rektor bersepeda,lalu mahasiswa kapan? Kebiasaan ini mulai pudar #saveearth

rektor bersepeda,lalu mahasiswa kapan?
Kebiasaan ini mulai pudar #saveearth

8 Alasan Indonesia Harus Beralih Menggunakan Kendaraan Antipolusi

Ini pendapat-pendapat saya tentang perlunya sepeda di Indonesia. Dan alasan menganggap sepeda lebih baik dari kendaraan lainnya jika dinilai dari beberapa aspek.

  1. Mengurangi polusi udara

Sepeda adalah kendaraan yang ramah lingkungan, karena tidak membuang zat sisa ke lingkungan, seperti kendaraan bermotor. Bayangkan saja jika dalam sehari, aktivitas kendaraan bermotor diminimalisir hingga 50% pasti perbedaannya akan sangat kentara saat kita merasakan udara yang lebih sejuk di pagi hari yang sibuk.

  1. Mengurangi macet

Yang ini sudah tentu, 98% pembaca pasti sudah pernah mengalami traffic jam. Apalagi saat pagi hari, dimana orang yang sibuk berangkat sekolah, kerja, dan lain-lain asik berkumpul di jalanan memenuhi sebagian besar pelosok jalan raya. Bila kita menggantinya dengan sepeda, alangkah menyeangkannya jalan raya ini.

  1. Menghemat BBM

Tentu, karena sepeda tidak memerlukan bahan bakar minyak. Hanya memerlukan bahan bakar dari otot kita saja hahaha xD (baca: bahan bakarnya nasi). Untuk nomor  1,2, dan 3 ini saling berakitan, terutama saat terjadi macet. Logikanya, saat kita terkena macet dengan mengendarai kendaraan bermesin, kita sudah kehilangan waktu, boros BBM, yang padahal hanya menyebabkan polusi udara. Benar tidak?

  1. Meningkatkan kualitas kesehatan

Yang ini.. Mungkin sedikit relatif. Kalau kita tahu bagaimana tata cara bersepeda dengan baik, ya kesehatan bisa meningkat. Tapi kalau kita tidak tahu apa yang sebaiknya dilakukan sebelum, saat, dan sesudah bersepeda, mungkin kebiasaan bersepeda kita akan menimbulkan masalah pada tubuh.

Contoh :  Sebelum bersepeda hendaknya melakukan pemanasan, untuk mencegah kemungkinan cidera. Lalu saat bersepeda pwrhatikan keselamatan. Sehabis bersepeda jangan menekuk kaki karena bisa menyebabkan varises. Juga usahakan untuk tidak meminum minuman yang dingin karena dapat mengurangi massa otot, dan lain-lain

  1. Mudah dikendalikan

Ya, mudah dikendalikan, menyenangkan bukan. Apalagi saat kita sudah terbiasa dengan sepeda yang kita naiki, rasanya seperti mempunyai teman seperjuangan haha

  1. Murah

Tentu, mayoritas sepeda memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding kendaraan bermesin, ya karena sepeda tidak menggunakan mesin.

  1. Hemat biaya

Hemat biaya perawatan, karena tak perlu sering diservis, hanya butuh sering dicuci.

  1. Menyelamatkan perekonomian

Yang ini lebih kompleks. Kalau dilihat-lihat, merek sepeda motor dan mobil di Indonesia adalah buatan luar negeri semua (sepeda juga hampir sama sih), iya nggak? Honda, Yamaha, Kawasaki, Daihatsu, Xenia, Avanza, dll lah. Nah secara tidak langsung, kita telah menjadi sasaran pemasaran produk luar negeri tersebut. Bayangkan saja jutaan sepeda motor dan mobil yang mereka jual di Indonesia pasti menghasilkan laba yang sangat besar bagi mereka. Dan Indonesia, malah semakin ketergantungan pada produk mereka. Apalagi di tahun 2015 ini dibuka sistem pasar bebas di ASEAN. Dan kabarnya di akhir ahun 2015 ini akan ada banyak orang Jepang yang datang ke Indonesia, apakah ini sistem penjajahan baru? Melalui kancah ekonomi? Entahlah, saya juga tidak mau mengada-ada.

Tapi, kalau saja orang-orang Indonesia mau berkreasi dengan sepeda, seperti membuat sepeda dengan kenyamanan dan kecanggihan tingkat tinggi, mungkin kita bisa menciptakan produk dalam negeri yang bagus. Jadi tidak perlu bergantung pada produk negara lain, sementara Indonesia belum bisa menciptakan kendaraan bermesin sendiri dalam jumlah yang  cukup untuk penduduk Indonesia.

Itu dia beberapa alasan yang menurut saya penting untuk Indonesia beralih menggunakan kendaraan anti polusi, mengingat kepadatan penduduk di Indonesia (terutama pulau Jawa) juga tinggi. Berbagi link dengan https://aldemahesy.blogspot.co.id/2016/01/8-alasan-indonesia-harus-beralih.html

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas