KONSERVASI BERNILAI EKONOMIS

Posted by: fariska defawadiah in Uncategorized Add comments

Kita tau bahwa sampah plastik berserakan dimana-mana bahkan hingga menggunung. Kita juga tau kalau plastik itu limbah yang sulit diurai oleh tanah, karena plastik mengandung bahan Bisphenol-A. Bahan ini dapat mempengaruhi perkembangan otak pada janin dan bayi yang baru lahir. Zat-zat adiktif dalam plastik mudah terurai dalam lemak dan panas, apabila terkontaminasi dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh, secara akumulaitf pada binatang percobaan dapat mengakitbatkan penyakit kanker dan perubahan hormon.

Tapi kini, cobalah untuk memanfaatkan plastik-plastik itu sebagai sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Kita hanya bermodalkan tekun dan kreatif untuk bisa mengolah sampah plastik itu menjadi barang-barang lucu, unik, dan bernilai guna.

contohnya: Tas Plastik

Tas-terbuat-dari-plastik-bekas1

Alat dan bahan yang digunakan :

  1. 4 kemasan plastik 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah untuk sisi depan dan belakang, 2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan). 50cm bisban dengan ukuran lebar 3cm untuk tali tas.
  2. 1m bisban dengan ukuran lebar 2cm.
  3. 4cm perekat
  4. 30cm renda katun sebagai pemanis.
  5. Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.

Cara membuat tas dari plastik bekas :

  1. Bersihkan noda kemasan plastik dengan kertas tisu, kalau tidak bisa rendam dengan air hangat.
  2. Gunting dua buah kemasan dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
  3. Gunting dua kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahit bisban pada sisi lebar masing-masing kemasan yang sudah dipotong.
  4. Pasang dan jahit perekat, dengan menggunakan mesin jahit, pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.
  5. Pasang dan jahit bisban lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang), sebagai tali tas.
  6. Kemudian pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.
  7. Sambungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Nah Jadilah sebuah tas mungil nan cantik, berbahan kemasan plastik. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar, lho. Tinggal ganti ukurannya saja.

Beberapa contoh lain:

 

tas cantik dari plastik Kerajinan-daur-ulang-sampah-plastik images pot bunga dari botol bekas

 

Selain kita bisa menyalurkan kreatifitas kita, kita juga sembari belajar bagaimana caranya memasarkan produk-produk yang telah kita buat tersebut. Dengan kata lain, “sambil menyelam minum air” sambil kita mendapatkan banyak pelajaran baru dan pengalaman baru kita juga mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi dan konservasi lingkungan. Mudah dan menguntungkan bukan? Selamat mencoba.. Semangat Konservasi!!!

 

– See more at: http://www.larizo.com/kerajinan-tangan-tas-cantik-terbuat-dari-plastik-bekas/#sthash.JwXwrgMx.dpuf.

https://www.google.co.id/search?q=contoh+kerajinan+plastik&espv=2&biw=1366&bih=623&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0CBkQsARqFQoTCMjs592ijckCFcNNjgodvUcDcw&dpr=1#imgrc=vVMDl5GOSOVmrM%3A

Artikel ini dibuat untuk mengikuti kompetisi Bidikmisi Blog Awards Unnes. #1

 

Leave a Reply

Skip to toolbar