SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
ULASAN AKHIR 10 BLOG SEJAWAT
Jan 6th, 2016 by Farika Tri Ariyanti

Pada artikel ini, penulis akan mengulas beberapa blog dari teman-teman seangkatan dari jurusan Sosiologi dan Antropologi. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk memenuhi tugas pengganti Ujian Akhir Semester mata kuliah Praktek Laboratorium yang diampu oleh Bapak Kuncoro Bayu Prasetyo, S.Ant., M.A Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XII BAB 1: PERUBAHAN SOSIAL DAN DAMPAKNYA
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

Setiap masyarakat selama hidup pasti mengalami perubahan-perubahan, baik dalam taraf yang kecil yang di dalamnya terdapat banyak individu maupun, yang tarafnya besar. Perubahan-perubahan masyarakat dapat mengenai nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola perilaku organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuatan dan wewenang, interaksi sosial dan sebagainya. Perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat sekarang ini merupakan gejala yang normal. Pengaruhnya bisa menyebar dengan cepat ke bagian-bagian dunia lain akibat adanya komunikasi yang semakin modern. Suatu perubahan yang terjadi tidak hanya menuju kearah positif atau ke arah kemajuan (progress), akan tetapi juga kearah negatif atau kemunduran. Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XII BAB 4: KEARIFAN LOKAL & PEMBERDAYAAN KOMUNITAS
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

festival-adat-erau

Pengertian Kearifan Lokal

Kearifan lokal diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan akal pikirannya dalam bertindak atau bersikap sebagai hasil penilaian terhadap sesuatu, objek, atau peristiwa yang terjadi. Sehingga kearifan lokal (local wisdom) dapat diartikan sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh para anggota masyarakat. Kearifan lokal muncul dalam periode panjang dan berevolusi bersama-sama masyarakat dan lingkungannya. Proses evolusi yang begitu panjang dan melekat dalam masyarakat dapat menjadikan kearifan lokal sebagai sumber energi potensial dari sistem pengetahuan kolektif masyarakat untuk hidup bersama secara dinamis dan harmonis. Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XII BAB 3: KETIMPANGAN SOSIAL SEBAGAI DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL DI TENGAH GLOBALISASI
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

imagesk

Konsep Ketimpangan Sosial

Ketimpangan sosial merupakan suatu keadaan dimana terdapat ketidakseimbangan dalam masyarakat. Kesenjangan sosial disebabkan akibat adanya perbedaan yang ada di tengah masyarakat itu sendiri. Perbedaan yang biasanya terdapat di tengah masyarakat meliputi perbedaan sosial, ekonomi, budaya dan masih banyak lagi. Ketimpangan sosial dapat diartikan juga sebagai bentuk ketidakadilan baik dalam kedudukan maupun status yang dirasakan oleh seseorang yang berada dalam suatu masyarakat tertentu. Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XII BAB 2: GLOBALISASI & PERUBAHAN KOMUNITAS LOKAL
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

negglob1

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi lain. Dengan kata lain, kemunculan sebuah system ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global. Cohen dan Kennedy berpendapat bahwa globalisasi adalah “seperangkat transformasi yang saling memperkuat” dunia, yang meliputi hal-hal berikut: Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI BAB 5: INTEGRASI, REINTEGRASI SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN KONFLIK DAN KEKERASAN
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

AANZFTA

Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebisaaan, sistem nilai, dan norma. Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI BAB 4: KONFLIK, KEKERASAN & UPAYA PENYELESAIANNYA
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

Kerusuhan-tawuran-e1384501580269
Pengertian Konflik Sosial

Secara sosiologis, konflik dapat diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih atau dapat juga kelompok yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Pengertian konflik menurut ahli: Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI BAB 3: PERBEDAAN, KESETARAAN DAN HARMONISASI SOSIAL
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

Ketidaksamaan sosial terdiri dari ketidaksamaan sosial horizontal dan ketidaksamaan sosial vertikal. Ketidaksamaan sosial horizontal adalah perbedaan antarindividu atau kelompok yang tidak menunjukan adanya tingkatan lebih tinggi atau lebih rendah (disebut juga, differensiasi sosial). Sementara itu, ketidaksamaan sosial vertikal adalah perbedaan antar individu atau kelompok yang menunjukan adanya tingkatan lebih rendah atau lebih tinggi (disebut juga, stratifikasi sosial). Dalam interaksi sosial antarindividu yang berbeda tersebut, prinsip kesetaraan perlu diterapkan. Dengan prinsip ini, harmoni sosial dapat tercipta. Harmoni sosial merupakan kondisi dimana individu hidup sejalan dan serasi dan setiap anggota masyarakat dapat menjalani secara baik sesuai kodrat dan posisi sosialnya. Read the rest of this entry »

MATERI SOSILOGI KELAS XI BAB 2: PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

masalah-sosial-9-638

Pengertian Masalah Sosial

Masalah Sosial adalah suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal. Definisi lain masalah sosial yaitu keditaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada didalam kehidupan. Read the rest of this entry »

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI BAB I: PEMBENTUKAN KELOMPOK SOSIAL
Des 24th, 2015 by Farika Tri Ariyanti

klompoksos

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi” (Paul B. Horton dan Chester L. Hunt).
Manusia menjadi anggota dari berbagai macam kelompok sosial, bahkan sejak lahir dan dibesarkan. Kelompok sosial dengan demikian menjadi suatu bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehingga perlu diketahui serta dimengerti. Read the rest of this entry »

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Lewat ke baris perkakas