan presentasi/ audio-visual dan sebagainya.

 

Mempersiapkan transparansi dan presentasi   hasil laporan dalam berbagai bentuk, seperti: laporan tertulis, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang   metode penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi .

 

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

 

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam melakukan penelitian sederhana dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

 

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang metode penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi

 

Refleksi (self asssessment):

Menghargai nilai-nilai budaya Indonesia sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

 

6 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.4 Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) hasil penelitian kualitatif sebagai ciri utama   antropologi dalam menganalisis berbagai topik seperti: budaya, tradisi, agama, religi/kepercayaan, perubahan sosial-budaya, kesetaraan, perkembangan   IPTEK, dan globalisasi

 

 


One Response  
Leave a Reply

http://blog.unnes.ac.id/faradhina08/2015/11/28/silabus-antropologi-kelas-xii/You must be logged in to post a comment.

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar