Puluhan Anggota PKPT IPNU IPPNU Unnes Ramaikan Ansor Bersholawat PAC Gunungpati

September 10th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

Semarang – Puluhan anggota PKPT IPNU IPPNU Unnes hadir di lapangan Banaran, Gunungpati dalam rangka memeriahkan Ansor Bersholawat dan Pelantikan PAC GP ANSOR Kecamatan Gunungpati, Semarang pada Sabtu (9/9) malam.

Para kader PKPT Unnes membaur bersama santri – santriwati PP Durrotu Aswaja, para kkader Ansor – Banser, mahasiswa, dan masyarakat yang hadir.

Acara sholawat diisi oleh grup hadroh BANSER Kota Semarang. Sentara itu Pelantikan pengurus PAC GP Ansor Gunungpati dilakukan langsung oleh Ketua Cabang GP Ansor Kota Semarang, Drs. Solkhan dan disaksikan oleh pimpinan MWC NU Gunungpati serta PCNU Kota Semarang.

Ketua MWC NU Gunungpati, KH Idris Imron dalam sambutannya mengajak para kader NU, mulai dari Muslimat, Fatayat, Ansor Banser, hingga IPNU IPPNU untuk bersama-sama menjaga Nahdlatul Ulama salah satunya dengan mengikuti selapanan MWC NU.

“Selapanan ini untuk nahdliyin, semuanya boleh datang” ujarnya.

Sementara itu Kyai Abu Khoiri selaku perwakilan dari PCNU Kota Semarang berpesan kepada para kader NU untuk ikut serta dalam PKPNU 6 PC NU Kota Semarang yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

“Tahun 1926 kyai kita sudah menetapkan bahwa bumi itu bulat, jauh sebelum NASA mengakui  bumi bulat. Fakta fakta luar seperti itu banyak akan kita dapatkan di PKPNU, mari yang belum ikut PKPNU untuk ikut di PKPNU yang ke VI” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga diisi dengan mauidloh hasanah yang disampaikan oleh Abah Santri dari Kendal. Beliau menyampaikan beberapa hal yang menjadi alasan mengapa mencintai Rosulullah SAW, yaitu :

1. Rosulullah adalah wujud dari Rohman Rohim Allah kepada makhluk
2. Rosulullah memunyai mukjizat Al Qur’an, mukjizat nyata bisa kita rasakan sampai saat ini
3. Rosulullah sekolahnya tidak ada yang menandingi, Rosulullah sekolah hingga langit ketujuh, Allah langsung yang mengajarinya, Rosulullah menghadap langsung pada Allah.
4. Rosulullah SAW hanya satu-satunya yang bertanggungjawab pada umatnya, selalu mementingkan umatnya, diberi Allah seringkali menolak, hanya satu permintaannya kepada Allah yaitu memberi syafaat pada umatnya.

Selain itu Abah Santri juga berpesan untuk tidak mudah marah.

“dadi wong NU ojo nesunan, ono sing ngeloke yo ben, ibarat ati iku kandhang, mulut iku lawang, dadi nek ono mulut muni elek berarti sek ngomong iku luwih elek, lha wong kandhange” ungkapnya.

 

Diskusi IPNU Unnes : Menentukan Pemimpin

September 9th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

Semarang – Diskusi PKPT Unnes kembali digelar dengan tema memilih ketua. Acara digelar pada Kamis (7/9) malam di Kos NU Putra.

Diskusi berjalan menarik dengan perbedaan pendapat antara pemimpin muda dan pemimpin tua.

Pemimpin muda dianggap lebih tepat karena akan memberikan kesempatan pemuda untuk mendapatkan pengalaman yang baik untuk kemajuan generasi selanjutnya. Adanya tokoh tua ataupun tokoh senior tidak perlu untuk menjadi pimpinan, cukup berperan sebagai pembimbing dan pengarah.

Namun anggapan itu tidak begitu saja diterima. Pimpinan yang muda dinilai kurang baik, karena nantinya pasti akan timbul rasa sungkan terhadap yang lebih sepuh atau senior. Pimpinan yang lebih tua akan dapat mengontrol yang lain. Lebih memiliki bekal untuk menjalankan amanah.

Pada akhirnya sampailah pada titik temu bahwa pimpinan haruslah pandai mempengaruhi orang lain untuk menjalankan kebaikan yang dicanangkan. Pemimpin harus munculkan rasa kesediannya untuk menjadi pemimpin. Tidak melihat apakah itu tua dan juga muda.

Diskusi tersebut dihadiri oleh para pengurus IPNU Unnes lintas departemen, yaitu kaderisasi, pendidikan dakwah, pengurus harian, dan anak kosariat. Selain itu juga dihadiri oleh mahasiswa baru dan para penghuni Kos NU.

IPNU IPPNU Unnes Gerakkan Yasin Tahlil Berjamaah

September 7th, 2017 by Farid Nur Rohman 1 comment »

Semarang ~ Kegiatan Yasin Tahlil berjamaah kembali dirutinkan oleh PKPT IPNU IPPNU UNNES. Kegiatan ini mulai dilaksanakan di Kos NU Putra yang beralamatkan di Jalan Taman Siswa No. 70 Banaran Sekaran Unnes pada Kamis (7/9) malam.

Kegiatan pada kesempatan ini diikuti oleh para penghuni Kos NU Putra, Kos NU Putri, dan para pengurus IPNU IPPNU Unnes. Acara ini bersifat umum dan terbuka untuk semua mahasiswa.

Menurut Ridlo, Kadep Kaderisasi IPNU Unnes, menjelaskan bahwa agenda Yasin Tahlil berjamaah ini sebagai wujud dari birul walidain kita kepada orang tua.

“Walaupun diperantauan kita harus selalu ingat kepada orang tua. Kita dengan acara seperti ini kita berdoa untuk orang tua kita, baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal.” ucapnya.

Menurut Farid, Dept Pendidikan dan Dakwah IPNU Unnes, Yasin Tahlil berjamaah merupakan wujud kita nguri – nguri tradisi nahdliyin di lingkungan yang baru.

“Mahasiswa kini jarang sekali yang menjalankan tradisi – tradisi NU yang sebelumnya dijalankan di rumah, Yasinan dan tahlilan contohnya, mahasiswa di Kos sangat jarang kita temui melaksanakannya lagi secara berjamaah, justru malah banyak yang mulai meninggalkan, kita menjalankan di Kos NU ini harapannya bisa menyebar di Kos Kos yang lain, dan memunculkan kos kos NU yang lain” ujarnya.

Kos NU, Ngekos Tetep Ngaji

September 5th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

Pembacaan Tahlil dan Sholawat pada Jumat (25/8) oleh para anggota PKPT IPNU IPPNU UNNES mengawali program Kos NU di Jalan Taman Siswa No.70 Banaran, Sekaran, Unnes.

Dengan disponsori ICE MIX – Segarnya luar biasa | acara di Kos Milik Bpk Sobirin (Ketua NU Banaran) ini menjadi penanda dimulainya berbagai kegiatan ke NU an di Kos NU.

Kos NU merupakan program dari IPNU IPPNU UNNES untuk menghidupkan tradisi – tradisi keagamaan ala nahdliyin di kalangan mahasiswa Unnes terkhusus bagi para penghuni Kos.

Bpk Sobirin selaku Ketua NU Banaran sangat mendukung adanya program tersebut dan sangat berharap agar di Kos Kos nantinya tidak hanya untuk istirahat saja tetapi juga ada kegiatan – kegiatan yang positif dan bernilai ibadah. Bentuk dukungan beliau yaitu dengan mengizinkan Kos milik beliau untuk dijadikan tempat awal Ipnu Ippnu Unnes menjalankan program ini.

Ketua IPNU Unnes, M. Irfan Khamid memberikan arahan kepada para pengurus dan anggotanya untuk bisa memanfaatkan adanya Kos NU ini dengan baik. Kos NU ini nantinya bisa dijadikan tempat berkumpul dan bersilaturahim antar pengurus sekaligus membahas langkah langkah agenda yang akan berlangsung.

Di Kos NU ini nantinya akan diselenggarakan pengajian rutin dan juga Yasin – Tahlil bersama di setiap malam Jum’at. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan untuk diadakan berbagai agenda lain disini seperti diskusi, simaan Qur’an, dll.

Dengan adanya Kos NU kedepannya diharapkan para mahasiswa bisa tetap melanjutkan kebiasaan positif di rumah seperti Sholawat, Maulid, Mujahadah, Yasin-Tahlil dll. Mengingat pada era sekarang ini mahasiswa cenderung ingin bebas berekspresi dan mulai meninggalkan tradisi – tradisi yang sebelumnya sudah bisa dilaksanakan di rumah.

Nguri-nguri tradisi keagamaan ala nahdliyin sudah menjadi tanggung jawab bersama. Mari kita sukseskan program Kos NU dengan selalu berkontribusi seoptimal mungkin dalam setiap agenda yang dijalankan.

Mujahadah Kubro Mengawali Masa Perkuliahan

September 5th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »


 

Semarang – PKPT IPNU IPPNU UNNES menyelenggarakan mujahadah kubro sebagai tirakat awal masa perkuliahan pada Sabtu (26/8) malam.

Mujahadah ini diselenggarakan di Masjid Fakultas Ilmu Soasial bersamaan dengan agenda Kajian Ilmu Agama Islam (KIAI) yang telah menjadi kegiatan rutinan dari Ipnu Ippnu Unnes.

Adapun tema yang diangkat yaitu “Doa Awal Perkuliahan, Gerakan Mengetuk Pintu Langit”.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Syibanul Wathon, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, Ratibul Hadad, Sholawat Thoriqiah, dan Mauidloh Hasanah serta Doa.

Dalam kesempatan tersebut Kyai Tsamroni Abdulloh berpesan bahwa orang Nu di kampus haruslah terus bersatu, menjalin silaturahmi dengan berbagai kegiatan agama yang positif dengan berbagai wadah organisasi.

Acarane IPNU sek teko bocah iki, acarane Remo sek yo cah cah iki meneh, acara JMA yo podo wae cah cah iki neh. Jarang wong sek gelem ngene iki, dari puluhan ribu mahasiswa unnes hanya 5 persen yang mau ngaji seperti ini, jadi kita semua harus terus bersatu” Kyai Tsamroni menyampaikan.

Dari acara mujahadah ini diharapkan mahasiswa dapat menjalankan kewajiban kuliah dengan baik dan tidak meninggalkan kewajibannya kepada Yang Maha Kuasa sehingga mendapatkan prestasi / hasil yang memuaskan.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa unnes pada umumnya dan juga dari perwakilan organisasi UKM Remo, Pmii, JMA, Qolbun Salim, dll.

Acara bertambah meriah dengan penampilan dari UKM Rebana Modern Unnes dan Adduroh Durrotu Aswaja.

Berlangsunya kegiatan ini juga disponsori oleh ICE MIX – Minuman Buah Segar

Selamat Datang di UNNES, Ayo Kuliah dan Ngaji tanpa Paham Radikal

Mei 17th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

SELAMAT DATANG para pemuda harapan orang tua, masyarakat, agama, bangsa dan negara di kampus konservasi bereputasi Internasional. Sudah saatnya untuk kita mandiri, jauh dari orang tua. Sekarang mau tidak mau kita harus berpisah untuk sementara waktu dengan mereka, orang-orang di dekat kita menuju suasana yang baru. Kita boleh memilih suasana baru yang sesuai keininan kita, di Unnes kita ditawarkan tempat tinggal yang beranekaragam, ada pondok pesantren, kos-kosan, kontrakan, hingga asrama. Di lingkungan yang baru ini seringkali muncul permasalahan dan kekhawatiran, mulai dari barang-barang yang hilang, tidak kondusif, hingga pengaruh paham – paham radikal. Maka objektiflah dalam memilih.

🤗🤗🤗🤗🤗🤗🤗🤗🤗

♻ Cari info Pondok/Kost yang aman, nyaman dan kondusif?
Sudah tidak diragukan aman dari faham radikal
Berdedikasi, ramah dan sesuai dengan ajaran islam *Ahlussunnah Wal Jamaah*
Let’s Join…👇😉
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

🏡🏡🏡🏡🏡🏡🏡🏡🏡🏡

📚 KULIAH *YES*
📖 NGAJI ( Qur’an & Kitab) *YES*
👭 BERJIWA SOSIAL *YES*
👩🏻‍🎓👨🏻‍🎓 BERPRESTASI *YES*
🌈 MULTITALENT *YES*
🏡TAHLILAN, ROWATIB, SHOLAWATAN dll *YES*
🕌 TAWAKAL *YES*

Berminat?😉😉😉

*DAFTAR PONDOK PESANTREN*

🏡 PONPES DURROTU ASWAJA
Ponpes Durrotu Ahlussunnah Waljamaah menerima santri baru, terbuka untuk putra dan putri. Lokasi Ponpes sangat dekat dengan Kampus Unnes, kurang lebih hanya 100 meter dari kampus, merupakan ponpes terdekat dengan Unnes. Hampir seluruh santrinya (99,5%) adalah mahasiswa-mahasiswi UNNES. Info lebih lanjut bisa hub. 0838-6148-6276 (Zuhdi) atau KLIK DISINI

🏡 PONPES ASSABIILA
Pondok Pesantren Assabila merupakan ponpes khusus untuk putri saja. Seluruh santrinya adalah mahasiswi. Beralamat di Jln TRaya Patemon, Gg Kedawung I, Kelurahan Patemon, kurang lebih 1,5 KM dari kampus Unnes. Ponpes ini memiliki 26 kamar yang siap mengantarkan kalian menjadi mahasiswi yang berakhlak mulia. Info lebih lanjut4 bisa hub. 0858-7542-2550 (Afifah) atau KLIK DISINI

🏡 PONPES AL-ASROR
Pondok pesantren ini berada kurang lebih 2 KM dari kampus UNNES. Tersedia pondok putra, pondok putri, dan pondok Khusus Hifdzil Qur’an (HQ Al Asror). Disini kita akan berjumpa dengan adik-adik MTs dan SMK, karena selain ponpes, Yayasan Al Asror juga memiliki MTs Al Asror dan MA Al Asror. Info lebih lanjut hub. 0857-7599-8207 (Kamalia)

🏡 MIFTAHURRAHMATILLAH
PP. MIFTAHU ROHMATILLAH adalah pondok pesantren yang dirintis dan diasuh oleh Drs. K. Subkhi  sejak tahun 2009, bertempat di Jl. Raya Patemon Rt 03 Rw  IV, Gunung Pati, Semarang 50228, (masih di kawasan UNNES), Pesantren MIFTAHU ROHMATILLAH di bawah payung hukum “YAYASAN MIFTAHURROHMATILLAH” dengan akte Notaris: Nomor 36/ 28 April 2009. Karena Pondok  berada dikawasan kampus jadi mayoritas santri adalah juga mahasiswa UNNES. Jaraknya dari kampus kira-kira 1,5 KM. Info hub. 0856-4097-0396 (Eza)

🏡 AL-USWAH
Pondok Pesantren Al – Uswah Semarang menerima pendaftaran santri dan siswa baru periode 2016-2017. Al – Uswah memiliki SMP dan SMA Islam Terpadu yang merupakan sekolah perpaduan antara ilmu agama dan umum. Jika dari Unnes jaraknya sekitar 5,7 KM. Info dapat datang langsung ke Pon.Pes. Al – Uswah: Jalan Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang Telp. 024 – 76 921 594 atau 085 103 224 300 atau 085 107 244 300. atau klik https://aluswahsemarang.wordpress.com/

🏡 HUSNUL KHOTIMAH
Pondok Pesantren Husnul Khotimah adalah salah satu dari pondok pesantren putra putri yang beralamat di Jalan Anugerah Raya No. 35 Rt 04 Rw 03 Ngijo Gunungpati Semarang yang tetap mempertahankan sistem salaf, yakni mengajarkan Al-Qur’an, Al Hadits, Ilmu Alat, Shorof, dll. ala Ahlu Sunnah Waljama’ah di dalam wadah NU. Jarak dari Unnes kira-kira adalah 4 KM. Info hub. 0857-9978-2896 / 085290470046

🏡 SUNAN GUNUNG JATI BA’ALAWY
Berjarak sekitar 8 KM dari kampus UNNES. Ciri khas Pesantren Sunan Gunung Jati bisa dilihat dari bentuk bangunan yang menyatu dengan alam. Kediaman kiai, mushalla, dan bangunan pesantren lain terbuat dari kayu. Ada pula gazebo di sekitar pesantren.  Di bawah asuhan KH Muhammad Masroni pesantren ini mulai dirintis pada 2008. Sebagaimana umumnya pesantren, Pesantren Sunan Gunung Jati ini bervisi misi mengembalikan Islam kepada ajaran ulama salaf, tanpa menolak hal-hal modern. Menurut cerita Kiai Masroni, sebenarnya pendirian pesantren ini merupakan perintah dari gurunya Habib Muhammad Lutfi bin Yahya (Rais Aam Idarah Aliyah Jam’iyyah Ahli Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah/Jatman). Hal itu bermula saat Kiai Masroni meminta izin pindah ke Kalimantan Timur menjalankan tugas sebagai abdi negara. Saat sowan pamitan kepada sang guru, tak disangka sang guru tak memberikan izin, malah diperintah untuk pindah ke Gunungpati. Info Hub.0857-1311-2133 (Ana)

🏡 KOS NU

Di dunia kampus ini bany7ak sekali paham-paham yang berbeda dengan NU. Bahkan ada pula paham radikal yang mulai merebak, kami siap membantu rekan-rekan semua untuk memilih kos y7ang terbaik.  Hub. 0857-1364-5104 (Avivah-PKPT IPNU IPPNU Unnes)

Mau tau biaya bulanan/tahunan atau Kegiatan atau lainnya???
Hubungi No.HP terkait _*Menjalin Persaudaraan dengan Silaturrahim*_

Yuk, menjadi generasi yang cerdas, tanggap dan berbudi pekerti luhur.

*Menjaga Tradisi Penuh Prestasi*

_Usaha Maksimal, Doa Maksimal, Jangan Lupa Tawakkal_

Penerimaan Santri Baru Ponpes Durrotu Aswaja 2017

Mei 13th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

Penerimaan Santri Baru Ponpes Durrotu Aswaja UNNES

Penerimaan Santri Baru

Tahun ajaran 1438-1439 H / 2017-2018 M

KETENTUAN DAN SYARAT PENDAFTARAN

Ketentuan Umum

  1. Menghadap Pengasuh Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunah Waljama’ah dengan diantar oleh wali atau wakil wali
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran
  3. Membawa 2 foto diri terbaru (3×4) & Membawa fotokopi KTP/SIM
  4. Membayar biaya administrasi (sebagian/lunas)
  5. Beritikad baik dan sanggup melaksanakan semua peraturan dan tata tertib Pondok Pesantren dan/atau madrasah yang berkenan dengannya
  6. Mengikuti seluruh serangkain penerimaan santri baru :
  • Masa Ta’aruf Santri (Masta)
  • Sumpah santri
  • Studium General
  • Tes Masuk Madrasah Diniyyah

Jalur Pendaftaran

Penerimaan santri baru Ponpes Durrotu Aswaja tahun 2017  menggunakan 2 jalur pendaftaran :

  1. Jalur online
    (formulir bisa di cek di  http://durrotuaswaja.net/pendaftaran-online/ ) dan menghubungi panitia penerimaan santri baru.
  2. Jalur offline
    Calon santri baru dapat langsung datang ke Ponpes Durrotu Aswaja Jl. Kalimasada Gg. Abimanyu II No. 10 RT 08 RW 05 Banaran Sekaran Gunungpati Semarang 50229 (sebelah utara kampus UNNES)

Biaya Pendaftaran

Adapun biaya pendaftaran untuk tahun periode 1438-1439 H. adalah sebagai berikut:

NO    RINCIAN                                                                       BIAYA

01     Administrasi                                                                Rp 30.000

02     Kalender 2018 (2 eks)                                                Rp 50.000

03     Pengembangan Madin                                             Rp 20.000

04     Pengembangan UKS                                                  Rp 15.000

05     Jas Almamater                                                            Rp 100.000

06     Pembangunan                                                            Rp 1.200.000

07     Majalah (1 tahun)                                                       Rp 135.000

08     Sarung (putri)                                                              Rp 40.000

09     Ziarah                                                                            Rp 300.000

10     PKPNU (Pelatihan Kader Penggerak NU)           Rp 50.000

 Grand Total  : Putra                            Rp 1.900.000

.                         : Putri                             Rp 1.940.000

Total Biaya Pokok Pendaftaran :

(Sudah termasuk biasa rutin 1 bulan pertama)

  • Putra                Rp. 2.215.000,-
  • Putri                 Rp. 2.250.000,-

Biaya Rutin (Per-Bulan) :

  • Ianah                    Rp. 125.000,-
  • Syariah Madin    Rp. 10.000,-
  • Catering Makan 2 x 1 hari :
    – Putra :                           Rp. 180.000,-
    – Putri :                            Rp. 175.000,-

Jumlah (Bulanan)

  • Putra : Rp. 315.000
  • Putri : Rp. 310.000

Nb: dalam biaya pendaftaran belum termasuk biaya bulanan

Info : 0858 0335 2714 (Kang Habib) | 0877 3135 3159  (Mba Ryan)

LEAFLET Penerimaan Santri Baru (download)

PAMFLET Penerimaan Santri Baru (download)

 

Sumber : Durrotu Aswaja Net

Rapat Tahunan Komisariat, Sahabat Sakti Sudarsono terpilih sebagai Ketua PMII Unnes

Mei 3rd, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

Sahabat Ali Musyaffa & Sahabat Sakti Sudarsono

Semarang, – PMII Komisariat Al Ghazali Semarang [Unnes] sukses melaksanakan Rapat Tahunan Komisariat [RTK] ke-XIII pada 2 Mei 2017 dini hari di Gedung Serbaguna Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Semarang. Rekan Sakti Sudarsono terpilih sebagai ketua setelah dilakukan musyawarah mufakat diantara ketua rayon dan para calon ketua.

Dengan mengusung visi “Terciptanya Pergerakan yang berbasis intelektual, spiritualitas dan sosial, serta berpegang teguh pada prinsip idealisme pergerakan yang berlandaskan Aswaja sebagai Manhajul Fikr” secara meyakinkan Sakti Sudarsono menjadi ketua Komisariat PMII Al Ghazali Semarang [Unnes] untuk periode 2017-2018.

Dalam keterangannya Rekan Sakti senantiasa memohon arahan dan menerima kritik dan saran untuk men gembangkan PMII.

“Terima Kasih sahabat-sahabat semua atas doanya, semoga amanah yang kalian berikan kepada saya dapat saya pertnggungjawabkan kelaknya, mohon bimbingan dan arahannya untuk

mengembangkan PMII Al-Ghazali ini, berikan kritik dan saran kepada saya apabila nanti dalam perjalanannya belum sesuai dengan yang kalian harapkan, sekali lagi terima kasih” ungkapnya.

Selain mengembangkan PMII, Rekan Sakti diharapkan juga dapat memajukan NU di lingkungan Universitas Negeri Semarang.

Sebelum pemilihan ketua, RTK  telah dimulai sejak Minggu [30/4] siang dan ditutup pada Selasa [2/5] dini hari. RTK dihadiri oleh puluhan anggota komisariat yang mewakili rayonnya masing-masing.

Sakti Sudarsono merupakan kader PMII Unnes dari Rayon Bahasa dan Seni, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Angkatan 2013. Selain aktif dalam Pengurus Komisariat PMII Al Ghazali unnes, ia juga aktif dalam pengurus PKPT IPNU IPPNU UNNES Tahun 2016.

ISTIGHASAH PERINGATI HARLAH NU, MASJID UNNES MENGHIJAU

April 17th, 2017 by Farid Nur Rohman No comments »

Semarang- Ratusan nahdliyin dari kalangan mahasiswa Universitas Negeri Semarang memadati Masjid Jami Ulil Albab UNNES untuk memperingati Hari lahir Nahdlotul Ulama Ke-94, serta meningkatkan pemahaman keaswajaan dengan mengususng tema : ‘Merangkul Umat, Bersama Mendekatkat Hati pada Illahi’, Kamisu (13/4) malam.
Kegiatan diawali dengan Khotmil Qur’an, dilanjutkan dengan Istighosah, Pembacaan Maulid Simtudduror, dan Muidhoh Hasanah oleh Kyai Rizal Nuruddin utusan dari Drs KH M Masroni, Pengasuh Ponpes SGJB Semarang.
Dihadapan para mahasiswa, dalam Mauidhoh Hasanahnya Kyai Rizal Nuruddin berpesan kepada para seluruh yang hadir untuk menjadi manusia yang yang dicintai Allah.
“Tiga perkara yang apabila kita melakukannya akan dicintai Allah. Tiga perkara itu adalah; beramal sakenceng-kencenge (sekuat-kuatnya), menyesali atas dosa yang diperbuat, dan sabar”. Kyai Rizal Nuruddin menjelaskan.
Beliau juga berpesan agar selalu berbuat baik sekalipun terhadap orang yang tidak baik perlakuannya kepada kita.
Mahasiswa yang hadir berasal dari berbagai organisasi bernafaskan Aswaja NU di Universitas Negeri Semarang, diantaranya ialah Qolbun Salim, PKPT IPNU IPPNU Unnes, UKM Rebana Modern, Jamaah Maulidurrosul Ar-Rohman (JMA) FT, PMII Al Ghazali, MATAN, dll. Bendera hijau pun berkibar diberbagai penjuru masjid.
Acara sempat diwarnai dengan hujan deras dan memaksa acara yang dilaksanakan di teras dipindahkan ke dalam ruangan lantai dasar Masjid. (farid)

Sepeda Unnes dan Nasib Bengkel Sepeda #4

November 23rd, 2015 by Farid Nur Rohman No comments »
mhpl_09_06

Sepeda di Unnes (sumber : simawa.unnes.ac.id)

Sepeda onthel kian hari semakin ditinggalkan. Mudahnya memperoleh atau membeli sepeda motor membuat orang bergantung pada kendaraan bermotor dan sungkan untuk bersepeda. Orang – orang yang dahulu bekerja sebagai pelaku bengkel sepeda kehilangan mata pencahariannya. Hanya sedikit orang yang bertahan dengan bengkel sepedanya. Kebanyakan berpindah profesi ke bidang lain. Tidak jarang pula yang tidak bisa ke profesi lain karena keterbatasan kemampuan sehingga meningkatkan pengangguran.

Entah benar atau tidak, kabarnya Universitas Negeri Semarang yang mencanangkan sebagai universitas konservasi mendapat tawaran ribuan sepeda dari berbagai pihak. Menurut yang disampaikan dosen konservasi ketika kuliah penolakan itu disebabkan karena pihak kampus merasa tidak bisa melakukan perawatan. Setiap hari pasti ada kerusakan yang terjadi pada sepeda. Kampus tidak bisa memberikan pelayanan perbaikan sepeda karena kurangnya Sumber daya manusia yang bisa melakukan service sepeda.

index

Tukang Bengkel Sepeda                (Sumber : blokbojonegoro.com)

 

Seharusnya pihak kampus menerima adanya bantuan sepeda onthel yang jumlahnya ribuan dan membuka lowongan pekerjaan baru yaitu sebagai tukang service sepeda di Unnes. Hal itu sangat membantu para tukang service sepeda onthel yang harus kehilangan mata pencahariannya karena perkembangan jaman. Beberapa orang ditempatkan di fakultas – fakultas dan berbagai tempat strategis di Unnes guna melayani sepeda yang kemungkinan mengalami kerusakan.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Lewat ke baris perkakas