Inilah penyakit hati para remaja masa kini. Yang ada dalam hati dan pikiran mereka hanyalah bersenang-senang dan dirinya sendiri. Tanpa mereka sadari bahwa apa yang mereka lakukan sekarang akan berakibat dimasa yang akan datang.

Sebagai contoh kecil, kejadian yang saya alami hari ini Rabu, 18 Nopember 2015. Saat dosen belum juga hadir di kelas, saya yang berdiri disebelah pintu menghadap kearah duduk teman-teman saya, melihat dengan jelas apa yang mereka lakukan. Semuanya terdiam ditempat duduknya sembari memainkan ponselnya masing-masing. Tanpa ada percakapan bahkan candaan. Semua asyik dengan ponselnya.

Lalu, akankah manusia itu hanya hidup dengan ponselnya yang memang setiap saat menyajikan hal-hal baru? Akankah kecanggihan teknologi akan menjadi penghalang untuk berkomunikasi secara langsung, untuk bersilaturahmi?

Berikut efek dari penggunaan ponsel terhadap interaksi sosial antara lain:smartphone-addickt-asia-700

  1. Bersifat individual
  2. Tidak tanggap dengan lingkungan sekitar
  3. Saling menggujat dan menjatuhkan
  4. Mudah terpengaruh hal-hal buruk
  5. Mempercepat perpecahan
  6. Kesulitan berkomunikasi secara langsung
  7. Kurang berani mengemukakan pendapat
  8. Mengukur status sosial dengan tipe ponsel yang dimiliki
  9. Sombong
  10. Riya
  11. Malas beraktivitas
  12. Pemborosan

Selain berpengaruh terhadap interaksi sosial, penggunaan ponsel juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, antara lain:

  1. Radiasi sinyal RF dapat menyebabkan kangker
  2. Sulit tidur waktu malam
  3. Mudah stress
  4. Tumor otak
  5. Menghambat metabolisme tubuhsosmed
  6. Menyebabkan
    kelelahan mata
  7. Penyebab sakit kepala
  8. Menyebabkan gangguan pendengaran
  9. Mengurangi kinerja denyut jantung

Meskipun demikian, tidak dapat kita pungkiri bahwa ponsel itu sudah tidak lagi menjadi barang mewah, namun menjadi sebuah kebutuhan untuk mempercepat informasi. Untuk menghindari berbagai hal buruk yang tidak kita inginkan, alangkah baiknya jika kita menggunakan ponsel yang kita miliki dengan bijak.

  1. Kurangi pemakaian ponsel secara bertahap, paling tidak matikan handphone semenit setiap dalam satu hari akan membantu kamu dalam mengurangi ketergantungan terhadap ponsel.
  2. Tahu tempat untuk menggunakan ponsel.
  3. Banyaklah berbicara, karena bagaimanapun perbincangan di dunia nyata tidak dapat digantikan oleh obrolan melalui ponsel atau dunia maya.
  4. Gunakan dengan bijaksana, alangkah baiknya untuk menggunakan ponsel dengan bijaksana sampai dalam taraf tidak mengganggu kehidupan sosial pengguna.

Artikel ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi blog awards Unnes.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar