“Mengobati jerawat memerlukan waktu, komitmen, serta ketekunan, karena tak ada obat ajaib yang dapat mengembalikan kulit bersih kembali dalam semalam. Sementara kita melawan jerawat, wajar bila kita ingin tetap tampil sempurna. Jadi ayo kita ber-make up tanpa  mengganggu usaha kita dalam memerangi jerawat, yang justru akan terasa nyaman yaitu dengan menggunakan produk dan teknik yang tidak akan memperlambat proses penyembuhan jerawat anda. ” Dr. Agnes P. Olszewski, CEO Herborium Group, Inc.Berikut 7 langkah ber-make up bagi anda yang memiliki kulit wajah yang rentan jerawat, yang dikutip dari situs www.acneease.com.
1. Make Up Minimalis

Selalu memilih gaya ber-make up minimalis, dan pilih make up yang terbuat dari bahan-bahan alami. Banyak kosmetik yang beredar ternyata mengandung banyak bahan kimia beracun, yang dapat menyebabkan kanker atau penyakit lainnya jika digunakan terus menerus. Selain itu, kosmetik yang mengandung bahan kimia dapat menghambat proses pengobatan jerawat
2. Pelembab

Gunakan pelembab yang alami, ringan, serta non-comedogenic sehingga foundation akan menempel sempurna di kulit wajah anda, serta terlihat segar. Oleskan pada wajah sekitar 5-10 menit sebelum anda menggunakan foundation.
3. Foundation
Pilih foundation yang cocok untuk kulit wajah anda. Tak masalah krim ataupun cair, selama tidak mengandung minyak, parafin, atau bahan comedogenic lainnya. Hal yang penting lainnya, jangan menggunakannya terlalu tebal untuk menutupi noda atau jerawat.
4. Concealer
Setelah menggunakan foundation, gunakan concealer krim (sewarna dengan foundation) yang cocok dengan kulit wajah anda untuk menutupi noda dan jerawat anda. Jika ada bercak mecah, gunakan corrector berwarna hijau sebelum concealer. Untuk bintik hitam pada kulit wajah yang gelap gunakan corrector berwarna peach.Untuk hasil maksimal, gunakan kuas berbahan nilon. Jika anda menggunakan concealer untuk lingkaran di bawah mata, gunakan concealer dengan warna yang setingkat lebih terang dari warna kulit wajah anda.
5. Bedak
Gunakan bedak hanya jika pada wajah anda terdapat area yang mengkilap. Kalau tidak, maka tak perlu. Jika ingin menggunakan blush on, pilih yang berwarna light dust dan hanya usapkan pada pipi saja. Agar tahan lama, gunakan blush on setelah bedak.
6. Eyeshadow dan Maskara
Untuk mencerahkan mata, gunakan eyeshadow dibagian kelopak dan sudut mata anda. Agar tampil maksimal, kombinasikan warna dengan tepat pemilihan warna pada kelopak dan sudut mata, dan pertimbangkan juga warna yang sesuai untuk warna kulit wajah anda. Sebagai langkah akhir merias mata anda, gunakan maskara berwarna hitam atau coklat, untuk membuat mata anda terlihat lebih hidup.
7. Lipstik
Ulaskan lipstik yang berwarna terang atau netral, lalu tambahkan ulaskan lip-gloss setelahnya.

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas